Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Merdeka dari Bullying dengan Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (H-219(937)

Merdeka dari Bullying dengan Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (H-219(937)

Lomba Menulis Bulan Agustus 2022

Karya : Drs. Ahmad Syaihu

Guru MTs Negeri 4 Kota Surabaya

Berita duka dari dunia pendidikan kembali kita dengar, namun kali ini lebih menyesakkan dada bagi siapapun karena yang menyebabkan duka adalah teman yang sama dalam satu sekolah atau madrasah, kita mengenalnya dengan bullying atau perundungan.

Ada seorang siswa di salah satu MTs Negeri di Kotamobagu Sulawesi Utara yang menyebabkan meninggalnya salah seorang siswa (Bt, 13 tahun) karena dipukuli beramai-ramai oleh 9 orang pelaku yang juga kebetulan adalah siswa kelas IX di MTs tersebut.

Terakhir berita dari Majalengka, ada seorang siswa yang dibully teman sekolahnya sehingga mengalami stress yan berujung meninggal dunia.

Tentu saja hal ini merupakan tamparan keras bagi dunia pendidikan Indonesia yang mulai berbenah dan meninggalkan kekerasan fisik dan kekerasan non fisik kepada siswa melalui kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) untuk peserta didik baru yang memasuki sekolah atau madrasah.

Tujuan dari MPLS dan MATSAMA adalah memberikan pengenalan kepada peserta didik baru agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi belajar yang baru di sekolah atau madrasah.

Kurikulum Merdeka yang dimulai tahun pelajaran 2022-2023 salah satu tujuannya adalah mewujudkan Profil Pelajar Pancasila bagi semua pelajar di Indonesia.

Profil Pelajar Pancasila sesuai yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 dikatakan bahwa Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yang memiliki enam ciri yaitu :

1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Pembiasaan salat duha berjamaah dan mengaji Al quran sebelum memulai pembelajaran bagi siswa MTsN 4 Kota Surabaya, merupakan nutrisi hati agar terbentuk karakter beragama yang baik, dilanjutkan jamaah salat duhur dan salat asar sebelum kembali ke rumah.

2. Berkebinekaan Global, perubahan zaman adalah suatu keniscayaan yang harus kita terima dengan menyiapkan diri menghadapi perubahan itu dengan melakukan seleksi terhadap arus informasi dan budaya yang berasal dari luar yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, membiasakan peserta didik untuk selalu bijak dalam menggunakan internet adalah salah satu upaya menangkal kemajuan teknologi khususnya dalam penyebaran budaya dan paham-paham yang tidak sesuai dengan norma bangsa Indonesia.

3. Gotong Royong, salah satu nilai luhur bangsa Indonesia adalah semangat kegotong royongan yang harus kita kenalkan dan biasakan semangat ini untuk membangun kebersamaan dalam hidup bermasyarakat di lingkungan sekolah atau madrasah. Dengan kegotong royongan maka akan menghilangkan adanya superioritas dari satu kelompok kepada kelompok lainnya di lingkungan pendidikan.

4. Mandiri, menanamkan kemandirian sejak dini merupakan salah satu upaya menjadikan siswa menjadi kuat dan tidak tergantung pada orang lain, memberikan ruang kreasi dan pengembangan potensi diri peserta didik agar bisa menjadi generasi yang tangguh dan siap untuk bersaing di persaingan global

5. Bernalar kritis, merupakan salah satu kemerdekaan siswa menyampaikan ide dan gagasannya sesuai dengan jalur yang benar, sebagai pendidik kita harus bisa mengarahkan ide, dan nalar peserta didik dalam bidang-bidang penelitian remaja, atau membentuk klub science untuk menampung aspirasi mereka yang biasanya jumlahnya tak terbatas.

6. Kreatif, kemerdekaan siswa sebenarnya adalah kreativitasnya yang sedang dalam puncaknya di masa remaja, berilah ruang pada mereka melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler yang bisa mewadahi kreativitas mereka dalam berbagai bidang seni, olah raga, penelitian, keagamaan, kuliner, dan kewirausahaan agar mereka siap menjadi dirinya sendiri dengan segala potensinya.

Dengan menerapkan dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila para pelajar sudah tidak memiliki waktu lagi untuk melakukan tindakan yang merugikan orang lain khususnya teman-teman di sekolah/madrasah, tidak akan ada bullying atau perundungan di antara sesama siswa karena mereka sudah sibuk dengan berbagai macam kegiatan baik intra maupun ekstra yang dirancang oleh sekolah atau madrasah mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Profil Penulis :

Drs. Ahmad Syaihu, Lahir di Gresik 30 Agustus 1967, Sarjana Pendidikan Geografi IKIP Surabaya (1990), adalah Guru IPS di MTsN 4 Kota Surabaya, Penulis 11 buku pribadi dan 70 buku Antologi sejak 2017-2022, lebih dari 18 kali menang Lomba Menulis Buku Antologi yang diadakan oleh Mediaguru.

Buku tunggal pertamanya Pak Guru Menjadi Tamu Allah (2018), lima buku tunggal terakhirnya adalah Jiwa-Jiwa yang Cendayam (2020), Atas Nama Takdir (2020) dan Secangkir Kopi Kala Senja (2020), Merapal Kerinduan (2021), Membingkai Waktu (2021). Penulis bisa dihubungi melalui WA di nomor 082233554444 arau lewat email: [email protected] dan [email protected] akun di gurusiana drs.ahmadsyaihu.com.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Lanjutkan Pak Syaihu. Semoga menjadi inspirasi bagi sejawat

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Bu Kasek sudah jarang nulis di Gurusiana

07 Aug

Sekedar info, Pak Syaihu, beliau ini di WAG populer sebagai Cikgu Tralala, tulisannya tiada henti menginspirasi, mantap dan super keren lho...

