Burhani Abu Bakar Arsyad

Dilahirkan Oktober 1975 (dulu bintang Libra : 23 September-22 Oktober, sekarang menjadi Virgo : 17 September-30 Oktober) dari keluarga yang sanga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Fisika Gaul - 65
Ilustrasi gambar : idSCHOOL

Fisika Gaul - 65

Tantangan Hari ke-960

#TantanganGurisiana-3

~

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan tata urutan dan sebutan untuk seseorang berdasarkan pakem di daerahnya masing-masing. Bidang kajian fisika yang menjelaskan bagaimana menuliskan satuan besaran turunan kedalam satuan besaran pokoknya disebut dengan Dimensi.

Menganalogikan sistim dimensi dalam fisika dengan kajian tata urutan manusia dalam garis keturunannya, banyak sedikitnya memiliki kemiripan. Dalam kehidupan kita sehari-hari, nasab atau garis keturunan akan mudah dipahami oleh orang lain, manakala setelah nama dimunculkan atau dituliskan nama keluarga.

Kita misalkan dalam suku Minangkabau, ada banyak suku didaerah tersebut. Maka penulisan nama suku, akan memudahkan orang lain yang paham suku di Minangkabau mengelompokkannya dan mengenali garis keturunannya. Begitu juga dengan suku Batak. Penyantuman marga setelah nama anak, akan memudahkan orang lain mengelompokkannya ke dalam suku atau marganya masing-masing.

Tujuan pengelompokan ini adalah selain memudahkan orang lain kenal, juga ada kepentingannya dalam soal pernikahan. Bagi suku minang dan Batak, tidak boleh memilih pasangan dari suku yang sama. Karena ini adalah sebuah konsensus atau kesepakatan para petinggi suku/marga, yang harus dipatuhi oleh keturunan suku/marga tersebut.

Lalu apa kaitannya dengan Dimensi dalam kajian fisika? Jelas saja bisa dikaitkan. Karena dimensi adalah bagaimana cara menuliskan lambang satuan dari besaran turunan kedalam satuan besaran pokok. Artinya, kita diajarkan mengenal satuan besaran turunan lalu dikaitkan dengan satuan besaran pokoknya.

Begitu pula dengan aturan penulisan nama tersebut. Dengan mengetahui nama keluarga atau identitas dari sebuah nama, orang juga akan menjadi mengetahui bibit, bobot dan bebet dari seseorang. Jika dalam Islam, penulisan nama seseorang yang disertai dengan nama ayahnya (Bin), akan memudahkan orang lain mengenali asal muasal atau garis keturunan seseorang.

Sebut saja misalnya guru gokil, biasa menuliskan namanya Burhani Abu Bakar Arsyad. Dari nama ini dikenali, bahwa ia merupakan garis keturunan dari Haji Abu Bakar bin Haji Arsyad. Belum lagi jika dituliskan lagi bin dari kakeknya. Sehingga dari nama, orang langsung mengetahui silsilah garis keturunannya. Mirip seperti menuliskan satuan besaran pokok dari suatu besaran turunan.

Ah, guru gokil mah ada saja idenya dalam menyampaikan materi sulit fisika menjadi lebih sulit. Semoga saja dengan cara tersebut siswa tidak menjadi tulalit. Semoga...

~~

~~ Mendalo Mas, 300822 ~~

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ga sulit kok, cuma kalau dah selesai pelajaran, menguap semua materinya ahaha.... Guru gokil emang kereeennn

31 Aug
Balas

Hatur nuhun pisan teh. Sukses selalu

31 Aug

Pelajaran fisika paling kubenci ketika SMP. Eh lha kok sekarang ulasan fisikanya keren. Mbok yao dulu waktu SMP jadi guruku.

30 Aug
Balas

Terima kasih banyak mbak. Sukses selalu

31 Aug

Wow, bener2 gaul pak Burhani. Amazing

30 Aug
Balas

Terima kasih banyak mas senior. Sukses selalu

31 Aug

Guru yang bener gaul en gokil hihi sukses selalu Kang

30 Aug
Balas

Hatur nuhun pisan teh. Sukses selalu

31 Aug

Keren banget Pak ulasannya, sukses selalu untuk Bapak

31 Aug
Balas

Terima kasih banyak pak Su. Sukses selalu

31 Aug

Keren ulasannya dan menginspirasi pak Burhani, coba saya jadi muridnya pasti sangat semangat he..he... Semoga sehat selalu

30 Aug
Balas

Hatur nuhun pisan Ceu. Sukses selalu

31 Aug

Wah...andai dkt sy dtgi.mas gr unt bljr ilmu fisika yg sy suka

30 Aug
Balas

Hehe. Oma gaul mah bisa aja.. Padahal aslinya saya juga masih belajar.. haha.. Sukses selalu

31 Aug

Keren, mantul Pak Burhani

30 Aug
Balas

Terima kasih banyak pak Arif. Sukses selalu

31 Aug

Top deh, Pak Guru Gokil. Semua bisa pokok'e... Salam Gokil, Pak Guru.

30 Aug
Balas

Terima kasih banyak mbak Cicik. Sukses selalu

31 Aug

Keren Pak, selamat pagi dan selamat beraktifitas.. sukses selalu.

30 Aug
Balas

Terima kasih banyak Cikgu. Sukses selalu

31 Aug

Keren selalu. Pelajaran yang menarik. Sukses selalu buat Bapak.

31 Aug
Balas

Terimo kasih banyak Uni. Sukses selalu

31 Aug

Saya kasih rumus fisika ya pak ..Hasil penggabungan dua suku di minangG + C = GG + T = GG + Sk = G Dengan apapun G dipasangkan hasilnya akan tetap G.G = suku Guci ( fihak ibu)C = caniagoT= TanjungSk = sikumbang

30 Aug
Balas

Mantap Uni.. Terimo kasih banyak sdh memberikan informasi baru untuak ambo.. Sukses selalu

31 Aug

memang benar benar gaul fisika nya pak, dulu jaman sekolah rasanya fisika tak se friendly ini. entah siapa yang salah

30 Aug
Balas

Terima kasih banyak mbak. Sukses selalu

31 Aug



search

New Post