Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Gurusianer Butuh Bimbingan

Sesungguhnya, Gurusianer butuh bimbingan penulisan. Meski tak semua, saya rasa cukup banyak juga jumlahnya. Dari tulisan-tulisan yang diunggah di Gurusiana setiap harinya, dengan sangat mudah dapat diketahui apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Ya, bimbingan penulisan.

Secara jujur harus diakui, masih cukup banyak Gurusianer yang belum mampu menulis judul dengan benar. Menulis kata-kata tertentu kadang juga masih cukup banyak yang belum benar. Membedakan kata depan ‘di’ dengan awalan ‘di’ juga masih cukup banyak yang belum bisa. Menuliskan kata ganti yang benar juga masih cukup banyak yang belum bisa. Itu baru mengenai sebagian hal yang ringan-ringan.

Hal yang agak lebih sulit, misalnya bagaimana menyusun kalimat yang efisien dan efektif, menyusun paragraf yang benar, membuat puisi yang baik, menulis cerita anak yang baik, menulis berita/reportase yang benar, dan sebagainya, ternyata juga masih cukup banyak Gurusianer yang belum mampu.

Apakah mereka salah? Tentu saja tidak. Blog Gurusiana memang merupakan wadah bagi siapa pun untuk belajar menulis. Mereka yang menulis di Gurusiana, memang tak sedikit yang masih pada taraf belajar ataupun berlatih. Ketika masih dijumpai kekurangan pada tulisan-tulisan mereka, tentu sangat bisa dimaklumi.

Tentu saja, siapa pun akan bisa memaklumi. Namun hendaknya dipahami, bahwa yang namanya belajar ataupun berlatih menulis itu, dari waktu ke waktu harus ada peningkatan. Dari semula belum tahu, menjadi tahu. Dulunya belum bisa, menjadi bisa. Yang semula belum baik, menjadi baik. Tadinya belum terampil, menjadi terampil. Begitu seterusnya. Jangan sampai terjadi misalnya, sudah belajar menulis lebih dari setahun, setiap hari mampu mengunggah tulisan, namun kualitas tulisan-tulisannya seolah belum ada peningkatan yang berarti. Tentu ini tidak elok, bukan?

Oleh karena itu, Gurusianer benar-benar membutuhkan bimbingan penulisan. Terus, siapa yang harus memberikan bimbingan? Tentu saja pihak yang berwenang, yakni pengelola blog ini.

Dulu, entah sudah berapa lama, meski tak terlalu intensif, upaya pemberian bimbingan penulisan kepada Gurusianer sudah pernah dilakukan. Mas Eko Prasetyo (Pemred MediaGuru), secara berkala menulis pada rubrik ‘Pojok Bahasa’. Materi yang disajikan terkait upaya meningkatkan kemampuan menulis Gurusianer. Namun sayang, entah karena kesibukan beliau atau alasan lain, hal tersebut sepertinya sudah tidak pernah dilakukannya lagi. Sesekali, Mas Eko Prasetyo memang masih menulis. Tapi yang ditulis bukan lagi mengenai ‘Pojok Bahasa’ melainkan mengenai ‘Jeng Ratihku sayang’.

Mas Eko, tolong beri bimbingan penulisan kepada kami para Gurusianer. Jangan biarkan kami menulis hanya semampu kami. Boleh ‘kan jika kami juga ingin menjadi penulis hebat seperti Mas Eko? Jumlah Gurusianer yang sudah ratusan ribu tentu sangat menyenangkan. Namun, pemberian bimbingan penulisan kepada kami, tentu tak seharusnya diabaikan. Salam literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul sekali Pak. Saya setuju. Terimakasih atas segala saran dan masukannya untuk saya. Terkadang pelatihan yg singkat hanya 2 hari itu membuat saya lupa akan cara menulis dan ejaan yg baik dan benar menurut KBBI. Slm hormat

02 Nov
Balas

Setuju Pak Edi, kritikan sangat perlu bagi kami untuk kemajuan. Salam literasi.

31 Aug
Balas

Terima kasih, Bu Zulfa. Karena kritikan itulah orang kemudian berbenah. Salam literasi kembali.

31 Aug

Terima kasih ulasannya, Pak. Jadi malu rasanya, masih banyak yang harus saya benahi. Semoga bisa belajar dan memperbaiki diri. Semoga sehat dan bahagia selalu, Pak.

02 Sep
Balas

Terima kasih kembali, Bu. Tulisan Bu Ernasari sudah bagus-bagus kok. Penulisan komentar di atas pun tidak ada yg salah. Semoga Ibu pun selalu sehat dan bahagia.

02 Sep

Luar biasa saran dan masukannya, semoga Mas Eko meresponya, Barokallah Pak Edi, salam sehat dan bahagia selalu

31 Aug
Balas

Terima kasih, Pak. Saya berharap juga begitu. Semoga Pak Syaihu juga selalu sehat dan bahagia.

31 Aug

Inspiratif pak, setuju...sambil menulis terus belajar. Terima kasih sharingnya

02 Sep
Balas

Alhamdulillah. Ya Bu, semua penulis hendaknya mau terus belajar.

03 Sep

Tulisan yang sangat bermanfaat. Tentu, selain berharap pihak MediaGuru memberikan bimbingan, kita pun harus berinisiatif untuk meningkatkan kemampuan menulis secara mandiri. Salam sukses selalu, Pak. Terima kasih kehadiran Bapak pada lapak tulisan saya selalu membantu mengoreksi kesalahan penulisan. Jazakallahu khair.

