Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Penulisan Judul, tak setiap Kata Diawali Huruf Kapital

Masih ada sebagian orang yang memiliki pemahaman yang keliru terkait penulisan judul. Dianggapnya, penulisan setiap kata pada judul selalu diawali dengan huruf kapital. Padahal seharusnya tidak demikian.  

Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), huruf kapital antara lain memang dipakai sebagai huruf pertama setiap kata (termasuk unsur kata ulang sempurna) di dalam judul buku, karangan, artikel, dan makalah serta nama majalah dan surat kabar. Kendati demikian, ada pengecualiannya. Pengecualian berlaku untuk kata tugas yang tidak terletak di awal judul. Semua kata tugas yang tidak terletak di awal judul, penulisannya tidak diawali huruf kapital.

Kata tugas sendiri ada beberapa jenis. Ada kata depan atau preposisi, kata sambung atau konjungsi, kata sandang atau artikula, kata seru atau interjeksi, dan kata penegas atau partikel penegas. Pada kesempatan kali ini, masing-masing jenis kata tugas tersebut tidak akan dijelaskan dan tidak semuanya disebutkan. Di sini hanya akan disebutkan kata-kata tugas yang cukup sering digunakan pada judul.

Kata-kata tersebut antara lain di, ke, kepada, dari, daripada, untuk, yang, dan, atau, dengan, dalam, pada, bagai, sebagai, terhadap, jika, maka, ala, bak, tapi, tetapi, karena, tentang, agar, supaya, hingga, sehingga, sejak, pun, demi, meskipun, walaupun, secara, seperti, ialah, adalah, si, sang, dan oh. Jika di antara kata-kata tugas tersebut terdapat pada judul, penulisannya tidak diawali huruf kapital, kecuali jika terdapat di awal judul.

Sebenarnya, cukup repot juga untuk mengingat-ingat semua kata tugas yang ada. Karenanya, cukup banyak penulis yang kemudian lebih memilih menuliskan judul menggunakan huruf kapital semua. Itu dirasa lebih aman karena penulis tidak perlu lagi memikirkan mana kata yang harus diawali huruf kapital dan mana yang tidak. Asal penulisan kata-katanya sudah benar, maka penulisan judulnya pun akan benar. [*]    

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ilmunya pak.

29 Mar
Balas

Sama- sama, Bu Masrifa. Semoga bermanfaat.

29 Mar

Terimakasih ilmunya Pak, semoga bisa mempedomaninya. Horas.

29 Mar
Balas

Sama- sama, Pak Mualdin. Semoga bermanfaat. Horas juga. Teruslah berkarya, semoga sukses.

29 Mar

Terima kasih Pak, saya jadi bolak-balik cek judul saya,hahaha

20 Apr
Balas

terima kasih ilmunya pa. Itu yang saya lakukan. Judul huruf kapital semua. aman.. hi,..

30 Mar
Balas

Iya, Bu. Seperti itu boleh saja.

31 Mar

Terima kasih ilmunya Pak, terkadang saya juga keliru

07 Apr
Balas

Sama- sama, Bu Syarifah. Semoga bermanfaat.

07 Apr

Terima kasih ilmunya Pak, terkadang saya juga keliru

07 Apr
Balas

Terimakasih pak Edi, tambah ilmu

29 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu Mega. Semoga ada manfaatnya.

29 Mar

Mantul. Tulisan/materi yang sangat bagus untuk praktik tulis menulis.

06 Apr
Balas

Terima kasih atas apresiasinya, Pak. Semoga bermanfaat.

07 Apr

sangat manfaat, terima kasih. Sehat dan sukses selalu. Barakallahu

15 Apr
Balas

Terima kasih sekali, Bu Lika. Semoga Bu Lika pun selalu sehat dan sukses. Amin.

16 Apr

Alhamdulillah dapat pelajaran, jujur pelajaran seperti ini yg dangat sy butuhkan. Terimakasih banyak pak atas Ilmu yang bermanfaat ini, salam kenal dan sehat selalu Pak.

30 Mar
Balas

Alhamdulillah... Syukur jika bermanfaat, Bu Lisnadra. Salam kenal kembali. Terima kasih.

