Deswati

Pagi itu saya dan teman-teman sudah bersiap menuju lokasi demo. Saya dan teman-teman hari itu akan menghadiri demo di kota ini, untuk yang ket...

Selengkapnya
Navigasi Web
Satu Akun Untuk Semua

Satu Akun Untuk Semua

#Tagur 50#

Satu Akun untuk Semua

Penulis : Deswati, M.Pd

Kembali digesa oleh Kementerian Pendidikan menyampaikan kepada seluruh pendidik agar menautkan simpkb dengan akun belajar id. Batas waktu yang ditentukan deadline 12 Maret 2022.

Masih banyak pendidik yang panik dengan pemberitahuan ini. Hal ini terjadi karena akun belajar yang sudah diaktifkan dibawa bobok oleh sang guru. Terlena karena akun belajar merasa tidak digunakan lagi.

Belajar tatap muka telah digelar jadi classroom no lagi digunakan. Guru keteteran dengan password yang telah diubah saat diaktifkan.

Buntut dari pembelajaran luring guru lengah. Bukan sebab utama, karena pembelajaran daring tidak lagi di izinkan. Karena dipandang tidak memberikan dampak baik. Ada sisi positif dan negatif setiap ada perubahan.Saat ini bagaimana sisi negatif bisa dijadikan positif. Oleh karena itu mindset tidak berubah akan memandang negatif sebagai suatu halangan. Sehingga pembelajaran online tidak lagi digelar.

Saat ini platform merdeka belajar sudah diluncurkan, kurikulum merdeka belajar saat ini dalam masa uji coba pada sekolah penggerak. Setelah dievaluasi nantinya di tahun 2024 maka akan diberlakukan untuk seluruh sekolah.

Platform merdeka belajar digesa agar guru bisa mandiri untuk memahami dan berkreasi dalam merancang pembelajaran.

Dalam kurikulum merdeka belajar nantinya ketika semua sekolah menggunakan kurikulum, guru harus merancang pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswanya. Selain itu rancangan pembelajaran yang ada di platform Merdeka belajar bisa digunakan diadopsi oleh sekolah lain untuk sementara ,tentu harus menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sekolah dan siswa.

Akun belajar id yang sudah lebih satu tahun diberikan kepada guru, ternyata bukan hanya untuk belajar daring saja. Guru yang saat ini masih garing dengan akun belajar id. Maka harapannya setelah ditautkan dengan simpkb guru harus mampu belajar mandiri mengikuti kegiatan Diklat. Usul mengusul dari sekolah dan dinas takkan lagi dibuat. Disinilah nanti akan diketahui. Guru yang selalu update ilmu, Inovatif dan mandiri.

Selain itu akun belajar id bisa digunakan untuk menggunakan aplikasi lain yang berhubungan dengan kompetensi pendidik dalam merancang pembelajaran secara online yang bisa dimanfaatkan siswa dilain tatap muka.

Salah satu aplikasi yang lagi disukai saat ini adalah canva for edu. Banyak template gratis yang bisa dimanfaatkan untuk membuat Lembar kerja, desain pembelajaran, menata kegiatan siswa di kelas.

Aplikasi yang lain assembler edu juga lagi kece saat ini. Semua menggunakan akun belajar id. Oleh karena itu akun belajar id adalah akun untuk semua online bagi pendidik / single sign online /SSO.

Pekanbaru, 22 Februari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

22 Feb
Balas

Keren tulisannya, sukses selalu bu Deswati

22 Feb
Balas

Sungguh belajar online membuat anak semakin tergantung maka efek di kesehatan mata itu yang terparah secara fisik namun mental lebih ???? namun belajar buat guru itu yang harus update

22 Feb
Balas

ulasan mencerahkan... salam literasi

22 Feb
Balas



search

New Post