EVA SUSWETI,SP.d

Eva Susweti,S.Pd / Ve Malik YH lahir di Penago Limbanang Kec.Suliki Kab. Limapuluh Kota Prov.Sumatera Barat tanggal 11 Juni 1967.Setelah Tamat dari SMA N 2 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kegiatan Muhadaroh Yang Istimewa (219)

Kegiatan Muhadaroh Yang Istimewa (219)

Kegiatan Muhadaroh Yang Istimewa (219)

Ve Malik YH

 

Pada tanggal 05 Agustus 2022 tepatnya hari Jumat kami keluarga besar SMK Negeri 1 Kec.Luak merasa sangat terharu karena pada kegiatan Muhadaroh kali yang sekaligus peringan tahun baru ini ada sesuatu yang berbeda.Kegiatan yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an  dan saritilawah oleh dua orang siswa X Kuliner 1.Alunan ayat suci yang sangat syahdu tersebut menambah rasa syukur para siswa yang begitu antusias mengikuti acara kali ini.Dilanjutkan dengan  ceramah yang disampaikan oleh salah satu siswa berbakat dengan topik "Kewajiban Seorang Anak Pada Orangtua". muslim.Adapun kewajiban anak adalahsebagai berikut:

1. Taat kepada orang tua

Anak wajib menaati orang tua karena dalam banyak hal orang tua yang hidup lebih lama telah memiliki lebih banyak pula pengalaman hidup yang memperkaya kearifan serta kebijakan mereka. Tentu saja anak wajib menaati orang tua dalam hasits dan bukan dalam keburukan atau dalam perkara yang mendurhakai Allah, seperti tertera dalam hadits berikut ini:

“Tidak ada ketaatan dalam mendurhakai Allah. Sesungguhnya ketaatan itu ada hanya di dalam melakukan menangis. ” (HR. Bukhari)

2. Segera datang jika dipanggil

Panggilan orang tua harus dipenuhi oleh anak sesegera mungkin. Kesibukan sehari - hari terkadang membuat anak lupa untuk mengikuti perintah orang tua atau hanya memenuhi panggilan orang tua. Jika orang tua memanggil, tundalah dulu apa saja yang sedang dikerjakan dan mulailah beranjak ke arah mereka dan tanyakan apa keperluannya. Memenuhi panggilan orang tua sesegera mungkin adalah cara menghormati orang tua dengan benar.

3. Menafkahi orang tua jika mampu

Jika ingin mencari cara membahagiakan orang tua , salah satunya adalah dengan menjalankan kewajiban menafkahi orang tua jika anak sudah mampu ekonomi. Salah satu hadits yang menggambarkan pentingnya menafkahi orang tua yaitu:

Kamu dan hartamu milik ayahmu. (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Ada orang yang masih mampu ekonomi, namun itu tidak menjadi rencana anak untuk memberikan sebagian dari tahapannya untuk orang tua sebagai kewajiban anak kepada orang tua dalam Islam.

4. Merawat orang tua

Merawat orang tua yang sudah tua atau menderita sakit adalah kewajiban anak kepada orang tua dalam Islam yang harus dipenuhi. Ketika dewasa, orang tua akan beranjak tua dan mungkin tidak mampu merawat dirinya sendiri. Disinilah perlunya anak untuk menjalankan tugasnya merawat orang tua agar tidak menjadi anak durhaka kepada orang tua . Keutanmaan merawat orang tua referensi dalam hadits berikut:

Sungguh merugi, sungguh merugi, sungguh merugi seseorang yang mendapatkan kedua orang tuanya sudah renta atau salah seorang dari namun tidak dapat masuk surga. ” (HR. Muslim)

5. dengan lembut lembut

Adab terhadap orang tua yang benar adalah berbicara dengan lembut dan sopan, hal ini sudah menjadi kewajiban anak kepada orang tua dalam Islam. Bahkan Anda bisa sesekali menyelipkan kata mutiara untuk orang tua agar mereka senang dan merasa senang dengan Anda sebagai anak. Selain itu, kebiasaan berbicara dengan lembut akan menjadi cara menghargai orang lain dengan cara yang baik dan benar.

6. Menghormati orang tua

Kewajiban anak untuk menghormati orang tua juga harus dilakukan dengan benar. Misalnya, tidak bersikap buruk kepada orang tua, mempertimbangkan cara menjaga perasaan mereka seperti kita tahu cara menjaga perasaan orang lain dengan perbuatan yang baik dan tidak menyinggung orang tua. Hal itu termasuk tidak mencela orang tua dan tidak mengizinkan orang lain mencela orang tua pula.

