APRI SUGIAN HADY

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual (CTL) mata pelajaran kelistrikan body otomotif. Melalui penerapan model pembelajaran kontekstual memungkinkan terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif sehingga kualitas pembelajaran meningkat, baik ditinjau dari respon, dan ketuntasan belajar siswa

Siswa yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR 1 SMK Islamic Qonyang terdiri dari 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus setiap siklus mempunyai tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, angket siswa.

Seorang siswa dapat dinyatakan telah tuntas belajar bila telah mencapai skor 70 (dengan nilai B) menurut Kriteria Ketuntasan Minimal siswa. Secara klasikal suatu kelas telah tuntas belajar bila dikelas terdapat > 70 % dari siswa yang tuntas belajar individu. Dengan menggunakan metode CTL diharapkan bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1, siklus 2.

Hasil persentase aktivitas dosen pada siklus I sebesar 68,63% maka. Pada siklus II persentasenya sebesar 86,4% tergolong Baik. Sedangkan hasil persentase aktivitas siswa adalah pada siklus I siswa yang aktif bertanya presentasenya hanya 18,3% serta siswa yang melaksanakan perilaku tidak relevan sebesar 18,3%. Tetapi hasil ini berubah pada siklus II, siswa yang aktif bertanya meningkat presentasenya menjadi 25,3% sedangkan yang berperilaku tidak relevan menjadi turun presentasenya menjadi 7,05%. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan ada 1 siswa tidak tuntas maka perlu diperbaiki pada siklus II. Pada siklus II ketuntasannya 100% kategori sangat baik. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CTL pada kategori baik dengan persentasenya sebesar 79,9%.

Kata kunci: Pembelajaran kontekstual (CTL), Hasil Belajar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post