Hermiza Akmal, S.Ag

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sembilan Ibadah Sebelum Sholat Hari Raya

Sembilan Ibadah Sebelum Sholat Hari Raya

Sembilan Ibadah Sebelum Sholat Hari Raya

(Bag.1)

By. Hermiza Akmal

MAN 3 Kota Padang Panjang

Hari raya 1 syawal disebut hari raya ‘idul fitri. ‘Idul fitri terdiri dari dua kata, yaitu عِيْد dan فِطْر . عِيْد dekat katanya kepada عَاد yang berarti kembali. Sedangkan fitri dekat kepada فِطْرَة, artinya kesucian. Dengan demikian ‘idul fitri dapat diartikan kembali kepada kesucian.

Kembali kepada kesucian yang dimaksud sebagaimana yang digambarkan oleh Nabi dalam sabdanya artinya,”seperti seseorang dilahirkan dari perut ibunya.” Kesucian yang seperti ini adalah merupakan hasil dari telah menunaikan ibadah puasa, sehingga dosa-dosanya yang telah berlalu, diampuni oleh Allah Swt.

Nabi bersabda artinya,”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu, dan barangsiapa yang menegakkan malam-malam Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.”(HR. Muttafaqun ‘alaih)

Kemudian telah diikuti pula dengan membayar zakat fitrah, artinya puasa yang bersangkutan telah sampai kepada Allah Swt karena puasa orang yang berpuasa akan tergantung antara langit dan bumi sampai dia membayar zakat fitrah.

Para ulama menyusun 9 amal secara berurutan, bila 9 amal ini telah dikerjakan, barulah seseorang dapat memperoleh prediketnya sebagai orang yang telah kembali kepada fitrah, mulai dari malam hari raya atau akhir ramadhan sampai dengan pelaksanaan sholat ‘idul fithri.

Pertama, Bertakbir dan bertahmid, yaitu sejak siap sholat maghrib di akhir bulan ramadhan dan setelah melaksanakan sholat subuh di pagi hari raya. Di samping kesibukan kita mempersiapkan segala sesuatu, jangan sampai lupa bertakbir dan bertahmid.

Kedua, berdo’a. Di malam hari raya jangan lupa berdo’a karena do’a kita malam itu mustajab. Ada 4 sa’at do’a kita mustajab. Pertama, satu kali dalam sehari semalam, yaitu setelah sholat malam (sholat tahajud). Kedua, satu kali dalam seminggu, yaitu di antara khutbah pertama dengan khutbah kedua khatib berkhutbah di hari jum’at. Ketiga, di malam lailatul qadar, yaitu di salah satu malam yang ganjil setelah 20 malam terakhir bulan ramadhan. Keempat, di malam besok hari raya.

Ketiga, mandi sunat di pagi hari raya. Mandi ini dinamakan mandi sunat hari raya. Setiap orang yang akan menunaikan sholat hari raya, disunatkan mandi. Perbedaan mandi sunat, mandi wajib, dan mandi biasa hanya terdapat pada niat, sehingga kita berniat,”sengaja aku mandi sunat hari raya karena Allah.”

Padang Panjang, Kamis, 21 Mei 2020 Tantangan Gurusiana (hari ke-52)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul Bu Iza

21 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih supportnya Buk Uci.

22 May

Terima kasih Bu Iza.. atas pencerahannya..

21 May
Balas

Sama-sama, terima kasih kembali atas supportnya Bu Wati.

22 May

Terimkasih tausiyah penuh ilmunya Bu ketua........

21 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih kembali atas supportnya bu Kade.

22 May

Makasih ilmunya. Sangat bermanfaat.

21 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih supportnya bu Robingah.

22 May

Alhamdulillahi Robbil'Alamin. Barokallahu Fik Ibuk. Syukron , Jazaakillah Khairoljazaa' ats pencerahannya

21 May
Balas

Alhamdulillah. Aamiin. syukran atas do'a & supportnya Bu Susi

22 May

Alhamdulillah. Aamiin. syukran atas do'a & supportnya Bu Susi

22 May

Mksiii ilmunya ibuuu,, ditunggu point 4 dst,, Smga kita mnjdi org yg fitrah dihari kemenangan, aamiin

21 May
Balas

Terima kasih kembali atas supportnya Bu Yen, iya postingan berikutnya. Aamiin.

22 May

Ilmu yang sangat bermanfaat...!

21 May
Balas

Alhamdulillah, terima kasih supportnya Bu Us.

22 May

Persiapan menyambut idul fitri, mantap buk Hermiza

21 May
Balas

Iya Bu Kas. Alhamdulillah, terima kasih supportnya Bu Kas.

22 May

Tulisan yg sgt bermanfaat.Next...utk no.4 dstnya.Tksh buu atas pencerahannya.

21 May
Balas

Alhamdulillah, iya bu postingan berikutnya, terima kasih kembali atas supportnya bu

22 May



search

New Post