11 Aug

Assalamu'alaikum Cikgu Tralala, kedua kalinya saya senggol di sini, Salam sehat dan inspiratif selaluu...

11 Aug

Lanjutkan Pak Syaihu. Semoga menjadi inspirasi bagi sejawat

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah

07 Aug

Lanjutkan Pak Syaihu. Semoga menjadi inspirasi bagi sejawat

07 Aug
Balas

Barokallah Bu Elfi Zufrida ditunggu karyanya

07 Aug

Mantul abah

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah

07 Aug

Mantul abah

07 Aug
Balas

Alhasil

07 Aug

Mantul abah

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah

07 Aug

Mantul abah

07 Aug
Balas

Alhamdulillah

07 Aug

Mantul abah

07 Aug
Balas

Barokallah Pak Taufan

07 Aug

Mantul abah

07 Aug
Balas

Alhamdulillah

07 Aug

Alhamdulillah

07 Aug

Terima kasih, Pak! menjadi salah satu inspirasi yang bisa saya ambil sebagai referensi tulisan maupun tindakan. Semoga berkah

07 Aug
Balas

Alhamdulillah terima kasih bisa berbagi informasi dan pengalaman dalam menciptakan suasana yang menyenangkan di lingkungan pendidikan

07 Aug

Kereeen ulasannya, Pak haji. Salam literasi

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah Pak Dede Saroni

07 Aug

Mantap dan keren. Ulasan yang mencerahkan dan inspiratif. Semoga bullying tdk menjadi habit yang merugikan siswa. Semangat terus berkarya untuk berjaya. Salam literasi tiada akhir

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah sehat dan bahagia selalu

07 Aug

Lanjut Pak ulasan yang keren

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah bisa berbagi

07 Aug

semoga berhasil jadi juara pak

07 Aug
Balas

Aamiin semoga bisa Sebuku lagi dengan Ibu Menik Patmaningsih

07 Aug

Btl p Haji kt prihatin anak2 cln penerus cita2 bangsa bersikap spt itu. Slmt berlomba sukses sllu

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Bu Siska bisa berbagi pengalaman dalam membersamai siswa dalam belajar

07 Aug

Pasti menang Pak Haji. Ulasan yang keren, inspiratif. Semoga sekolah menjadi tempat yang membahagiakan buat anak- anak, tempat mengembangkan talenta, tanpa takut dibuly. Salam sukses.

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Bunda terima kasih atas apresiasinya semoga kita sebagai pendidik bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga tidak terjadi bullying di antara siswa kita

07 Aug

Ssmoga lolos. Baarakallahufiik.

07 Aug
Balas

Aamiin Barokallah Bu Maeumah, semoga bisa Sebuku lagi dengan ibu Pengawas Madrasah

07 Aug

Alhamdulillah. Luar biasa. Jelas Juara. Sukses selalu Pak haji Ahmad Syaihu. Barokallah

07 Aug
Balas

Terima kasih Abah Cusin atas apresiasinya, Barokallah semoga sehat dan sukses selalu

07 Aug

Mantab pak, semoga lolos

07 Aug
Balas

Alhamdulillah semoga bisa Sebuku lagi dengan Bapak, Barokallah

07 Aug

Manttab ulasannya pak H.Syaihu.

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah Bu Siti Nurohmah

07 Aug

Subhanallah mantap pa. Semoga sukses barokallah

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah, sehat dan sukses selalu untuk Bu Yulianti

07 Aug

Mantab ulasannya , pasti menang Pak Haji

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Bu Hajjah terima kasih apresiasinya, sehat dan bahagia selalu, Barokallah

08 Aug

uar biasa ulasannya pak Ahmad, semoga anak-anak kita dijauhkan dari bullyng. Mereka benar-benar merdeka dalam belajar dan bergaul. salam sehat dan sukses selalu.

07 Aug
Balas

Alhamdulillah terima kasih Bunda atas kunjungannya, sehat dan bahagia selalu

07 Aug

Luar biasa mantap ulasannya Pak Syaihu. Semoga menang. Salam sukses selalu.

07 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah Bu Umi Salamah sehat dan bahagia selalu

07 Aug

Mantap Ulasannya Pak Haji. Semoga menang kembali. Barokallah

07 Aug
Balas

Barokallah senang bisa senuku dengan Bu Nnik Wijayanti, sehat dan bahagia selalu

07 Aug

ijin bertanya pak, setelah merilis tulisan di gurusiana.id langkah selanjutnya adalah share di grup facebook ya pak? bagaimana jika sudah beberapa hari belum di aprove oleh admin sedangkan salah satu syarat pendaftaran adalah rekam layar bukti share grup facebook?

08 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah

23 Aug

Hebat pak Syaihu..semoga melalui buku ini, bisa mencari inspirasi kita sehingga anak terbebas dari bullying didunia pendidikan, sehingga mereka benar merasakan merdeka dalam belajar

07 Aug
Balas

Aamiin terima kasih Bu Rindhy atas apresiasinya, Barokallah

07 Aug



search

New Post