Bahar Sungkowo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA KOKOM SARAH(2)
Ilustrasi Gambar di posting dari dokumentasi pribadi.

MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA KOKOM SARAH(2)

#TMG 365

#Menulisharike191

#LanjutanPTKKOKOMSARAH

METODOLOGI PENELITIAN

3.1. Jenis penelitian

Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian sederhana mengukur kualitatif pembelajaran menggunakan media kokom sarah. Karena sifatnya kualitatif maka penelitian ini hanya mengukur pengaruh media terhadap komponen yang diukur yakni minat dan hasil belajar siswa.

3.2. Subyek penelitian

Subyek penelitian adalah adalah siswa kelas VIII-B SMP Internat Al-Kausar Sukabumi. Subyek berjumlah 18 orang dan semuanya berjenis kelamin laki-laki. Adapun pertimbangan subyek pembelajaran yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran dikarenakan kelas VIII-B secara psikologis mengalami kemunduran dalam semangat belajar, kejenuhan atau kebosanan dan menurunnya nilai-nilai ulangan harian baik dalam pelajaran sejarah atau pelajaran yang lainnya.Disamping itu, dalam hal konsentrasi dalam belajar amat rendah dengan indikasi banyak bermain, kadang tertidur dikelas, dan tidak bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tes atau ulangan. Penulis menganggap pas karena dengan inovasi pembelajaran menggunakan komik elektronik berbasis internet ini prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan.

3.3. Teknik dan Instrumen pengumpulan data

Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian kualitatif sederhana ini (Seville dkk) adalah :

1. Pengamatan;

Pengamatan dalam istilah sederhana adalah proses peneliti dalam melihat situasi penelitian. Teknik ini sangat relevan digunakan dalam penelitian kelas yang meliputi pengamatan kondisi interaksi pembelajaran, tingkah laku anak dan interaksi anak dalam kelompoknya. Pengamatan dapat dilakukan secara bebas dan terstruktur. Alat yang bisa digunakan dalam pengamatan adalah lembar pengamatan, ceklist, catatan kejadian dan lain-lain.

2. Pertanyaan;

Teknik pertanyaan yang efektif akan membantu pengumpulan data yang akurat, karenanya Fox (dalam Sevilla, 1993) memberikan kreteria karakteristik pertanyaan yang efektif sebagai berikut; (a) bahasanya jelas, (b) ada ketegasan isi dan periode waktu, (c) bertujuan tunggal, (d) bebas dari asumsi, (e) bebas dari saran, dan (f) kesempurnaan dan konsistensi tata bahasa.

3. Angket atau kuesioner (questionnaire)

Angket atau kuesioner merupakan suatu teknik pengumpulan data secara tidak langsung (peneliti tidak langsung bertanya jawab dengan responden). Instrumen atau alat pengumpulan datanya juga disebut angket berisi sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab atau direspon oleh responden. Responden mempunyai kebebasan untuk memberikan jawaban atau respon sesuai dengan presepsinya.

4. Studi dokumenter (documentary study)

Studi dokumenter merupakan merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen,baik dokumen tertulis,gambar maupun elektronik. Dokumen yang telah diperoleh kemudian dianalisis (diurai), dibandingkan dan dipadukan (sintesis) membentuk satu hasil kajian yang sistematis, padu dan utuh. Jadi studi dokumenter tidak sekedar mengumpulkan dan menuliskan atau melaporkan dalam bentuk kutipan-kutipan tentang sejumlah dokumuen yang dilaporkan dalam penelitian adalah hasil analisis terhadap dokumen-dokumen tersebut.

Adapun instrumen pengumpulan data sebagai berikut :

1. Skala sikap : Skala Likert: skala yang dapat digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang tenga objek atau fenomena tertentu. Skala Likert memiliki 2 bentuk pernyataan, yaitu: pernyataan positif dan negatif. Pernyataan positif diberi skor 5,4,3,2, dan 1; sedangkan bentuk pernyataan negatif diberi skor 1,2,3,4 dan 5. Bentuk jawaban skala Likert terdiri dari sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju.

