Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ziarah ke Makam Rasulullah di Madinah (H-214 (932))
Kenangan penulis saat ziarah ke Makam Rasulullah di Masjid Nabawi Madinah

Ziarah ke Makam Rasulullah di Madinah (H-214 (932))

Mengapa Pak Guru harus ziarah ke makam Rasulullah? Pak Guru sangat merindukan ziarah ke makam Rasulullah dengan motivasi bisa shalat dan berdoa di Raudhah. Alhamdulillah Pak Guru bisa shalat dan juga ziarah ke makam Rasulullah.

Pak Guru ketika berada di masjid Nabawi melakukan shalat wajib lima waktu berusaha mencapai Raudhah. Di Raudhah itu ada makam Rasulullah dan dimakamkan 2 sahabat utama beliau yaitu Abu Bakar Ash‐Shiddiq RA. dan Umar Bin Khattab RA. Letaknya di bagian masjid yang paling depan sebelah kiri dari Roudhah.

Keutamaan Ziarah ke Makam Rasulullah adalah bisa mengucap salam dan bershalawat dari dekat di depan makam beliau dan mendoakan, agar kita mendapat limpahan berkah dan syafaat dari Rasulullah SAW. Ini dambaan semua umatnya Rasulullah.

Dengan berziarah ke makam Rasulullah, Pak Guru diingatkan akan datangnya kematian yang pasti kepadanya sehingga bisa mempersiapkan diri agar memperbanyak berbuat kebajikan yang diperintahkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW, serta menjauhi seluruh larangan‐Nya, karena yang demikian itu termasuk perbuatan syirik. Bila berdoa dan memohon harus langsung kepada Allah SWT.

Pak Guru juga ingat akan hadits yang pernah Pak Guru baca. Dari Aisyah Radhiallahu‘anha, katanya: “Rasulullah SAW itu setiap malam gilirannya di tempat Aisyah, beliau SAW lalu keluar pada akhir malam ke makam Baqi’, kemudian mengucapkan ‐yang artinya‐: “Keselamatan atasmu semua hai perkampungan kaum mukminin, akan datang padamu semua apa‐apa yang engkau semua dijanjikan besok yakni masih ditangguhkan waktunya. Sesungguhnya kita semua ini insya Allah menyusul engkau semua pula. Ya Allah, ampunilah para penghuni makam Baqi’ Algharqadini.” (Riwayat Muslim)

Satu hadis lagi yang diingat Pak Guru hadits dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, katanya: “Rasulullah SAW berjalan melalui kubur‐kubur Madinah lalu beliau menghadap kepada mereka ‐penghuni‐penghuni kubur‐ itu dengan wajahnya, kemudian mengucapkan yang artinya: “Keselamatan atasmu semua hai para ahli kubur, semoga Allah memberikan pengampunan kepada kita dan kepadamu semua. Engkau semua mendahului kita dan kita akan mengikuti jejakmu.” Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dani ia mengatakan bahwa ini adalah hadits hasan.

Dua hadis itulah yang memotivasi Pak Guru berziarah ke Raudhah dan shalat, juga berdoa di tempat yang diyakini bahwa doa dan harapannya bisa dikabulkan.

Semoga pengalaman ini menjadi motivasi kita untuk senantiasa berharap bisa kembali ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji atau umrah dan berziarah ke makam Rasulullah di Masjid Nabawi Madinah.

Istanaku, 2 Agustus 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanallah, pengalaman religius yang berkesan Pak Syaihu...

02 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokakallah Pak Rochadi u

02 Aug

Subhanallah, pengalaman yang tidak bisa dilupakan .... semoga saya bisa berkunjung ke tanah suci lagi.

03 Aug
Balas

Subhanallah, pengalaman yang tidak bisa dilupakan .... semoga saya bisa berkunjung ke tanah suci lagi.

03 Aug
Balas

Subhanallah, pengalaman yang tidak bisa dilupakan .... semoga saya bisa berkunjung ke tanah suci lagi.

03 Aug
Balas

Alhamdulillah Barokallah Bu Heri Trianingsih

06 Aug

Masya Allah. Semoga bisa segera berkunjung ke tanah suci. Barokallah Pak Haji.

03 Aug
Balas

Insyaallah Bu Nanik Wijayanti

03 Aug



search

New Post