Agus Salen

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengimbasan IKM Jalur Mandiri (Tagur205)

Pengimbasan IKM Jalur Mandiri (Tagur205)

Setelah mengikuti kegiatan Penguatan IKM di tingakt Provinsi Sulawesi Selatan sesbagai bagian dari rencana tindak lanjut kami melaksanakan pengimbasan IKM di sekolah-sekolah pelaksana kurikulum Merdeka jalur mandiri. Sasaran pengimbasan itu kami laksanakan pada enam sekolah jenjng SMP yang telah memilih melaksanakan kurikulum merdeka baik mandiri belajar maupun mandiri berubah.

Sekolah yang memilih kurikulum meredeka jalur mendiri belajar dalam pelaksanaannya tetap menggunakan kurikulum 2013 hanya mengambil beberapa bagian dan prinsip kurikulum merdeka dalam kegiatan pembelajarannya. Dengan demikian bentuk pendampingan yang kami laksanakan hanyalah berupa pengenalan kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi dan penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Sekolah yang memilih kurikulum merdeka jalur mandiri berubah dalam pengimplementasiannya sudah menggunakan kurikulum merdeka. Bentuk pendampingan yang kami lakukan mencakup penggunaan PMM, penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), prinsip-prinsip assismen, pembelajaran berdiferensiasi, penyusunan modul ajar dan modul projek dan Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5).

Pendampingan IKM kami lakukan bersama dengan tim yang telah mengikuti penguatan IKM. Disamping itu juga kegiatan pendampingan tersebut menyertakan narasumber dari unsur komunitas Guru Penggerak, Pengajar Praktik, Kepala sekolah penggerak dan pengawas.

Metode pendampingan dilaksanakan dengan cara mendatangi sekolah-sekolah pelaksana kurikulum merdeka dengan terlebih dahulu manajemen sekolah mengajukan sorat permohonan pendampingan kepada Kepala Dinas Pendidikan. Selanjutnya kepala dinas menunjuk orang yang akan mendampingi sekolah tersebut dalam pengimplementasian Kurkulum Merdeka di sekolahnya.

Selamat melaksanakan kurikulum merdeka jalur mandiri bagi sekolah-sekolah jenjang SMP di Kabupaten Sidenreng Rappang. Selanjutnya dalam pelaksanaan kurikulum tersebut terdapat hal yang belum dimengerti maka kami tim pendamping siap memberikan pencerahan.

Pendampingan IKM di UPT SMPN 1 Dua Pitue Kab. Sidrap

Pendampingan IKM Jalur Mandiri BErubah di UPT SMPN 2 Pangsid

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Sukses selalu. Salam literasi

06 Aug
Balas

Terima kasih Pak Dede sehat dan sukses selalu

07 Aug



search

New Post