Bernardus Ari Kuncoro

Pendidik Data Science dan Musisi....

Selengkapnya
Navigasi Web

FILOSOFI DECISION TREE

Tantangan Menulis Hari ke-197

Oleh: Bernardus Ari Kuncoro

Dalam sebuah algoritma, kita mengenal adanya urutan langkah. Sedikit demi sedikit ada hal-hal yang mesti dijalani. Proses yang dilalui untuk meraih suatu tujuan.

Untuk algoritma decision tree, beberapa keputusan-keputusan dibuat. Mana variabel-variabel yang dianggap penting didahulukan sebagai akar. Mana yang kurang penting ditaruh sebagai ranting. Hingga ujung dahan terkecil.

Anda pun mengenal entropy, di mana semakin heterogen suatu mode, maka semakin tinggi entropy. Sebaliknya semakin homogen, maka semakin rendah entropy. Anda juga diajak untuk mengenal Gini. Bukan di dalam botol. Tetapi ini juga mirip dengan entropy yang menentukan variable importance dalam suatu rangkaian keputusan yang akan dibuat.

Hidup itu laksana menumbuhkan pohon-pohon keputusan. Satu hari saja ada beragam kegiatan yang Anda harus putuskan. Mulai dari makan, minum, belanja, bekerja, dan sebagainya.

Itu baru satu orang. Jika banyak orang bagaimana? Ada juga nama khusus algoritmanya, yaitu Random Forest. Sssst. Kalau anak saya dengar pasti dia nyambung sedikit, dan yang ada di pikirannya adalah cake Black forest. Karena dia penggemar cokelat.

Bersambung

Kalideres, 13 Februari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post