Siti Zulaikah, S.Pd/Lika

Ridho Allah segalanya, InSyaa Allah qobul segala hajat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Koneksi Antar Materi- Nilai dan Peran Guru Penggerak (Tugas 1.2.A.9)

Koneksi Antar Materi- Nilai dan Peran Guru Penggerak (Tugas 1.2.A.9)

Tugas 1.2.a.9 Koneksi Antar Materi-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Oleh:

Siti Zulaikah, S.Pd

CGP Angkatan 2-20 Surabaya

Fasilitator: Anastasia Moertodjo

Pengajar Praktik: Puguh Handoyo

Pemahaman Saya tentang nilai dan peran Guru Penggerak sebagai berikut:

Nilai-nilai Guru Penggerak:

Mandiri : Seorang guru harus mampu berdiri sendiri dalam melakukan berbagai kegiatan. Dengan mandiri maka seorang guru akan mampu bertanggungjawab terhadap hal-hal atau keputusan yang telah diambil. Guru senantiasa tergerak memotivasi diri melakukan aksi, melakukan perubahan, aktif mengembangkan kompetensi yang dimiliki tanpa perlu dorongan pihak lain. Reflektif : Seorang guru harus terbuka dengan segala bentuk perubahan, harus mampu menerima hal-hal yang baru. Melalui reflektif, seorang guru akan mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ada di sekitar, menerima umpan balik dan melakukan evaluasi diri. Kolaboratif : Seorang guru harus mampu bekerja sama dengan teman-teman sejawatnya guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Dengan berkolaboratif, seorang guru akan mampu mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dalam proses belajar mengajar. Inovatif : Seorang guru harus mampu memunculkan ide-ide kreatif dalam rangka mengembangkan pembelajaran. Pembelajaran yang terpusat pada murid: Seorang guru harus mengutamakan kepentingan murid, memberikan kesempatan kepada murid dengan seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitas, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Peran Guru Penggerak:

1. menjadi pemimpin pembelajaran

2. menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan

3. menjadi coach/mentor bagi guru lain

4. mendorong tumbuh kembang murid secara holistik

5. menjalin kerjasama dengan teman sejawat dan orang tua murid

6. menggerakkan komunitas praktis

Keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara:

1. Menurut Ki Hajar Dewantara bahwa tujuan pendidikan yakni menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Dalam proses menuntun anak diberi kebebasan.

2. Guru adalah seorang 'pamong' yang memberikan tuntunan agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar. Selain itu, guru harus berada di depan dan memberi teladan bagi peserta didik (ing ngarso sung tuladha). Berada di tengah-tengah peserta didik (ing madya mangun karsa) guna memberikan semangat dan motivasi pada peserta didik.

3. Di saat berada di belakang peserta didik (Tut wuri handayani) guru juga harus bisa sebagai pendorong bagi peserta didik untuk mencapai impiannya. Hal ini sangat relevan dengan nilai Guru Penggerak yakni mandiri dan berpihak pada murid serta sebagai pemimpin pembelajaran yang mewujudkan kepemimpinan pada murid.

Strategi yang dilakukan untuk mencapai nilai dan peran Guru Penggerak:

1. Mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi diri

2. Meningkatkan 5 nilai guru penggerak dalam aktivitas pembelajaran

3. Berinovasi dalam pembelajaran

4. Berbagi, berkomunikasi, dan berdiskusi dengan rekan sejawat

5. Berkomitmen kuat untuk melaksanakan tugas sebagai guru yang mengedepankan murid

Pihak yang dapat membantu dalam mencapai gambaran diri:

1. Kepala sekolah

2. Pengawas sekolah

3. Teman sejawat

4. Keluarga

5. Murid

Salam Guru Penggerak

Tergerak, bergerak, dan Menggerakkan

Surabaya, 28 Mei 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barokallah Bu Zulaikah, salam sehat dan terus berkarya

30 May
Balas

Aamiin....salam sehatmaturnuwun

30 May

Salam literasi...salam kenal jugaTerima kasih sudah berkunjung

30 May
Balas

Salam literasi...salam kenal jugaTerima kasih sudah berkunjung

30 May
Balas

Mantap

03 Jun
Balas

Terima kasih , salam

26 Jun

Salam literasi salam kenal bunda

30 May
Balas

Salam kenal juga dan salam literasi

30 May



search

New Post