Siti Zulaikah, S.Pd/Lika

Ridho Allah segalanya, InSyaa Allah qobul segala hajat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
1.2.a.10 Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak

1.2.a.10 Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak

1.2.a.10 Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

Aktif Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan

 

A.    Latar Belakang

 

            Seorang Guru Penggerak mempunyai 4 kompetensi yaitu mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, serta memimpin pengembangan sekolah. Dalam menjalankan perannya sebagai Guru Penggerak maka haruslah didukung dengan nilai-nilai Guru Penggerak, yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Kompetensi-kompetensi itu haruslah ditingkatkan sejalan dengan kodrat alam dan kodrat zaman, agar Guru tidak ketinggalan dari segala perkembangan yang ada. Untuk mengembangkan diri sendiri maka tidak harus menunggu pelatihan dari Dinas Pendidikan atau pemerintah, melainkan harus muncul atas kemauan sendiri.

            Belajar dan selalu berinovasi dengan kemauan sendiri bisa dilakukan dengan belajar melalui media sosisal, lingkungan, dan berbagai pelatihan, serta menggali ide-ide kreatif.  Dengan kompetensi mengembangkan diri sendiri inilah seorang Guru Penggerak dapat menciptakan suasana belajar yang inovatif dan menyenangkan. Pembelajaran yang bahagia dan menyenangkan adalah salah satu filosofi Ki Hadjar Dewantara sehingga murid merasa nyaman, tidak mengalami kejenuhan, dan tidak mengalami pemaksaan dalam belajar.

            Salah satu cara untuk menciptakan hal tersebut adalah dengan mengkolaborasikan pembelajaran dengan permainan. Dengan begitu murid akan merasakan bermain sembari belajar sehingga dapat mewujudkan Merdeka Belajar.

 

B.     Tujuan

Adapun tujuan dari rancangan aksi nyata adalah:

1.      Guru Penggerak dapat memahami pentingnya mengembangkan diri untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki

2.      Guru Penggerak mampu merencanakan pembelajaran yang menyenangkan

3.      Guru Penggerak mampu mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi murid

4.      Guru Penggerak mewujudkan Pembelajaran yang Merdeka Belajar yaitu berpihak pada murid

 

 

C.     Deskripsi Aksi Nyata

1.      Membuat rencana pembelajaran

2.      Membuat media pembelajaran dan mempersiapkan permainan yang sesuai

3.      Mengkoordinasikan dengan Kepala Sekolah

4.      Mengkomunikasikan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak ke sesama pendidik

5.      Di tengah-tengah pembelajaran bisa dilakukan ice breaking

 

D.    Hasil Aksi Nyata

Dengan menjalankan kompetensi mengembangkan diri dengan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan maka murid akan enjoy mengikuti pembelajaran, murid bebas mengeksplor kemampuannya tanpa penekanan/pemaksaan dan akhirnya tujuan pembelajaran tercapai,

 

E.     Refleksi

Saya sangat bahagia dan merasa termotivasi untuk selalu melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, bahkan akan meningkatkan lagi untuk ke depannya agar lebih berhasil dan bermakna.

Berkolaborasi dengan Guru bidang studi juga perlu dilakukan agar pembelajaran menjadi selaras yaitu pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Kepemimpinan murid juga bisa terwujud di saat kerja kelompok, murid berperan sesuai dengan tugasnya masing-masing dalam kelompok. Rasa percaya diri murid juga tumbuh.

  

Demikian aksi nyata yang telah Saya laksanakan sebelum Pandemi. Semua foto pendukung adalah foto pembelajaran sebelum Pandemi. Di saat pembelajaran daring, pembelajaran inovatif dan menyenangkan Saya lakukan dengan penguatan karakter dan life skill.

 

Banggaku jadi Guru

Salam bahagia salam Guru Penggerak

Tergerak, bergerak, dan menggerakkan

 

Surabaya, 1 Juni 2021

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post