Hermiza Akmal, S.Ag

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Hanya Akhlak, Bisa Bahagiakan Orang Lain

Hanya Akhlak, Bisa Bahagiakan Orang Lain

Hanya Akhlak, Bisa Bahagiakan Orang Lain

By. Hermiza Akmal

MAN 3 Kota Padang Panjang

Nabi kita Muhammad Saw menyatakan maksud kedatangannya ke alam dunia ini, sabdanya berbunyi

اِنَمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِمَ مَكَارِمَ الْأَخْلاَقِ

Artinya:Sesungguhnya Aku (Muhammad) diutus Allah hanyalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. (HR.Ahmad)

Tiga belas tahun lamanya Nabi Muhammad Saw di Mekkah menjelaskan tujuan hidup dan menegakkan sesuatu yang dapat membentuk akhlak, itulah yang terkenal dengan kalimat Tauhid (Meng-Esakan Allah). Ajaran Tauhid inilah yang akan menuntun setiap insan beriman untuk senantiasa menjadikannya dasar akhlak.

Manusia di abad modern ini sudah banyak mengalami kerusakan jiwa karena kehilangan kesadaran tentang tujuan hidupnya. Seyogyanya insan beriman berpegang teguh dengan pedoman hidupnya (Al-Quran) yang berisi pesan-pesan akhlak yang mulia dari Sang Penciptanya Yang Maha Tahu yang terbaik untuk kehidupannya di dunia dan akhirat kelak.

Akhlak adalah barometer baik atau tidaknya seseorang. Sebab, akhlak adalah gambaran agama dan iman. Seseorang yang senantiasa memperbaiki akhlaknya, maka baik pula agamanya. Sebaliknya, ketidakpedulian seseorang akan masalah akhlak merupakan indikasi akan kelemahan agama dan keimanannya. Seseorang yang jelek akhlaknya, maka jelek pula agamanya.

Oleh sebab itu, sebagai anak yang baik, bahagiakanlah orangtuamu dengan akhlak baikmu. Orangtuamu akan bahagia jika anaknya menghormatinya dan memperlakukannya dengan penuh kasih sayang, orangtuamu tidak akan menuntut sesuatu yang akan menyusahkanmu karena orangtuamu ingin melihat anaknya hidup dalam kebahagiaan.

Sebagai siswa yang baik, bahagiakanlah gurumu dengan akhlak baikmu. Gurumu akan bangga memiliki siswa yang tahu tata krama dan adab sopan santun dalam kehidupan. Gurumu akan bahagia, jika kamu menjadi orang yang sukses secara duniawi dan ukhrawi. Ketika kamu berhasil menjadi orang yang kaya secara materi, gurumu tidak akan meminta balas jasa dari pengorbanannya yang telah mengantarkanmu dari banyak hal yang tidak kamu ketahui menjadi orang yang berilmu, berwawasan luas, dan berketrampilan yang memadai.

Sebagai suami yang baik, bahagiakanlah istrimu dengan akhlak baikmu. Istrimu akan bangga memiliki suami yang menghargainya dan mengayominya. Istrimu akan mendo’akanmu untuk kesuksesan hidupmu, baik kehidupan dunia maupun akhirat. Istrimu tidak akan menuntut sesuatu di luar kesanggupanmu karena dia tidak ingin menyusahkanmu.

Semoga kita semua, diberi keindahan akhlak dan dapat berhias dengannya karena hanya akhlak yang bisa membahagiakan orang lain, bukan harta yang banyak, bukan pula jabatan tinggi yang disandang, bukan juga pada sederetan gelar yang menempel pada nama, dan bukan juga karena kecantikan atau ketampanan yang pada dasarnya sudah mendapat bersih dari Allah Swt.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barakallah bun.. tulisan penuh dengan nasehat. Sehat dan sukses selalu buat bunda

05 Jul
Balas

Aamiin. Alhamdulillah. Terima kasih doa & supportnya bu Safinah.

05 Jul

MasyaAllah.. Benar-benar menginspirasi.. Terima kasih atas nasihat-nasihat yang menyentuh Qolbu.

28 Jun
Balas

Alhamdulillah, sama-sama, terima kasih kembali atas supportnya pak Ari.

29 Jun

Alhamdulillah, terimakasih banyak ilmunya bu

27 Jun
Balas

Alhamdulillah, sama-sama, terima kasih kembali atas supportnya bu Nel.

29 Jun

Terima kasih atas pencerahannya, Bu Iza..

30 Jun
Balas

Alhamdulillah. Sama-sama, terima kasih juga supportnya bu Wati.

