Alvonsus Glori A, S.Pd., Gr., M.Pd

Lahir di Kota MalangHobby : menulis dan membaca bermusik melukis hiking Profesional: 1. Penulis 2. Guru Bah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Higher Order Thinking Skill

Pembelajaran Higher Order Thinking Skill

Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thingking Skill (HOTS) merupakan ketrampilan berpikir yang melibatkan ketrampilan berpikir kritis dan kreatif yang dapat diasess melalui problem solving ataupun problem posing. HOTS hendaknya dilatihkan dan dikuatkan pada semua mata pelajaran termasuk matematika. Ketrampilan berpikir kritis berhubungan dengan otak kiri sedangkan ketrampilan berpikir kreatif berhubungan dengan fungsi otak kanan. Ketrampilan berpikir kritis merupakan proses intelektual dari keaktifan dan ketrampilan konseptual, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi informasi yang dikumpulkan atau dihasilkan dari observasi, refleksi, dan pengalaman penalaran. Ketrampilan beripikir kreatif berkaitan dengan kemampuan untuk memecahkan ataupun mengajukan masalah secara lancar, fleksibel, dan baru. Berpikir secara kritis dan kreatif memungkinkan siswa mempelajari masalah secara sistematik, mempertemukan banyak sekali tantangan dalam suatu cara yang terorganisasi, merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang inovatif dan merancang penyelesaian yang asli. Ketrampilan berpikir kritis mengacu pada pemikiran konvergen sedangkan ketrampilan berpikir kreatif mengacu pada pemikiran divergen. Sehingga kemampuan berpikir konvergen dan divergen dapat dimiliki secara seimbang. Dengan keseimbangan ini siswa dapat mencapai prestasi yang tinggi. Sehingga HOTS dalam pembelajaran perlu diberikan dan dikuatkan. HOTS dalam pembelajaran bisa dimulai dari Sekolah Dasar, sebab dengan dilatihkannya HOTS sejak awal akan menuntun siswa mencapai prestasi optimalnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

06 Aug
Balas

Mantap ulasannya

06 Aug
Balas



search

New Post