7. Menjauhkan hal yang tidak melayani orang tua

Sebagai anak tentu kita melihat hal apa saja yang masuk orang tua dan apa yang tidak masuk oleh mereka untuk kita lakukan. Jika bisa, janganlah anak melakukan hal yang tidak masuk orang tua atau hal yang tidak masuk orang tua tersebut. Cobalah cara menjaga kesehatan hati agar selalu melakukan hal yang diridhai orang tua.

8. Mendoakan orang tua

Sebagaimana orang tua selalu mendoakan anak - anaknya, maka anak pun wajib mendoakan orang tua setiap saat untuk memiliki orang tuanya. Kewajiban mendoakan orang tua foto dalam Al Qur'an yaitu:

“Wahai Tuhanku kasihanilah orang tuaku memanjakan mereka mengasihani aku sewaktu aku kecil” (QS. Al - Israa: 24)

9. Memenuhi kebutuhan orang tua

Tidak hanya menafkahi orang tua jika mampu, anak juga berkewajiban memenuhi kebutuhan orang tua, hal ini juga merupakan salah satu kewajiban anak terhadap orang tua setelah menikah , terutama kewajiban laki - laki setelah menikah dengan orang tuanya.

10. Meminta izin dan restu dari orang tua

Izin dari orang tua sangat penting bagi seorang anak, karena melalui izin yang diberikan itu berarti orang tua juga memberikan ridho dan doanya kepada sang anak untuk melakukan hal tersebut. Pentingnya meminta izin orang tua terlihat dari hadits yang menceritakan seorang laki - laki yang akan pergi berjihad dan bertanya kepada Rasulullah apakah dia bisa ikut untuk berjihad. Lalu Rasulullah bertanya apakah dia masih memiliki orang tua, dan ketika dijawab masih, maka Rasulullah menyuruhnya berjihad dengan cara berbakti kepada kedua orang orang tuanya.Dengan gayanya yang ringan dan begitu percaya diri,penyampaian isi ceramah begitu mengena dan membuat para pendengar semakin antusias.Gaya bicaranya seakan akan mengajak para pendengar untuk mengiyakan apa yang disampaikan penceramah berbakat tersebut.

Kemudian bapak Kepala Sekolah Drs.Idil Wahdi ,M.Pd dalam kesempatan itu juga menekankan pada semua siswa agar selalu menghormati orang tua dan  para guru.Birrul Walidain (Arab: بر الوالدين) adalah bagian dalam etika Islam yang menunjukan kepada tindakan berbakti (berbuat baik) kepada kedua orang tua. Yang mana berbakti kepada orang tua ini hukumnya fardhu (wajib) ain bagi setiap Muslim, meskipun seandainya kedua orang tuanya adalah non muslim.Dilanjutkan ceramah oleh Ustadz Refki,S.ag tentang perayaan tahun baru Islam bertajuk "Hijrah"

Selanjutnya acara yang ditunggu tunggu yaitu pengucapan selamat pada Tim Lomba Cerdas Qur'an yang diadakan Padang TV.Alhamdulillah walaupun menyabet Juara 3.Kami semua warga sekolah sangat terharu dan berbahagia karena tim dari SMK Negeri 1 Luak merupakan satu satunya sekolah kejuruan yang  bisa bertarung menghadapi sekolah /pesantren sekelas ICBS(Insan Cendekia Boarding School)Dengan uforia yang sangat menyentuh kami memberi ucapan selamat dan para anggota Tim terdiri dari ananda Fajri,Irfan dan Zahra digratiskan biaya sekolah selama setahun.Banyak yang meneteskan airmata haru pada kesempatan yang membahagiakan itu.Kegiatan Muhadaroh  dan perayaan. tahun baru Islam yang begitu membahagiakan dan sangat berkesan.Moga ditahun tahun berikutnya semakin banyak anak anak yang cerdas Al Qur'an.

 

Nayanika,20220608/T.269H219

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen reportasenya, Bunda. Salam literasi

06 Aug
Balas

Makasih ak Dede..Moga kita semua sehat ya..salam literasi.

07 Aug

Makasih ak Dede..Moga kita semua sehat ya..salam literasi.

07 Aug

Makasih ak Dede..Moga kita semua sehat ya..salam literasi.

07 Aug

Makasih ak Dede..Moga kita semua sehat ya..salam literasi.

07 Aug

Reportase yang keren bunda

06 Aug
Balas

Makasih bu Sofia.Salam sehat salam literasi

07 Aug

Reportase yang sangat informatif Bunda Eva, salam sehat dan bahagia selalu.

06 Aug
Balas

Makasih selalu berkunjung bu Libe..salam sukses selalu..

07 Aug

Makasih selalu berkunjung bu Libe..salam sukses selalu..

07 Aug

Makasih selalu berkunjung bu Libe..salam sukses selalu..

07 Aug



search

New Post