02 Sep
Balas

Betul sekali, Bu Guru. Upaya mandiri utk meningkatkan kemampuan menulis tentu lebih utama. Sayangnya masih ada sebagian penulis yg enggan melakukannya. Terima kasih kembali, Bu.

02 Sep

Saya sepakat dengan yang Bapak sampaikan. Semoga Bapak berkenan membaca dan memberi masukan terhadap tulisan saya. Sehat dan sukses selalu,Pak.

23 Sep
Balas

Saya salah satu gurusianer yang masih harus banyak belajar dari guru-guru hebat seperti Pak Edi. Terima kasih banyak karena Bapak pernah singgah di tulisan saya dan memberi masukan. Sehat dan sukses selalu ya Pak Edi.

31 Aug
Balas

Kita memang harus mau berusaha utk meningkatkan kemampuan menulis, Bu. Selain upaya secara mandiri, juga hendaknya mau terbuka menerima krisan dari sesama penulis. Kapan-kapan saya akan membaca lagi tulisan Ibu. Semoga Ibu pun selalu sehat dan sukses.

31 Aug

Mantap bapak, itu yang di cari dan diharapkan ada yang mengkritik tulisan kita.Jadi kita tahu di mana kekurangan tulisan kita.

31 Aug
Balas

Terima kasih, Bu. Dg kritikan itulah kita akan bisa berbenah.

31 Aug

Tulisan yang luar biasa Pak Edi, bisa mewakili harapan gurusianer lain untuk tak henti menimba ilmu menjadi pembelajar sejati. Mohon ijin follow ya Pak, semoga saya dapat masukan untuk memperbaiki tulisan saya. Terima kasih.

31 Aug
Balas

Terima kasih sekali, Bu Fransisca. Ya Bu, akan saya usahakan membaca tulisan Ibu dan memberikan saran jika diperlukan.

31 Aug

Ulasan yang membangun Pak. Sasarannya nembak ke saya. Masih harus berjuang... belajar dan belajar menulis. Terima kasih banyak ya Pak,.. sudah meluangkan waktu, beri krisan di goresanku. Salam sukses dan sehat selalu.

17:00
Balas

Betul sekali Pak Edi Prasetyo. Aku juga membutuhkan bimbingan belajar.

01 Dec
Balas

setju pak edi, termasuk saya juga masih yang penting menulis, belum menulis yang penting. ingat kata pak CEO

31 Aug
Balas

Apa iya? Karena itulah kita butuh bimbingan, Bu.

31 Aug

Ulasan yang sangat bermanfaat.Untuk itu saya berterima kasih selalu diingatkan dan diberi bimbingan serta masukan yang bersifat membangun dalam menulis.Semoga selalu sehat bapak Edi.

31 Aug
Balas

Terima kasih, Bu. Sesama penulis memang sudah seharusnya saling mengingatkan, demi kemajuan bersama. Semoga Bu Lia pun selalu sehat.

31 Aug

Terima kasih pak Edi, selama ini sudah banyak membantu. Sehingga saya khususnya banyak belajar tentang penulisan.Semoga selalu sehat selalu aamiin.

19 Nov
Balas

Seruju Bapak, saya sangat membutuhkan bimbingan itu,. Saya ingin meningkatkan kemampuan menulis, karena saya tidak akan mengetahui kesalahan dan kelemahan saya, tanpa ada kritikan tentang tulisan saya.

25 Sep
Balas

Setuju banget pak, saya juga masih belajar menulis, kadang bingung dari mana mulai menulisnya, salam sehat selalu pak

02 Sep
Balas

Tidak perlu bingung, Bu. Tulis saja apa yg Ibu bisa sembari belajar. Membaca tulisan-tulisan teman, baik juga utk menambah wawasan kepenulisan. Jika Ibu berkenan, sesekali akan saya usahakan mengkritisi tulisan Ibu. Semoga Ibu juga selalu sehat.

02 Sep

Terimakasih pak...saya adalah salah satunya yang masih butuh bimbingan dan koreksi. Dan Alhamdulillah, hari ini tulisan saya berkesempatan dikoreksi oleh Bapak.Terimakasih ilmunya, insyaallah sangat bermanfaat Salam literasi....

01 Sep
Balas

Terima kasih kembali, Bu Nur. Semoga kita bisa saling mengingatkan untuk kemajuan bersama. Syukur jika bermanfaat.

01 Sep

mantap keren cadas... ulasan keren menewen, mencerahkan, makasih ilmunya... salam literasi sehat sukses selalu pak Edi Prasetyo

10 Dec
Balas

Benar sekali apa yang Bapak sampaikan. Saya juga mengalami sendiri. Walaupun mungkin belum sepenuhnya, tulisan saya saat ini masih lebih baik dibanding dulu. Belajar dan terus belajar. Apalagi ketika Bapak terkadang singgah di blog saya dan memberikan kritik dan sarannya, saya sangat bahagia. Semoga Bapak senantiasa sehat dan bahagia selalu.

31 Aug
Balas

Terima kasih, Bu Dewi. Kita memang harus mau berupaya meningkatkan kemampuan menulis secara mandiri. Akan saya usahakan utk memberi saran kepada penulis lain jika diperlukan.

31 Aug

Salah satunya saya yang butuh bimbingan, sebagai pemula tulisan saya masih jauh dibanding gurusianer yang lain....sangat senang jika mendapat bimbingan dan masukan terutama dari Bapak. Semoga Bapak selalu sehat dan bahagia. Salam literasi.

31 Aug
Balas

Tulisan Bu Wiwik sudah bagus-bagus kok. Kesalahan penulisan, sudah sangat minim. Syukur kalau bgt. Semoga Bu Wiwik juga sll sehat dan bahagia.

31 Aug



search

New Post