Fitria Nur R

Kepala Sekolah SMP IT AL HANIF Cianjur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Selebrasi Melahirkan Pergerakan, Menggerakan Hati Menjadi Tergerak

Selebrasi Melahirkan Pergerakan, Menggerakan Hati Menjadi Tergerak

Menjadi bagian dari dinamika Program Sekolah Penggerak (PSP) adalah sebuah anugerah bagi kami. Betapa tidak, bersama PSP kami diajak untuk bergerak, tergerak, dan menggerakan. Percepatan pengembangan diri terasa meningkat, pergerakan putra-putri kami lebih menggeliat, inovasi dari guru-guru kami meruah dan melimpah. Warga sekolah secara keseluruhan tak ada yang diam, sibuk dengan tugas pokok masing-masing. Bagi kami, PSP berikan kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri.

Berjalan tujuh bulan, PSP menjembatani kami mencurahkan gagasan dan pembaharuan. Tantangan yang kami hadapi menjadi peluang yang kami miliki. Terjalnya jalan yang kami lalui, menjadi keseruan tersendiri bagi kami lewati. Iya, bersama komite pembelajaran, komunitas praktisi, pelatih ahli, dan pemangku kepentingan, kolaborasi terjalin indaj meruqh berkah. Sinergi tercipta, saling melengkapi terasa, bahkan saling mengoreksi menjadikan iklim lebih hangat di lingkungan kami. Tepat di tanggal 22 April 2022 bersamaan dengan penutupan pengajian dan seluruh rangkaian kegiatan di sekolah kami, selebrasi dan refleksi projek mata pelajaran sekolah kami laksanakan. Bagian dari bersyukur kami kepada Ilahi atas kesempatan yang diberi, selebrasi ini sengaja kami hadirkan para pemangku kepentingan dari jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bersama Dewan Pendidikan Cianjur. Haru menyeruak manakala para sahabat antar kepala sekolah dan guru penggerak hadir memberikan semangat bagi kami.

Selebrasi ini adalah bagian dari puncak proses belajar mengajar dengan paradigam baru di sekolah kami. Ini adalah selebrasi kedua kami, setelah selebrasi perdana projek profil pelajar pancasila.

Kali kedua ini kami suguhkan selebrasi projek mata pelajaran di sekolah kami.

Mengapa selebrasi menjadi bagian penting bagi kami, karena di dalamnya terdapat beberapa hal, diantaranya:

1. Menerapkan pembelajaran paradigma baru, melalui pembelajaran berdifferensiasi dan pembelajaran sosial emosional.

Kesiapan belajar setiap siswa berbeda, bukan hanya minat, bakat dan gaya belajarnya, sehingga perlu difasilitasi oleh guru.

Siswa diberi kesempatan untuk mencari sebanyak -banyak sumber belajar untuk memperoleh pengetahuan baru _(bernalar kritis)_ dan guru hanya sebagai fasilitator yang memastikan bahwa siswa dapat mencapai hasil belajar sesuai dengan fase dan capaian pembelajaran nya.

Serta siswa dapat pula Mewujudkan hasil pemahamannya dalam bentuk peta konsep dan atau mind map.

2. Kolaborasi dan Proses pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Pentingnya keterampilan bekerja dalam kelompok akan membentuk kolaborasi indah, dengan isi kepala yang berbeda-beda pula, siswa harus bisa mengambil keputusan ide siapa danide mana yg akan diambil sekaligus melatih jiwa kepemimpinan siswa.

3. Bentuk evaluasi yg bervariasi (tidak hanya sumatif). Produk yg ditampilkan bukanlah penentu nilai akhir siswa, proses belajarnya lah yang menjadi poin penting untuk bagaimana siswa dapat mengatur dan mengelola dirinya dalam kelompoknya sehingga bisa memperoleh pengetahuan baru dalam bentuk karya yang dipajang saat ini.

4. Selalu mengedepankan kearifan lokal, _think globally, act locally_

5. Selebrasi bukan hanya untuk siswa sasaran kelas 7, namun untuk semua siswa siswi SMP IT AL-HANIF.

6. Sesuai dengan buku panduan modul sekolah penggerak bahwa bentuk evaluasi atau asesmen bisa melalui pameran karya yang sekarang sedang kami lakukan saat ini dengan melibatkan berbagai forum pemangku kepentingan (siswa, guru, kepala sekolah komite sekolah sbg perwakilan orang tua dan pemerintah atau pejabat terkait seperti dinas pendidikan, dll)

Teruntuk guru-guru tangguh dan anak-anak kreatif kami, terima kasih atas dedikasi yang diberi, semoga ini menjadi langkah gemilang menuju hari lebih cemerlang.

Kepada seluruh pihak, Ketuq Yayasan, para kepala unit kerja di YPI Al Hanif, para guru dan pihak yang terlibat langsung dalam proses selebrasi ini, kami haturkan terima kasih. Semoga Allah melipatgandakan pahala serta berharap kegiatan ini bernilaikan ibadah di bulan berkah.

Semoga Allah berkahi langkah ini.

Izinkan kami mengabdi untuk negeri dengan cara kami.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

25 Apr
Balas



search

New Post