Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Penulis Antikritik, Jangan Harap Kemampuannya akan Naik

Tak ada penulis yang tak memiliki kekurangan maupun kelemahan. Siapa pun dia. Dunia kepenulisan itu luas dan dalamnya bak samudra. Karenanya, tak mungkin ada penulis yang mampu mengarungi dan menyelaminya sampai ke dasar-dasarnya untuk mendapatkan semua yang ada di dalamnya.

Siapa pun yang benar-benar ingin menjadi penulis hebat, hendaknya mau berusaha untuk mengarungi dan menyelami dalamnya samudra kepenulisan. Caranya, dengan mau terus belajar tentang kepenulisan dari berbagai sumber. Namun itu belum cukup. Masih ada satu hal penting yang tak boleh diabaikan penulis. Dirinya harus siap menerima kritik dari siapa pun atas tulisan-tulisan yang telah dipublikasikannya. Kritik-kritik itulah yang akan turut berperan dalam mengasah dan mempertajam kemampuan menulisnya.

Sayangnya, tak semua penulis siap menerima kritik. Ada saja penulis yang antikritik. Dirinya beranggapan, selain akan dapat mempermalukan, kritikan juga bisa menurunkan wibawanya. Biasanya, penulis semacam itu merupakan penulis yang merasa dirinya telah hebat, yang selama ini sering menerima banyak pujian atas karya-karyanya. Dirinya tidak menyadari, bahwa pujian-pujian yang didapatkan itu belum tentu disampaikan secara tulus. Bisa saja sekadar basa-basi yang justru akan membuat dirinya terlena.

Jika sudah terlena oleh pujian dan terus antikritik, jangan berharap kemampuan menulisnya akan meningkat. Dari waktu ke waktu, kualitas tulisannya bisa jadi tak beranjak. Tak ada peningkatan yang berarti. Sebab, dirinya sudah merasa puas berada di pinggir samudra kepenulisan sekaligus menikmati keindahannya sebatas yang bisa dilihatnya. Sama sekali dirinya tak mengerti atau tak peduli kalau sebenarnya masih sangat banyak keindahan lain di dasar samudra kepenulisan yang jauh lebih indah daripada apa yang telah dilihatnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimaksih atas pencerahannya dan ilmunya pak, salam kenal dan sdh saya follow

11 Oct
Balas

Daa ndak pegolongan penulis nekat..

01 Dec
Balas

Keren ulasannya

04 Sep
Balas

Terima kasih, Bu.

04 Sep

Keren menewen ulasannya pak Edi. Siap menerima kritikan dan masukan,, walau sudah berusaha untuk tidak melakukan kesalahan, tapi tetap saja ada kekurangan.. Apalagi kita bukan KBBI dan PUEBI,, haha.. Pasti ada saja yang salam dalam penulisan.. Terima kasih banyak atas semuanya.. Sukses selalu

21 Nov
Balas

Selalu menebar kebaikan dan koreksi untuk perbaikan sesama penulis, semoga menjadi ladang jariyah Pak Edi, Barokallah

10 Oct
Balas

Keren Bapak. Saya siap dikritik kok, karena bisa membuat saya berubah

21 Nov
Balas

Tulisan yang luar biasa Pak Edi. Sangat menginspirasi ... amazing

26 Nov
Balas

Saya siap untuk dikritik, Pad Ed. Kritik sangat dibutuhkan untuk kita bisa lebih maju. Saya berterimakasih pada Pak Edi yang telah memberi masukan pada tulisan saya yang jelas-jelas banyak kekurangannya. Salam, Pak Ed. Semoga sehat selalu.

24 Sep
Balas

Alhamdulillah. Menurut pengamatan saya, kualitas tulisan-tulisan Pak Irwanto telah meningkat pesat. Betul, Pak.

24 Sep

Senang jika bapak hadir dalam tulisan saya, dan teman-teman lainnya. Siap dikritik.

10 Oct
Balas

Saya senang kalau ada yang kasi masukkan, demi meningkatkan lagi kualitas dalam tulisan saya, apatah lagi kalau bapak kasi saran, ada rasa senang sekali. Terima kasih pak, bapak selalu mengajar saya.