30 Jun

Mantap bu..sangat sependapat..salut artikel dengan sentuhan religinya

29 Jun
Balas

Alhamdulillah, terima kasih supportnya pak. Salam hormat pak.

30 Jun

Maa Syaa AllohKarya yang mahal, pencerahan yang melangitMaaf saya baru sempat berkunjung, agak repot Bun, tugas dari skl menggunung. Saya tumbang di hati 122Sukses selalu, BundaqSemangat terus berkarya, Barokallohu

27 Jun
Balas

Alhamdulillah, sama-sama, terima kasih kembali atas do'a & supportnya bu Yiyis. Aamiin ya Rabb.

29 Jun

Terima kasih atas pencerahannya, Siip Bu. Sukses selalu.

04 Jul
Balas

Alhamdulillah, terima kasih supportnya bu Sri. Aamiin.

05 Jul

Alhamdulillah..kemanapun pergi..akhlak dan budi yg dicari .ya kan bu

27 Jun
Balas

Alhamdulillah, betul bu Epa, terima kasih atas supportnya bu Epa.

29 Jun

Alhamdulillah..kemanapun pergi..akhlak dan budi yg dicari .ya kan bu

27 Jun
Balas

Alhamdulillah, betul bu Epa, terima kasih atas supportnya bu Epa.

29 Jun

Alhamdulillah..kemanapun pergi..akhlak dan budi yg dicari .ya kan bu

27 Jun
Balas

Alhamdulillah, betul bu Epa, terima kasih atas supportnya bu Epa.

29 Jun

Mudah-mudahan akhlak masih menjadi barometer dalam pergaulan.

27 Jun
Balas

Iya bu Mursyidah, terima kasih bu.

29 Jun

Amazing... Jumat berkah dg tausiyah menggugah...

26 Jun
Balas

Alhamdulillah, syukran supportnya bu Nurhusna

26 Jun

Alhamdulillah.. Terima kasih tausiahnya buk..semoga kita memiliki akhlak yang baik dalam setiap jengkal langkah kehidupan kita aamiin..

26 Jun
Balas

Sama-sama, terima kasih juga supportnya buk Era. Aamiin.

26 Jun

MaaSyaALLAH, TabarokALLAH, Alhamdulillahi Robbil'Alamin. Syukron, Jazaakillah Khairon Ibuk

26 Jun
Balas

Alhamdulillah, syukran do'a & supportnya buk Susi. Aamiin ya Rabb.

26 Jun

Lh rindu bliak jo petuah dan nasehat nyo ibuk..

26 Jun
Balas

Alhamdulillah, lai suko juo buk Yen jo tulisan ibuk. Terima kasih supportnya buk Yen.

26 Jun

Lh rindu bliak jo petuah dan nasehat nyo ibuk..

26 Jun
Balas

Alhamdulillah, lai suko juo buk Yen jo tulisan ibuk. Terima kasih supportnya buk Yen.

26 Jun

Alhamdulillah! Terima kasih ilmunya buk!, tetapi, kenapa bulan ini tulisan Ibuk tidak bisa saya ikuti?

26 Jun
Balas

Alhamdulillah, terima kasih juga supportnya buk Us. Kesempatan waktu bagi setiap orang dalam menghandle aktifitas yang berbeda tentu tidak sama, ketika bertemu sesuatu yang terpenting dengan yang penting, tentu didahulukan yang terpenting buk Us. Ibuk tetap menulis, hanya frekwensinya dikurangi, insya Allah mungkin setiap jum'at saja buk Us.

26 Jun

Subhanallah, karakter yang perlu kita tanamkan sejak dini

30 Jun
Balas

Betul buk Kas, syukran supportnya buk Kas.

30 Jun

Subhanallah ibu nasehatnya ..

26 Jun
Balas

Alhamdulillah, semoga bermanfaat. Syukran supportnya bu Nelly Hidayati.

26 Jun

Subhanallah ibu nasehatnya ..

26 Jun
Balas

Alhamdulillah, semoga bermanfaat. Syukran supportnya bu Nelly Hidayati.

26 Jun

Aamiin yrabb makasih Bu ilmu yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat salam

26 Jun
Balas

Alhamdulillah, syukran supportnya bu Sasra.

26 Jun

Alhamdulillah selalu terinspirasi dg nasehat2 ibuk semasa sekolah dlu, bahkan hingga sekarang..Tulisan ibu mmberikan nasehat2 yg sangat bermanfaat... Terimakasiih ibu guruku..

07 Jan
Balas



search

New Post