30 Mar

Saya adalah gurusianer yg sangat mengapresiasi tulisan-tulisan pak Edi yg senantiasa memberikan bimbingan ttg penulisan yg benar kepada para pembaca. Konsisten menulis saja tanpa kemajuan mutu rasanya tak sempurna. Terima kasih tlh berbagi tulisan yg menginspirasi.

29 Mar
Balas

Terima kasih sekali atas apresiasi Bu Enggra. Sedapat mungkin setiap penulis memang harus berusaha untuk meningkatkan kualitas tulisannya. Terima kasih kembali, Bu Enggra. Teruslah berkarya, semoga sukses.

29 Mar

Keren pa Edi. Saya kadang demikian. Tidak teliti karena nda tahu...he...he

30 Mar
Balas

Kalau belum tahu, tentu tidak apa- apa. Setelah tahu, sebaiknya ditaati, Pak. Teruslah berkarya, Pak Tony. Semoga sukses.

30 Mar

Terimakasih ilmunya pak Edi, semoga bapak sehat selalu, aamiin

30 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Bu. Semoga Bu Yuria pun selalu sehat.

30 Mar

Terimakasih, sangat bermanfaat sekali

29 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Pak Irwanto. Teruslah berkarya, semoga sukses.

29 Mar

terima kasih ilmunya pak

07 Apr
Balas

Sama- sama, Bu Ririn. Semoga bermanfaat.

07 Apr

Terimakasih, Pak. Bertambah lagi ilmu saya. Semoga tidak jemu memberikan pelajaran atau koreksi kesalahan pada penulis pemula. Salam santun , pak.

29 Mar
Balas

Sama- sama, Bu Elda. Semoga ada manfaatnya. Ya, Bu. Akan saya usahakan semampu saya tentunya. Salam santun kembali.

29 Mar

Tambah ilmu lagi. Terimakasih pak Edi

29 Mar
Balas

Alhamdulillah... Sama- sama, Bu Jurtawani.

29 Mar

Ilmu yang bermanfaat. Terima kasih, Pak.

29 Mar
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih kembali, Pak Hargo.

29 Mar

alhamdulillahterimakasih ilmunya pak,,semoga sehat selaluslm

01 Apr
Balas

Terima kasih sekali atas doa Ibu. Semoga Bu Rawalumaili pun selalu sehat.

01 Apr

Terima kasih pak ilmu nya

29 Mar
Balas

Sama- sama, Bu Santhy. Semoga ada manfaatnya.

29 Mar

Terima kasih pak sudah berbagi ilmu. Barakallah

01 Apr
Balas

Sama- sama, Pak Tosfayana. Semoga bermanfaat. Amin.

02 Apr

Terima kasih pak edi atas tambahan ilmu untuk kami penulis

30 Mar
Balas

Sama- sama, Bu Witma. Semoga bermanfaat.

31 Mar

Trima kasih Pak Edi, tambah lagi ilmu lama yang kembali Pak Edi ingatkan. Salam sehat dan sukses selalu buat Bapak dan keluarga. Aamiin.

29 Mar
Balas

Terima kasih kembali, Pak Mul. Iya ini saya tulis lagi karena sepertinya masih ada beberapa teman yg belum paham. Semoga Pak Mul sekeluarga pun selalu sehat. Amin.

29 Mar

Terima kasih sudah berbagi ilmunya Bapak...

01 Apr
Balas

Terima kasih kembali, Bu Hermi. Semoga bermanfaat.

01 Apr

Sip. terima kasih ilmunya pak. salam literasi dari Ranah Minang.

05 Apr
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih atas salamnya, Bu Bastini. Salam kembali dari saya.

05 Apr

Terima kasih ilmunya Pak. Salam kenal Pak. Saya pendatang baru di gurusiana yang suka membaca artikel Bapak.

14 Apr
Balas

Terima kasih atas apresiasi Bu Mutahara. Salam kenal kembali. Teruslah bersemangat untuk menulis, semoga sukses.

14 Apr

Terima kasih ilmunya Pak.

21 Apr
Balas

Terimakasih ilmunya

14 May
Balas

Terimakasih atas pencerahannya pak...

11 Jun
Balas



search

New Post