Burhani Abu Bakar Arsyad

Dilahirkan Oktober 1975 (dulu bintang Libra : 23 September-22 Oktober, sekarang menjadi Virgo : 17 September-30 Oktober) dari keluarga yang sanga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Fisika Gaul - 64
Ilustrasi gambar: iStock

Fisika Gaul - 64

Tantangan Hari ke-956

#TantanganGurusiana-3

~

Beberapa hari ini, di daerah kami sedang mengalami turun hujan. Curah hujan yang berlangsung sangat lama, walaupun tidak deras, cukup membuat suhu lingkungan menjadi lebih rendah dari biasanya. Tidak jarang, mereka yang merasakan suhu yang sangat dingin, memilih tidak mandi pagi.

Tidak masalah memang, karena mandi dan tidaknya seseorang, lebih pada selera dan suka-suka. Yang merasa tidak nyaman jika tidak mandi pagi, tetap memilih melakukannya, walaupun efek dinginnya dirasakan luar biasa. Bagi yang memilih tidak mandi, ya tinggal menggunakan pakaian kerja, ditambah dengan semprotan parfum aneka rasa (eh salah, maksudnya dengan aroma yang aduhai sedapnya).

Menurut tinjauan fisika, terlepas dari kita suka atau tidak. Fisika tetap memiliki konsep sederhana berkaitan dengan suhu. Jika saat bangun pagi kita merasakan suhu dingin, itu menunjukkan suhu tubuh kita lebih tinggi dari suhu lingkungan, sehingga terjadi aliran energi dari tubuh ke lingkungan. Itu pula yang dirasakan mereka yang terbiasa tidur dengan menggunakan selimut. Saat keluar dari selimut, bagian tubuh kita akan merasakan dingin.

Bagaimana jika tidak merasakan dingin, itu berarti suhu lingkungan lebih tinggi dari suhu tubuh. Seperti tidur pada siang hari. Untuk menghindari suhu tinggi, banyak rumah yang memasang pendingin ruangan (AC), sehingga saat siang hari suhu rumah tidak panas. Atau minimal memasang kipas angin.

Lalu bagaimana yang tidak dua-duanya. Seperti itu pula yang dilakukan oleh sang guru gokil. Sebagai guru fisika, ia tidak menggunakan AC dan kipas angin. Karena sesuai dengan konsep fisika, bahwa saat panas, maka tubuh akan mengeluarkan keringat, sebaliknya saat suhu rendah, tubuh akan merasakan kedinginan. Bagaimana menyikapi keduanya? Jika panas, biarkan saja keringat itu keluar, karena selain sebagai respon dari tubuh terhadap suhu tinggi, juga memiliki peran mengeluarkan kotoran dari pori-pori tubuh kita.

Demikian juga dengan waktu suhu dingin. Untuk menghindarinya, kita harus mandi sesuai dengan kondisi lingkungan. Setelah mandi, suhu tubuh sama dengan suhu lingkungan, sehingga tidak ada lagi aliran energi dari tubuh kita ke lingkungan, atau sebaliknya dari lingkungan ke tubuh kita.

Bagaimana jika bangun pagi, ada kaki siswa yang merasakan suhu sangat dingin? Sang guru gokil menjawab santai. Jika kalian menemukan kondisi seperti itu harus hati-hati. Karena orang yang mau meninggal biasanya suhu dingin di awali dari ujung kaki. Semua siswa menjadi hening di kelas. Tapi kalian jangan khawatir, lanjut sang guru. Kalian bangun pagi kakinya dingin itu tidak masuk dalam kategori di atas, tapi memang karena kaki kalian tidak tertutup oleh selimut. Makanya tidur itu jangan "lasak" kata sang guru. Guru gokil dilawan.

~~

~~ Mendalo Mas, 260822 ~~

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ahaha.... Bisa aja bikin anak tegang. Kalau tidur pake kaus kaki gitu hihi... Keren kisahnya, Pak.

27 Aug
Balas

Hatur nuhun pisan teh. Sukses selalu

27 Aug

Pakde hanya bisa bayangkan seperti apa rasanya badan?Salam sehat dan sukses selalu ya Mas Burhani Abu Bakar. Memberi nilai obyektif memang sering menimbulkan kontradiksi. Satu sisi dianggap menentang pimpinan. Sisi yang lain dinilai guru saklek. Apapun komentar mereka, masuk telinga kanan keluar telinga kiri.Alhamdulillah beberapa murid yang sekarang sukses sangat menghargai tindakan guru yang disiplin.Terima kasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk SKSS dan berbagi kebaikan melalui puisi yang keren.

26 Aug
Balas

Terima kasih banyak Pakdhe. Sukses selalu

26 Aug

Luar biasa dan menginspirasi pak Burhani

26 Aug
Balas

Terima kasih banyak mas senior. Sukses selalu

27 Aug

Kaki dingin harus waspada. Ups, ternyata karena tidak berselimut.

26 Aug
Balas

Terima kasih banyak mbak Ir. Sukses selalu

27 Aug

Alhamdulillah sudah hujan, keren banget tayangannya, sukses selalu untuk Bapak

26 Aug
Balas

Terima kasih banyak pak Su. Sukses selalu

27 Aug

Alhamdulillah sudah hujan. Semoga hujan yang membawa keberkahan. Baarakallaahu Abang Burhani

26 Aug
Balas

Terima kasih banyak mas gagah. Sukses selalu

27 Aug

Haha guru punya seribu satu alasan ya pak, jangan dilawan hehe

26 Aug
Balas

Hehe.. Terimo kasih banyak Uni. Sukses selalu

27 Aug

Hihihi...ga mandi? Kl oma tu skt jg hrs mandi. Ga mandi ga bs tdr mas gr gokil...

26 Aug
Balas

Hehe.. Terima kasih banyak Oma gaul. Sukses selalu

27 Aug

Keren, guru gaul selalu penuh ide kreatif. Sukses Pak Burhani

26 Aug
Balas

Terima kasih banyak pak Arif. Sukses selalu

27 Aug

Ooo,ternyata kakinya tidak tertutup selimut pada saat tidur , hehehe,keren Ulasannya Pak.Sukses selalu

26 Aug
Balas

Terima kasih banyak Uni. Sukses selalu

27 Aug

Duh...kok ya ada yang sekolah ga mandi. Kalau bangun tidur, hatinya yang dingin, bagaimana Pak Guru? Hehe ... Salam Guru Gokil.

26 Aug
Balas

Hehe.. Iya mbak. Mungkin karena saking dinginnya.. Terima kasih banyak dukungannya mbak. Sukses selalu

27 Aug

Fisika gaul memang keren. Ditunggu lanjutannya, Pak Han. Salam sukses selalu.

26 Aug
Balas

Terimo kasih banyak Uni. Sukses selalu

27 Aug

Mantap. Lanjutkan menjadi 1 buku

26 Aug
Balas

Terima kasih banyak dukungannya abangku. Sukses selalu

27 Aug

Ulasan yang menarik. Fisika yang tak lagi menakutkan. Semoga sehat dan sukses selalu Pak Burhani.

26 Aug
Balas

Terima kasih banyak mbak. Sukses selalu

27 Aug

Yeayyyy..fisika gaul is back :)

26 Aug
Balas

Terima kasih banyak Sis. Sukses selalu

27 Aug

Yeayyyy..fisika gaul is back :)

26 Aug
Balas

Yeayyyy..fisika gaul is back :)

26 Aug
Balas

Yeayyyy..fisika gaul is back :)

26 Aug
Balas

Yeayyyy..fisika gaul is back :)

26 Aug
Balas



search

New Post