Edi Prasetyo

Tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak masih kuliah di IKIP Yogyakarta gemar menulis. Pernah menjadi guru di SMAN 1 Sokaraja, Banyumas 18 tahun, KS SMAN 1 S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Yang Benar Bisikan Apa Bisikkan?

Yang Benar Bisikan Apa Bisikkan?

Kemarin, ada seorang teman bertanya kepada saya. Melalui aplikasi WA, dia menulis, “Pak, penulisan kata yang benar itu bisikan apa bisikkan ya?” Saya pun kemudian menjawab bahwa untuk mengetahui mana penulisan yang benar, harus diperhatikan konteks kalimatnya.

Kedua kata tersebut akan sama-sama benar jika terdapat pada konteks kalimat yang tepat. Kata bisikan berasal dari kata bisik yang kemudian mendapatkan akhiran -an (bisik + an). Sedangkan kata bisikkan berasal dari kata bisik yang kemudian mendapatkan akhiran -kan (bisik + kan). Kata bisikkan merupakan kata kerja.

Penulisan kata-kata tersebut akan benar jika diterapkan pada kalimat sebagaimana contoh berikut:

1. Hendaknya kamu mau mendengarkan bisikan (bukan bisikkan) hati nuranimu.

2. Tolong kamu bisikkan (bukan bisikan) kata-kata yang dapat membangkitkan semangat hidupnya.

Hal serupa juga terdapat pada kata-kata yang lain, misalnya pada kata masukan dengan masukkan dan anggukan dengan anggukkan.

Perhatikan penerapan kata-kata tersebut pada contoh-contoh kalimat berikut:

1. Saya telah menerima banyak masukan (bukan masukkan) dari teman sejawat.

2. Masukkan (bukan masukan) mobil itu ke garasi, Mas.

3. Dari anggukan (bukan anggukkan) kepalanya, aku tahu kalau dia setuju.

4. Cepat anggukkan (bukan anggukan) kepalamu!

Secara sederhana, untuk memahami bagaimana penulisan yang benar atas kata-kata semacam itu, perhatikan saja kata tersebut dimaksudkan sebagai kata kerja atau bukan. Jika dimaksudkan sebagai kata kerja, maka akhirannya -kan bukan -an.

Semoga tulisan sederhana ini ada manfaatnya. Salam literasi! [*]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selalu ada ilmu baru setiap baca artikel Pak Edi. Terima kasih Pak Edi. Sangat bermanfaat

30 Apr
Balas

Alhamdulillah. Syukur jika tulisan ini bermanfaat. Terima kasih kembali, Bu Ratna. Teruslah berkarya.

30 Apr

Mantul Pak Edi. Benar.

21 May
Balas

Manfaat sekali pak. Trima ksih

30 Apr
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih kembali, Bu Wahyuni.

30 Apr

Terima kasih Bapak, ilmunya. Singkat, padat, dan mantap.

20 May
Balas

Terima kasih kembali, Bu Munzuro. Semoga bermanfaat.

21 May

Terimakasih ilmunya, pak Edi. Saya selalu menunggu ilmu dari bapak. Sehat dan sukses selalu untuk bapak, aamiin

30 Apr
Balas

Terima kasih kembali, Bu Yuria. Terima kasih juga atas doa Bu Yuria. Semoga Bu Yuria pun selalu sehat dan sukses.

30 Apr

Terima kasih ilmunya pak Edi, semoga sehat selalu pak.

30 Apr
Balas

Terima kasih kembali, Bu Hasanah. Semoga Bu Hasanah pun selalu sehat.

30 Apr

Nambah lagi ilmu saya, pak . Trims semoga ilmu yg bapak berikan membawa keberkahan

30 Apr
Balas

Alhamdulillah... Syukurlah, Bu. Amin.

01 May

Terimakasih bapak.

27 Jun
Balas

Sangat bermanfaat, Pak. Terima kasih ilmunya. Semoga Bapak sehat selalu. Amin.

30 Apr
Balas

Syukur kalau tulisan ini ada manfaatnya. Terima kasih kembali, Pak Hargo. Semoga Pak Hargo pun selalu sehat. Amin.

30 Apr

Terimakasih pak

30 Apr
Balas

Sama- sama, Bu Marni.

30 Apr

Alhamdulillah, terima kasih sudah berbagi ilmu. Semoga barokah.Salam kenal.

20 May
Balas

Terima kasih kembali, Bu Rosita. Semoga bermanfaat.

21 May

Terimakasih Pak.

01 May
Balas

Terima kasih kembali, Bu Elida. Semoga bermanfaat.

02 May

Terima kasih ulasan dan pencerahannya Pak. Salam Sukses Pak.

08 Aug
Balas



search

New Post