Elvy Nosvia, S.Kom

Aku Elvy Nosvia, S.Kom bertugas di SMK Negeri 1 Guguk Kab. Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Tidak ada yang akan aku ungkapkan. Karena kedua Orang Tua ku...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kreasi Di Hari Minggu, Peyek Bayam  (T. 206)

Kreasi Di Hari Minggu, Peyek Bayam (T. 206)

Memang, tidak ada waktu yang terbuang, apa lagi di hari Minggu. Sayangkan waktu berlalu tanpa aktifitas yang dilakukan. Hari ini, Minggu 24 Juli 2022 aku beraktifitas dengan kedua anakku. Walaupun mereka laki-laki, namun mereka selalu ingin membantu bundanya bekerja.

Indahnya hari ini. Se indah suasana kedamaian yang dirasakan bersama kedua putraku. Kebetulan sekali di pekarangan rumah disamping tumbuh setumpuk sayur bayam. Di dalam pikiran terlintas dihati membuat peyek bayam. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan untuk kreasi bayam. Apalagi sayur bayam yang tumbuh di samping rumah, tumbuh dengan subur dan daunnya pun lebar-lebar. Memang, bayam hanya paling kita kenal untuk sayur. Nah... Hari ini, aku mau buat kerupuk bayam. Lumayan lah untuk cemilan santai sambil nonton dan teman minum teh.

Yok.., kita buat. Ni resepnya.

Bahan-bahan

100 gram tepung beras

1 sdm tepung tapioka

1 butir telur

Secukupnya garam & kaldu bubuk

Secukupnya air/santan (saya tdk ukur,saya kira2 sampai adonan encer tp bs merekat pd bayam ketika dicelupkan)

Secukupnya minyak untuk menggoreng

1 ikat bayam berdaun besar (petiki daunnya)

Bumbu halus:

1 ruas jari kencur

1/2 sdm ketumbar

3 siung bawang putih

3 butir kemiri

Langkah

1. Cuci bersih daun bayam,tiriskan,sisihkan.

2. Campur tepung beras,tepung kanji,telur & bumbu halus,garam,kaldu bubuk,beri air/santan,aduk sampai jd adonan yg encer.

3. Panaskan minyak goreng,celupkan daun bayam ke dalam adonan tepung,masukkan dlm minyak panas (lakukan sampai habis),goreng sampai peyek matang (kekuningan),angkat tiriskan.

4. Tunggu sampai peyek benar2 dingin baru masukkan kedalam toples kedap udara & peyek bayam yg renyah gurih bs dinikmati kpn saja.

Nah sahabat menulis. Semoga bermanfaat. Payakumbuh, 25 Juli 2022 ko

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post