Fitria Nur R

Kepala Sekolah SMP IT AL HANIF Cianjur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pertemuan Suguhkan Penguatan

Pertemuan Suguhkan Penguatan

#TMG_12

Pertemuan Berikan Penguatan

Penguatan Komite Pembelajaran di Bulan April kali ini dirasa berbeda. Bulan Ramadan tak menghalangi aktivitas kami tuk mengikutinya. Pertemuan PMO (Project Management Office) adalah suatu kegiatan yang kami nanti. Bukan tanpa alasan, pengecasan setiap bulan ini kan menambah amunisi kami untuk berkolaborasi satu sama lain.

Pertemuan kali ini membahas tentang Peningnya Refleksi Demi Peningkatan Profesionalitas Pendidik dan Peserta Didik. Seragam baru yang kami pakai menambah semangat meniti hari dengan pasti. Kami kupas modul dan melahap habis Lemba Kerja yang telah disediakan.

Hal yang paling seru adalah manakala kami terbagi menjadi empat kelompok terpisah. Bergabung bersama enam sekolah penggerak dalam satu kelas, kami menyusun LK dan mendiskusikan serta mempresentasikannya.

Refleksi adalah memikirkan ulang proses apa yang membuat kegiatan belajar. Apa yang telah dilakukan komunitasnya. Sudahkah berhasil atau belum dan bermanfaat untuk bahan pembelajaran bagi rekan komunitas mengenai apa saja yang berhasil dan yang tidak dalam mengaplikasikan pembelajaran yang dilakukan.

Bagi kami, jurnal muhasabah sangat diperlukan dalam merefleksikan diri setiap hari.

Alur refleksi memiliki beberapa ragam diantaranya 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan ke depan). Ada pula metode 4F (Fact, Feeling, Finding, Future). Pun demikian dengan metode DEAL diawali dengan kalimat pemantik di awal tentang refleksi diri.Pun demikian dengan teknik 6 Topi yang diawali dengan hikmah apa yang bisa dipetik, perasaan tentang kegiatan, hal yang paling menyenangkan, hambatan yang dilalui, menceritak ide yang muncul, dan diakhiri dengan simpulan dari kegiatan yang dilakukan.

Bukan hanya itu, terdapat pula Reflective Story Board yang menggambarkan perasaan dan hikamh yang dipetik dari kegiatan yang dilakukan di atas papan cerita refleksi. Begitupun dengan teknik 4C ( Connection, Challenge, Concept, Change) yang menceritakan tentang ketrkaitan antar materi dengan peran yang diampu, melihat tantangan dan perbendaan antara materi yang diberikan , memiliki konsep atas kegiatan dan diakhiri dengan perubahan apa yang terjadi setelah mengikuti kegiatan.

Paling unik adalah ketiga model segitiga disuguhkan dalam refleksi. Menuliskan apa yang terjadi dalam gambar empat segitiga yang telah digabungkan. Teknik Model Driscoll itu menemukan pengalaman, perasaan, dan mencari hal yang baru serta mendesiminasikan kepada yang lain. Begitupun dengan model 4MAT yang menceritakan pengalamn yang telah dilakukan serta mendeskripsikan dan mencari hal yang belum diketahui untuk diimplementasikan di masa yang akan datang.

Di penghujung waktu, sepuluh menit sebelum pulang, Pelatih Ahli bersama salah satu teman KS kami membuat surprise kecil untukku. Berbarengan dengan milad, mereka suguhkan ucapan yang mengejutkan. Terima kasih teman-teman hebat, apresiasi yangdiberikan adalah rasa perhatian yang dirasakan. Hatur nuhun.

Semoga pertemuan ini mengikat dan mempererat para PMO untuk lebih menggeliat dan bersemangat menyusuri perjalanan panjang Program Sekolah Penggerak. Semoga Allah berkahi langkah kami. Izinkan kami mengabdi untuk negeri dengan cara kami.

Cianjur, 14 April 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post