Endang Mudjiastuti

Salam literasi Saya, Endang Mudjiastuti, tinggal di kota Semarang, sejak 1987. Belajar sepanjang hayat dan tidak mengenal usia. Selalu koreksi diri te...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wisata Religi (3)
Replika Jabbal Rahmah

Wisata Religi (3)

#Tantangan Gurusiana Hari ke-217

Setelah mengunjungi replika Arafah, selanjutnya para tamu bisa menuju ke replika Jabal Rahmah. Jabal rahmah adalah pusatnya padang Arafah, bukit berbatu yang konon merupakan tempat bertemunya Nabi Adam dengan Siti Hawa. Di sini, di Firdaus Fatimah Zahra kita bisa melihat replikanya, bahkan menaikinya sampai di atas.

Selanjutnya adalah replika Jamarat Mina. Pada tanggal 10, 11, 12, 13 Dzulhijah, kenyataannya para jamaah haji melempar jamarat. Di sini juga diperlihatkan replika tempat melempar jamarat tersebut, Dibuat dengan berdiri dan terdapat lingkaran sumur yang mirip aslinya, di dini pula dapat berlatih untuk melempar jumrah.

Selain replika-replika yang sudah dijelaskan di atas, maka di sini juga disediakan toko-toko yang menyediakan souvenir khas Arab Saudi, baik makanan seperti kurma, kacang, kismis dan lainnya juga menyediakan berbagai macam pakaian agamis, mukena, sajadah dan lain-lain.

Tidak kalah menariknya ada pula replika masjid Nabawi di Madinah. Walau tidak terlalu luas, tetapi dengan melihat replika ini, maka para tamu dapat membayangkan betapa indahya masjid Nabawi di Madinah. Masjid Nabawi ini merupakan bagian dari sejarah perkembangan Islam. Di dalam replika masjid Nabawi, para tamu dapat melihat replika Raudhah. Raudhah adalah taman surga, batasnya antara makam Rasulullah dan mimbar Rasulullah. Dengan melihat replika ini, maka para tamu dapat melihat posisi Raudhah di Masjid Nabawi.

Museum yang ada di Firdaus Fatimah Zara inipun, lengkap. Ada dua tempat yang sama menariknya, salah satu berada di luar gedung. Dan satu lagi berada di dalam gedung. Tidak ketinggalan ada deretan pohon kurma yang sengaja ditanam di arena ini, dengan tujuan agar benar-benar menggambarkan suasana yang sesungguhnya. Semoga semua bisa memberikan motivasi untuk dapat melaksanakan ibadah umrah dan haji.

Semarang, 5 Agustus 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

05 Aug
Balas

Makasih bunda Rismalasari. Salam sukses.

06 Aug

Menarik bun..sukses ya

06 Aug
Balas

Luar biasa, reportasenya menarik dan informatif, Bunda. Terima kasih.

05 Aug
Balas

Terima kasih bunda Heni. Sukses buat bunda

06 Aug



search

New Post