2. Uji Komptetensi : menanyakan materi yang telah dipelajari.

3. Lembar angket

4. Portofolio dalam bentuk LKS dan latihan-latihan.

Berkaitan dengan validitas dan relibilitas instrumen pengumpulan data penelitian ini dijelaskan sebagai berikut : Untuk validitas digunakan instrumen data dengan : skala sikap, uji kompetensi, lembar angket dan portofolio akan menghasilkan data yang sahih karena data sesuai dengan alat / instrumen ukur yang digunakan. Sedangkan relibilitasnya menghasilkan data yang diukur dengan keterandalan tes yang dilakukan. Jadi masalah vaiditas dan reliabilitas tes dalam penelitian kualitatif ini dapat dipertanggungjawabkan.

3.4 Teknik analisis data

Teknik analisis data yang dilakukan dapat digunakan kaidah yang dua yakni kualitatif dan kuantitatif. Data dengan kaidah kualitatif dengan mengolah, merekayasa, menyempurnakan data saat data diperoleh artinya langsung diolah serta dengan data adalah untuk membedah fenomena (keadaan) dan sekaligus menganalisis fenomena untuk mengkonstruksi teori temuannya. Sedangkan analisis dalam penelitian kuantitatif ialah untuk menguji teori.Sedangkan penggunaan dengan analisis kuantitatif dari data adalah setelah semua data-data sudah terkumpul semua dalam satu penilaian. Analisis kuantitatif digunakan pula untuk menjawab pertanyaan tertang teori yang di sampaikan.

Langkah langkah yang ditetapkan dalam analisis data dengan sistem kualitatif adalah dengan step by step yakni : (1) mengumpulkan data dari instrument yang digunakan.Data yang dihasilkan akan memberikan kekuatan untuk menguji teori. (2) Reduksi data yakni seleksi data, pemfokusan dan mengklasifikasi data sehingga lebih spesifik (3) Melaksanakan kegiatan display atan penyajian data. Yaitu data yang diperoleh tersebut bisa disajikan dalam bentuk matrik maupun tabel-tabel yang bisa mewakili karakter yang diperlukan.(4) Membuat simpulan sementara dan menguji kembali dengan metode triangulasi, baik menggunakan triangulasi peneliti, teori, data, maupun metode.(5) Dan tahap terakhir, yaitu membuat pernyataan atau simpulan mengenai apa yang dimengertinya secara bulat tentang suatu masalah yang diteliti dalam bahasa kualitatif yang diskriptif dan bersifat interpretatif.

3.5. Prosedur penelitian

Penelitian kualitatif secara sederhana ditetapkan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

3.5.1. Penentuan kendala belajar yang dirasakan, memikirkan solusi dan mendefinisikan serta merumuskan permasalahan yang krusial.

Tahap ini ditentukan dengan : “ kondisi belajar dikelas seperti penurunan semangat belajar, penurunan nilai dan tidak ataupun hilang minat. Setelah itu di pikirkan solusinya yakni dengan pengunaan media kokom sarah (komik komputer sejarah). Dengan kokom sarah dilakukanlah penelitian dengan merumuskan masalahnya.

3.5.2. Pelaksanaan penelitian

Penelitian pembelajaran dilaksanankan selama kurang lebih 2 bulan atau 6 kali pertemuan, sejak bulan pertengahan 22Oktober 2009 hingga 17 Desember 2009. Adapun paparan yang rinci akan dilampirkan pada bagian lampiran.

3.5.3. Pengelolaan hasil penelitian

Pengolahan hasil dilakukan dari tanggal 18 Desember hingga 30 Desember 2010. Hasil yang diolah diharapkan dapat menggambarkan peningkatan minat dan hasil beajar siswa.

3.5.6. Penyusun laporan penelitian

Laporan disusun dengan prosedur laporan penelitian kualitatif.Informasi yang dimuat akan member gambaran akan kualitas media dan hasil pembelajaran apakah terdapat dampak yang signifikan. Laporan disusun dalam bentuk karya tulis untuk kepentingan pengembangan profesionalitas guru.

LAPORAN HASIL

1.1. Hasil Penelitian

Hasil penelitian kualitatif yang dilakukan penulis, secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut :

4.1.1. Nilai pengamatan

Nilai pengamatan diukur dengan skala dengan skor 4-3-2-1 dimana urutannya sebagai berikut :Baik sekali, Baik, Cukup baik, kurang.

