heny retna anggraeny

Heny Retna Anggraeny, lahir di Malang, 10 November 1990. Guru MTs Negeri 2 Jember, Menulis adalah Cita-cita yang baru terealisasi dan semoga termasuk generasi...

Selengkapnya
Navigasi Web
BATAGOR 3RUT SMP 7 MOOD BOOSTERKU

BATAGOR 3RUT SMP 7 MOOD BOOSTERKU

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, cemilan pengganjal perut sementara pengganti nasi bagi banyak kalangan. Batagor merupakan salah satu cemilan yang murah meriah dan banyak dijumpai di gerobak kaki lima hampir setiap sudut kota Jember ini. Kini, hampir setiap kalangan menyukai kudapan yang memiliki rasa gurih ini.

Awal mula batagor ini dibuat sebagai kudapan khas masyarakat Bandung dan sekitarnya, lalu berhasil dikembangkan hampir di setiap wilayah Indonesia, terutama masyarakat Jember. Masyarkat Jember yang identik dengan budaya “pandhalungan” hasil akulturasi budaya Jawa dan Madura. Selain kedua budaya ini, Jember juga dihuni pendatang dari beragam suku termasuk dari Sunda. Rata-rata beberapa pendatang dari suku Sunda mengelola bisnis kudapan atau makanan khas daerah mereka, salah satunya Batagor. Bagi masyarakat Jember telah mengenal batagor sebagai salah satu kudapan yang laziz “lezat abiz” karena bahan yang terjangkau dan mudah dibuat oleh siapapun. Namun, apakah batagor juga memiliki sejarah yang menarik? Tentu Batagor memiliki sejarah yang menarik perhatian bagi pecinta kudapan lezat ini.

Batagor berasal dari akronim Baso Tahu Goreng yang telah mengadaptasi kudapan hasil akulturasi budaya etnis Tionghoa-Indonesia dan disesuaikan dengan selera masyarakat Indoensia dengan tambahan saus bumbu kacang, kecap dan bumbu lain sebagai topping. Tahukah Anda batagor tidak sengaja diciptakan salah seorang perantau dari Jawa Tengah bernama Muhammad Ihsan kamil pada tahun 1963 yang sedang mengadu nasib berjualan bakso di Kota Kembang Bandung. Hampir setiap hari, dagangan baksonya tidak habis terjual, sehingga ia harus memutar otak untuk mengolah adonan bakso menjadi makanan yang laziz atau enak disantap di segala situasi. Suatu hari, ia memiliki ide mengolah baso tahu menjadi sebuah kudapan yang tren dengan julukan batagor dan dibagikan kepada tetangga sekitar. Alhasil, mereka merasa ketagihan menikmati kudapan sederhana yang terbuat dari tahu goreng ini. Pada akhirnya, ia berhasil memproduksi batagor setiap hari hingga “banjir” pesanan batagornya dan sekarang dikenal banyak kalangan khususnya masyarakat Jember, sebagai kudapan lezat yang cocok dinikmati dengan cocolan saus kacang ini. Singkatnya, batagor menduduki tren kudapan lezat yang mudah dibuat siapapun dan mudah dijumpai disetiap penjuru kota.

Namun, batagor yang dikembangkan di kota Jemberku ini memiliki keunikan rasa gurih dan legit membuat setiap pecinta kudapan ketagihan menikmati kelezatannya. Meskipun harganya receh, tetapi rasa batagor yang satu ini cukup layak dinikmati. Berbeda dengan batagor lain dari gerobak kaki lima yang dijual umumnya, batagor yang terletak di depan SMPN 7 Jember bernama 3 RUT ini menjadi primadona pecinta kudapan. Jika musim sekolah, sebagian besar siswa yang bersekolah di sekitar wilayah Slawu berburu batagor ini, tidak hanya dari siswa SMP 7 saja tetapi siswa dari sekolah lain juga sengaja jauh-jauh berburu kudapan nan lezat ini. Meskipun berada ditepi Jalan Cendrawasih No. 22 Puring Slawu Jember, para penikmat kudapan juga tidak segan memborong dan dibagikan kepada rekan atau saudara mereka karena rasanya yang nikmat, gurihnya baso tahu berpadu dengan saos kacang yang nikmat menjadi ciri khas batagor ini.

Selain para siswa, beragam kalangan dari ibu rumah tangga, guru, pegawai pemerintahan, maupun buruh, termasuk saya sengaja berburu batagor di depan SMP 7 ini. Bagi mereka, rasa batagor ini berbeda dengan batagor pada umumnya. Batagor ini memiliki nama di gerobaknya yaitu 3 RUT. Lokasi gerobak batagor ini tidak jauh dari tempatku mengajar yaitu MTsN 2 Jember membuatku kenal dengan penjualnya. Bahkan tidak segan bagiku menanyakan sejarah berdirinya batagor ini.

Menurut informasi yang saya dapat, batagor ini awalnya berdiri sejak tahun 2018 dan memiliki dua cabang yaitu di depan stadion Notohadinegoro Patrang dan depan SMPN 7 Jember. Namun, seiring bertambahnya waktu, pemilik batagor mengembangkan sayap dengan menambahkan kudapan lain yang juga tak kalah enak yaitu “cimol” dan “piscok/ pisang coklat”. Pemilik batagor ini berasal dari Cimahi Jawa Barat yang merantau di Jember dan mengembangkan bisnis kuliner berupa kudapan “Batagor” ini. Hampir setiap pembeli yang membeli batagor di tempat ini merasa ketagihan dengan rasanya yang nikmat menggugah selera makan mood booster karena rasa gurih olahan tahu dan aci berpadu dengan nilkmatnya saus kacang dan sambal yang menggoda lidah setiap penikmatnya. Kenikmatan batagor di tempat ini tidak tertandingi, sehingga membuatku selalu merasa mood kembali normal. Seringkali, juga aku dititipi teman guru yang ingin menunda lapar dengan menikmati seporsi kudapan batagor yang terjangkau di kantong dan banyak isinya ini. Alhamdulillah, hampir setiap pembeli termasuk aku merasa bersyukur dan bahagia menikmati makanan ini hingga tak tersisa alias ludes tanpa menunggu waktu yang lama untuk menghabiskan seporsi batagor. Pengalamanku menikmati kudapan batagor 3 RUT di depan SMP 7 yang tergolong kudapan sederhana, murah, dan mengenyangkan ini semoga dapat dijadikan referensi kudapan receh yang rasanya gak recehan dan wajib dicoba penikmat kuliner Jember dan sekitarnya.

Kampung kuliner, 19 Juli 2022

Biodata Penulis

Heny Retna Anggraeny, lahir di Malang, 10 November 1990. Guru MTs Negeri 2 Jember, Menulis adalah Cita-cita yang baru terealisasi dan semoga termasuk generasi melek literasi.

CP: 081334540308

Email : [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post