Gunawan Sinulingga, S.Pd, M.Or

Inisiatif, Kreatif dan Percaya Diri Merupakan motto saya untuk menjadi sukses...

Selengkapnya
Navigasi Web
Indikator untuk Pelatihan Sukses

Indikator untuk Pelatihan Sukses

Kemenangan merupakan aspek pelatihan yang sukses. Tapi sukses dalam pelatihan jauh lebih baik dari turnamen yang tujuannya hanya untuk menang. Pelatih sukses membantu atlet menguasai keterampilan, menikmati bersaing dengan orang lain, dan mengembangkan diri. Pelatih yang sukses tidak hanya fasih dalam keterampilan teknik dan taktik cabang olahraganya, tetapi juga tahu bagaimana untuk mengajarkan keterampilan ini untuk atlet. Dan pelatih yang sukses tidak hanya mengajarkan atlet keterampilan olahraga, mereka juga mengajar dan model keterampilan atlet butuhkan untuk hidup sukses dalam masyarakat. Pelatihan memang mengajar, tetapi juga lebih dari pada itu. Pelatih tidak hanya mengajari dan membimbing atlet teknik, taktik, dan keterampilan hidup, pelatih juga mengatur dan mengarahkan atlet untuk berprestasi.

Menjadi pelatih yang sukses merupakan tantangan besar, niat baik saja tidak cukup untuk menjadi sukses, perlu membutuhkan semua pengetahuan. Pelatih juga dapat belajar banyak dengan menonton dan berbicara dengan pelatih lain. Mereka dapat mengajarkan praktek pelatihan yang efektif dan tidak efektif. Dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar dalam pelatihan, pelatih akan berada di posisi yang lebih baik untuk membuat perbedaan itu. Pelatih juga akan belajar dari pengalaman sendiri, ketika melatih, menguji pengalaman secara berkala dan berpikir tentang apa yang dipelajari. Apa yang dapat dilakukan secara berbeda untuk pelatih lebih berhasil, pelatih yang sukses adalah mereka yang dapat belajar keterampilan baru, yang cukup fleksibel untuk mengubah cara-cara lama ketika perubahan yang dibutuhkan, yang bisa menerima kritik konstruktif, dan yang kritis dapat mengevaluasi diri.

Seperti yang dituangkan dalam sebuah buku karangan Rainer Martens (2012:465), dalam pelaksanaan pelatihan yang sukses maka seorang pelatih harus mengetahui prinsip-prinsip dalam proses pelatihan berlangsung sebagai berikut :

1. Mengembangkan Filosophy Pelatihan

2. Menentukan Tujuan Pelatihan

3. Gaya Pelatihan

4. Mengembangkan pelatihan Karakter

5. Pelatihan untuk Atlet Beragam

6. Komunikasi efektif dengan Atlet

7. Memotivasi

8. Mengelola Tingkah Laku Atlet

9. Pelatihan pendekatan Permainan

10. Pelatihan Ketrampilan Teknik

11. Pelatihan Ketrampilan Taktik

12. Program Latihan

13. Pelatihan Fisik

14. Pelatihan Kebugaran Jasmani

15. Pelatihan Kekuatan Otot

16. Pelatihan Ilmu Gizi olahraga

17. Pendidikan Narkoba

18. Mengelola Hubungan

19. Mengelola Kerja Sama

20. Mengelola Cedera Olahraga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

13 Jun
Balas

Terima kasih pak

14 Jun



search

New Post