Eko Budiyono

Menulis adalah ketenangan hati. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sholikin Berubah Bentuk
Foto: Dokumen Pribadi

Sholikin Berubah Bentuk

Sholikin Berubah Bentuk

Catatan: Eko Budiyono

Sholikin adalah seorang anak yatim. Ia juga mengalami cacat kaki. Ketika ia jalan, maka kakinya tak bisa tegak sempurna untuk menopang badannya. Setiap hari ia selalu dikucilkan oleh teman bermainnya. Bahkan, anak-anak seusianya seolah enggan untuk didekatinya walaupun sekadar bercanda. Sungguh malang nasib Sholikin. Seolah sudah jatuh dan tertimpa tangga pula.

Kini usia Sholikin sudah hampir 12 tahun, tepatnya 11 November 2022 nanti. Sebagai seorang lelaki muslim, maka ia wajib dikhitan. Melihat kondisi fisik yang tak memungkinkan, seolah tak tega jika ia harus dikhitankan. Namun, sekali lagi sebagai seorang muslim, maka ia harus khitan sesuai syariat Islam.

Masalah muncul tatkala Sholikin harus dikhitan. Selain keadaan fisiknya, masalah biaya khitan menjadi masalah tersendiri. Memang, ekonomi keluarga Sholikin berada jauh dari kata prasejahtera. Jangankan sejahtera, pada tataran prasejahtera saja masih sangat jauh. Namun, niatan orang tua Sholikin untuk mengkhitankannya dikabulkan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Hari ini Rabu Pon tanggal 14 September, Sholikin sudah berhasil menunaikan satu kewajiban bagi seorang muslim laki-laki, yakni khitan. Banyak jalan dan kemudahan yang Allah SWT berikan kepada Sholikin. Buktinya, tenaga medis dari Dusun Pakem, Tanjungharjo, Ngaringan, Grobogan yang mengkhitan Sholikin mau datang ke rumahnya. Beliau berkenan meluangkan waktunya untuk mengkhitan Sholikin dengan biaya yang sangat-sangat murah. Tak hanya itu, biaya khitan Sholikin juga sudah ada yang menanggungnya. Beliau adalah pengusaha konter gawai yang berdomisili di Todanan, Blora. Sungguh Allah SWT sangat memudahkan apa yang menjadi niat baik hamba-hambaNya. Subhanallah.

Terima kasih buat Pak Abdul Wachid (Mantri Kesehatan) dan Pak Eko Santoso (Centro Cell) yang sudah berkenan membantu dengan ikhlas. Semoga amal baik bapak-bapak berdua dibalas oleh Allah SWT.

Selamat buat Sholikin, karena kini sudah berubah bentuk alat kelaminnya (maaf) dan menjadi muslim yang sudah balig. Semoga Tuhan selalu menjaga dan memudahkan urusanmu, Nak. Aamiin. (eb)

Singopranan, 14 September 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

14 Sep
Balas

Semoga Sholikin diberi kekuatan dan ketabahan menjalani hidupnya. Ulasan yang sangat informatif Bapak.

14 Sep
Balas



search

New Post