04 Sep
Balas

Alhamdulillah. Syukurlah, Bu. Akan saya usahakan memberi masukan lagi kepada Ibu. Terima kasih kembali, Bu.

04 Sep

Ulasan yg bermanfaat pak, Alhamdulillah beberapa kali tulisan saya dapat kritikan dari bapak dan itu tidak masalah. Saya malah bersyukur ada yg perduli

26 Sep
Balas

Salam Pak Edi. Wah, saya berterima kasih sekali Bapak kersa hadir di lapak saya dan mengingatkan kembali tentang penggunaan huruf kapital/kecil pada kata. Kadang memang suka lupa, hehehe... Maaf baru sempat balas berkunjung. Salam sukses, Bapak. Sudah saya follow, ya.

11 Sep
Balas

Saya suka kalau dikritik. Apalagu jika Pak Edi yang mengkritik. Salam sehat bapak

04 Sep
Balas

Syukurlah, Bu. Sdh cukup lama juga sy tdk membaca tulisan Ibu. Akan saya usahakan, Bu.

04 Sep

Mantap ulasannya pak Edi

07 Oct
Balas

Saya pribadi lebih senang kalau ada yang krisan. Tengok tulisan saya pak. Saya butuh bimbingannya.

04 Sep
Balas

Syukurlah, Bu. O ya, sdh agak lama sy tdk membaca tulisan Ibu. Insyaallah akan saya usahakan, Bu.

04 Sep

Betul sekali Pak , sepakat ttp sayang kita di sini terjebak dg SkSS n harus cukup puas fg satu kata kereen, mantap, suip atau yg lain n sejenis n belum tentu san jungan itu diiringi dg pemaham isi tulisan....yg dipikirkan asal kunjung n memberi sanjungan meski tujuannya memberi suport Lo nggih, maturnuwun Pak, salam kenal, mohon maaf

09 Nov
Balas

Mantap ulasannya. Andai bisa aku mau terus dikritik setiap tulisanku sama Bapak. Karena kritikan menyadarkan akan kesalahan penulis. Apalagi aku yang penulis pemula

12 Nov
Balas

Keren sekali tayangannya, mantap sehat dan sukses selalu Pak edi, mohon Pak edi sudi mampir di blok saya terus pak, karena saya suka dengan masukan pak edi terhadap tulisan saya, sehinhga saya tau cara menulis yang benar, dan saya tau kesalahan saya pak edi

16 Nov
Balas

Makasi ilmunya pak Edi, Keren sekali tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu pak Edi

21 Nov
Balas

Alhamdulillah saya sangat senang jika tulisan saya di beri krisan pak, karena tujuannya adalah memperbaiki tulisan menjadi lebih baik.Besar harap saya, bapak tetap memberi Krisan dan bimbingan pada tulisan saya.

25 Sep
Balas

Baik, Bu. Semoga Ibu tetap mau menerimanya.

25 Sep

Salam kenal dan salam hormat dari Gresik, dengan senang hati jika bapak sudi mampir di tulisan saya. Pastinya akan banyak kritik untuk saya. Saya akan menimba ilmu dari kritik yang ada.

22 Sep
Balas

Saya senang sekali pak, bila ada yang mengoreksi tulisan, karena memang masih jauh dari betul penulisan maupun tata bahasanya, smoga bapak kerso mampir di blog saya, suwun, semoga bapak sehat selalu

21 Sep
Balas

Ulasan yang sangat keren dan bermanfaat Pak Edi karena dengan kritikan dan saran pasti ada perubahan terima kasih atas ilmunya.

11 Oct
Balas

Setuju sekali pak Edy Prasetyo. kritik merupakan perubahan dalam prilaku untuk menuju kesuksesan bravo

04 Sep
Balas

Betul sekali, Pak. Terima kasih, Pak Abu.

04 Sep

mantap keren cadas... ulasan keren menewen, mencerahkan, makasih ilmunya... salam literasi sehat sukses selalu pak Edi Prasetyo

10 Dec
Balas



search

New Post