Ali Harsojo

Saya adalah pribadi yang sangat sederhana dilahirkan di kota kecil Sumenep, Madura. Suka berkolaborasi dan bersinergi. Selalu ingin mencari tahu setiap ilmu yan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Berburu Waktu

Satu pertanyaan yang memantik saya. Mengapa seseorang selalu terlambat? Lalu merasa nyaman terhadap kondiai itu?

Jawabannya sederhana saja. Ia kurang menghargai waktu. Sehingga setiap waktu yang ia lalui untuk beraktivitas dianggap sesuatu hal yang biasa. Bahkan, ia belum pernah memikirkan betapa pentingnya waktu.

Seseorang yang menempuh studi tepat waktu, belajar tepat waktu, beribadah sesuai waktunya, bernjanji sesuai waktu kepepakatan, atau apapun aktivitasnya sesuai waktu yang direncanakan, maka akan senantiasa dalam 'kedamaian'.

Artinya, beban telah terkurangi dangan manajemen waktu yang tepat. Sehingga tak ada lagi waktu terbuang percuma. Tidak ada waktu untuk berpikir atau memikirkan suatu pekerjaan yang tidak selesai afau tertunda.

Inilah hal positif jika kita mampu mengelola waktu dengan baik. Seseorang akan kehilangan kesempatan baik, jika melalaikan waktu, begitu. Misalnya, ia akan kehilangan kesempatan ikut lomba menulis, jika mengirim di luar waktu ketentuan. Contoh lainnya, masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana dengan berburu waktu. Berburu waktu memiliki dua maksud. Pertama, berburu waktu untuk menyelesaikan atau menuntaskan suatu aktivitas. Hal ini dilakukan agar kita tidak punya tanggungan pekerjaan yang belum selesai. Bisa jadi, setelah menyelesaikan kewajiban itu, kita bisa beristirahat.

Kedua, berburu waktu sebab hal yang kurang bermanfaat. Misalnya, ia takut ketinggalan serial sinetron di TV. Sehingga, ia tergesa-gesa di jalan untuk segera sampai di rumah. Malam yang seharusnya istirahat, ia gunakan untuk hal yang kurang bermanfaat. Melekan hingga larut malam, jagongan, ngegame, ngafe dan seterusnya. Waktu yang ia lalui, sebenarnya terbuang percuma. Malah, ia kehilangan waktu untuk rehat atau quality time bersama keluarga.

Lalu, Anda memilih yang mana?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

31 Jul
Balas



search

New Post