Dari pengamatan didapatkan data sebagai berikut :

(Hasil ada di foto postingan tulisan ini)

4.2. Analisis hasil penelitian

Dari data yang diuraikan diatas, penulis memberikan beberapa tanggapan analisis hasil penelitian sebagai berikut :

4.2.1. Terbukti bahwa kualitas dalam minat dan hasil belajar siswa kelas VIII-B berubah lebih baik secara signifikan ketika media yang digunakan adalah kokom sarah.Hal ini jelas dibuktikan dengan hasil instrumen dengan data yang terkumpul pada tes / uji kompetensi.

4.2.2. Terbukti terjadi kondisi yang semakin baik dalam semangat serta minat siswa dengan hasil tes angket yang mana terjadi hasil yang sempurna (100%) pada pernyataan-pernyataan yang menggambarkan serta penilaian tentang minat, mudah dan peningkatan prestasi.

4.2.3. Terbukti terjadi peningkatan dalam proses pembelajaran dimana hasil data menunjukkan keadaan yang menggembirakan dengan keadaan yang kondusif bahwa media kokom sarah sangat disenangi serta membantu pemahaman siswa sehingga hasi beajar menjadi meningkat.

Secara umum analisis hasil penelitian berhasil menjawab segala kendala yang dirasakan dalam pembelajaran sejarah yang tadinya membosankan, sulit dipahami, dan tidak menarik dengan kokom sarah menjawab bahwa media ini dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Sehingga disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil melalui media kokom sarah.

KESIMPULAN DAN SARAN

5.1. Kesimpulan

Penggunaan media kokom sarah dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Internat Al-kausar dalam penelitian ini dapatlah disimpulkan :

5.1.1. Media komputer dengan fasilitas internet dalam strategi apapun sangat menarik dan diminati oleh siswa. Hal ini disebabkan media ini sangat membantu dalam memahami materi pembelajaran.

5.1.2. Komik adalah buku yang berisikan gambar berdialog tentang suatu tokoh dan peristiwa. Media ini juga sangat diminati oleh siswa karena menarik dan mudah dipahami melalui gambar-gambarnya.

5.1.3. Lebih menarik kedua media ini disatukan maka terwujudlah kokom sarah (komik komputer sejarah). Sangat menarik dimana siswa membaca komik, juga dapat membuat komik dengan mudah, serta langsung dapat browsing mencari informasi yang berkaitan dengan komik tersebut. Kokom sarah memberikan pemahaman, keminatan terhadap sejarah serta meningkatkan hasil belajar siswa.

5.2. Saran Saran

Adapun saran-saran yang disampaikan :

5.2.1 Guru disarankan untuk belajar media ICT sehingga dapat membuat komik komputer untuk menggantikan materi yang disampaikan dengat note style yang membosankan.

5.2.1. Guru disarankan untuk lebih menambah teori-teori yang mendukung keberhasilan pembelajaran menggunakan ICT sehingga daya keilmiahan tulisannya semakin kuat.

5.2.1. Penelitian agar lebih lama lagi waktunya serta diperbanyak media komiknya.

DAFTAR PUSTAKA

Hasan Hamid. 1998.Perencanaan pembelajaran. Bandung.PT Rosda Karya.

Massam D Leonardo Dkk. 2000. Kamus praktis Bahasa Indonesia.Surabaya. Penerbit Karya Utama.

Miarso Yusufhadi,2004 . Teknologi Pendidikan. Artikel Internet

Riduan. 2004.Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.

Satriowahono Romi, 2008. Komikisasi materi pembelajaran. Artikel Internet.

Sardiman Dkk, 2009. Pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP dan MTs. Solo .Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sungkowo.B.2007. Media Belajar Aktif sebagai alternative media pembelajaran IPS dalam meningkatkan prestasi siswa SMP. Karya Tulis

Supriatna Nana Dkk, 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk kelas VIII SMP. Bandung. Grafindo Media Pratama.

Sevilla, Consuelo, G. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Diterjemahkan oleh Alimuddin Tuwu. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Uzer M Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung. PT.Rosda Karya

www.google.co.id

www.pixton.com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Pak Bahar Sungkowo, Barokallah terus berbagi dan menginspirasi

11 Jul
Balas



search

New Post