Hanifatul Susmiyah

Mengajar di SDN Tanggul Kulon 01 Tanggul Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengatasi Emosi

Mengatasi Emosi

Emosi yang tidak bisa di kontrol dapat menyebabkan berbagai reaksi psikis dan fisik yang berdampak kepada penyakit. Contoh riwayat darah tinggi, dengan emosi yang naik justru akan membuat kondisi darah tinggi semakin meningkat dan akhirnya timbullah stres

Karena itu sangat penting untuk mengatasi emosi di saat kondisi memuncak, hal ini untuk mencegah terjadinya situasi yang tidak baik bagi diri sendiri. Beberapa alasan mengapa emosi perlu dikendalikan yaitu:

~ Menghindari berbagai penyakit

Salah satu dampak emosi yang tidak terkendali adalah dapat menyebabkan penyakit datang kepada diri sendiri. Seperti darah tinggi, sesak nafas, jantung berdebar, keringat dingin dan asam lambung meningkat.

Apabila kondisi emosi tidak bisa dikontrol maka bisa jadi penyakit yang ada dalam tubuh semakin serius dan berdampak pada kondisi lainnya.

~ Meningkatkan kecerdasan emosional

Selanjutnya yang menjadi alasan mengapa emosi perlu dikendalikan adalah dimana pengendalian emosi mampu meningkatkan kecerdasan emosi diri. Dengan membiasakan diri dalam mengontrol emosi dan juga dalam mengendalikan emosi, maka kecerdasan seseorang bisa mengningkat. Dimana kecerdasan emosional sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali, mengelola dan mengendalikan emosi yang dimiliki.

~ Menjauhkan dari hal buruk

Banyak orang telah mengetahui berbagai hal buruk atau kemungkinan buruk yang akan terjadi akibat dari ketidakmampuan untuk mengontrol emosi dalam diri. Karena bisa jadi seringnya melakukan tindakan yang membuatnya emosi akibat dari lingkungan sekitar juga yang mempengaruhinya atau faktor lain.

Karena dari itu jangan biarkan berbagai hal atau kemungkinan buruk terjadi pada diri Anda karena kurangnya mengontrol emosi.

~ Pikiran dan hati lebih tenang

Alasan mengapa emosi perlu dikendalikan lainnya adalah membuat pikiran dan jiwa jauh lebih tenang. Emosi yang meningkat tentu saja dapat membuat perasaan menjadi kalut, cemas, panik dan tidak bahagia.

Karena itu hindari dan cegah emosi dengan melakukan kegiatan yang sukai, atau pada saat emosi segeralah mencuci muka agar emosi bisa dikendalikan.

~ Menghindari pertikaian

Pentingnya mengontrol emosi juga menghindari diri dari pertikaian, pertengkaran, cek cok dan sebagainya. Karena umumnya orang yang sudah emosi pasti akan gelap mata dalam artian lupa segalanya. Saat emosi juga orang akan sulit mengontrol sehingga ia tidak tahu apa yang sudah ia lakukan.

Mereka akan sadar setelah kejadian emosi mereda, tentu saja apabila sampai membahayakan orang lain hal tersebut tidak bisa didiamkan begitu saja.

~ Mencegah menyakiti perasaan orang lain

Penting juga dalam mengendalikan emosi adalah menghindari dari menyakiti perasaan orang lain. Emosi bisa ditunjukkan dari lisan dan tindakan, apabila emosi dari lisan tentu saja bisa menyebabkan orang lain menjadi marah dan juga kecewa.

Karena itu timbul adanya pertikaian atau cek cok mulut. Sebaiknya lampiaskan kemarahan dengan tindakan lain yang tidak melibatkan orang lain.

Demikianlah beberapa alasan dan penjelasan mengapa emosi perlu dikendalikan. Semoga bisa dijadikan sebagai manfaat juga ilmu dalam mengendalikan emosi yang bisa berdampak buruk.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih tulisannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

04 Oct
Balas

Sama2.... makasih hadirnya... salam santun

04 Oct

Bagus banget ide tulisannya Bu. Menginspirasi diri. Terima kasih Bu Hanifa. Sukses selalu.

05 Oct
Balas

Sama2.... makasih hadirnya.... salam santun

05 Oct

Terimakasih Bun, mantap ulasannya.. menghindari emosi sama dengan menghindari penyakit ya Bun. Salam literasi

04 Oct
Balas

Sama2... makasih hadirnya...salam santun

05 Oct

Ulasannya lengkap dan bermanfaat... Trims bun... Salam sukses

04 Oct
Balas

Sama2... makasih hadirnya

05 Oct

Keren bu... Sangat bermanfaat tulisannya... Salam sukses selalu...

04 Oct
Balas

Makasih hadirnya...salam santun

05 Oct

Semoga mampu mengendalikan emosi yang berdampak buruk...terimakasih sudah berbagi, ulasan yang sangat bermanfaat bunda..salam sukses

04 Oct
Balas

Aamiin..., makasih hadirnya....salam santun

05 Oct

Mantab ulasannya bu..sukses selalu

04 Oct
Balas

Makasih hadirnya.... salam lietrasi

04 Oct

Ulasan yg sangat bermanfaat Bu

04 Oct
Balas

Makasih hadirnya Tadz...salam santun

05 Oct



search

New Post