Siti Zulaikah, S.Pd/Lika

Ridho Allah segalanya, InSyaa Allah qobul segala hajat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lokakarya Perdana CGP Angkatan 2 Surabaya
foto pribadi

Lokakarya Perdana CGP Angkatan 2 Surabaya

Lokakarya Perdana CGP Angkatan 2 Surabaya

(Jurnal Refleksi-Minggu 1)

Oleh

Siti Zulaikah

Menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain” itulah motto hidup saya. Sebagaimana perintah Rasulullah saw kepada umatnya. memberikan semangat, inspirasi, dan motivasi kepada teman sejawat itulah yang ada pada diri saya. Pun memiliki jiwa kepemimpinan itulah yang akan saya pelajari dan saya inginkan dalam mengikuti Pendidikan Calon Guru Penggerak.

Sejak nama tercantum lolos dalam Calon Guru Penggerak (CGP), rasa takjub akan semua Rida-Nya akan diluluskannya sebuah pinta dan usaha. Saat yang ditunggu pun tiba, undangan kegiatan lokakarya perdana kegiatan guru penggerak angkatan 2 telah sampai melalui pengumuman via Whats App Grup. Tertulis tanggal dan tempat pelaksanaan lokakarya perdana, Sabtu, 10 April 2021 di Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya. Saya masuk ke dalam kelompok 20 CGP angkatan 2 Kota Surabaya.

Tak sabar hati rasanya ingin segera tiba di lokasi bertemu dengan semua guru-guru terpilih untuk bersinergi menimba ilmu. Dalam undangan tertera syarat utama calon peserta harus menjalani tes antigen bebas Covid-19. Tes antigen saya jalani hari Jumat dengan didampingi teman karena sejatinya saya takut dengan peralatan medis, meskipun sudah seringkali dijalani sebagai seorang guru. Alhamdullilah selang satu jam hasil tes antigen dinyatakan bebas Covid.

Hambatan yang saya rasakan pertama kali saat sampai di tempat lokakarya adalah merasa berkecil hati karena tanpa dampingan Kepala Sekolah yang seharusnya juga harus hadir. Namun ya sudahlah tidak mengapa, karena memang Kepala Sekolahnya PLT dan Beliau sedang sakit.

Sebelum acara pembukaan hadir Mamik Suparmi, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dispendik Surabaya. Dalam presentasinya Beliau mengatakan, “ Jangan sekali-kali merasa hebat. Sekali saja merasa hebat maka akan seperti katak dalam tempurung. Semakin banyak ilmu haruslah semakin merasa kurang. Dengan demikian kita akan selalu belajar.” Beliau juga menambahkan “be smart teacher” menjadi guru jangan mudah mengeluh, hadapi perubahan zaman. Sungguh pesan yang membakar semangat.

Tiba pada pembukaan acara lokakarya perdana, acara dibuka oleh DR. Subandi, M.M., Kepala P4K PKn-IPS Jawa Timur. Acara diikuti oleh pengawas, Kepala Sekolah, dan Calon Guru Penggerak. Ada 17 Pengajar Praktik (PP) dan 100 CGP terlibat pada acara yang diselenggarakan di dua tempat di Surabaya yaitu di Hotel Sahid dan Hotel Bidakara tempat saya lokakarya.

Selesai pembukaan, semua peserta menikmati coffee break dan dilanjutkan masuk dalam kelas masing-masing. Saya masuk kelas 4 kelompok 20, dengan pengaturan tempat duduk yang membentuk kelompok-kelompok kecil dan dipandu oleh dua orang PP yang hebat yaitu Puguh Handoyo dan Miftah Churrohman, kelas tampak hidup. Diawali dengan perkenalan kedua PP dan dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing peserta. Selanjutnya menggambarkan sesuatu di selembar kertas yang menggambarkan diri sendiri. Dari hasil gambaran, kami berkelompok minimal tiga orang yang memiliki bakat yang sama. Dari kriteria itu maka terbentuklah empat kelompok yang bernama Pancabatik (pecinta batik), GPM (Grup Pencinta Masak), GPL (Grup Pencinta Literasi), PET (Pencinta Binatang). Setelahnya masing-masing dari Kami harus mempresentasikan diri sesuai gambar yang sudah dibuat.

Di sesi kedua kelompok diacak lagi. Kali ini berdasarkan jenjang sekolah, mulai dari CGP SD-CGP SMA, dan Kepala Sekolah. Sesi ini begitu berarti karena masing-masing peserta membangun komitmen atara CGP dan Kepala Sekolah yang hadir. Masing-masing CGP menuliskan kekhawatiran dan harapan. Setelah lokakarya pembelajaran melalui daring, dan pada Jumat, 16 April 2021 kelompok 20 diskusi refleksi kritis tentang pemikiran KHD, melalui ruang virtual google meet bersama fasilitator Anastasia Moertadjo.

Hal baru yang saya dapatkan dari kegiatan ini adalah saya mendapatkan teman-teman baru yang menambah semangat, saling berbagi, dan juga belajar bersama. Belajar melalui LMS (Learning Management Sistem) yang terdiri dari beberapa modul dan syarat akan materi yang penuh makna. Di modul 1 tentang Filosofi Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara, saya berselancar mempelajari ilmu tentang pengajaran dan pendidikan, tentang konsep merdeka belajar. Sungguh hal ini sangat berarti bagi saya, karena saya semakin paham bahwa tugas seorang pendidik bukan hanya memberikan kognitif (pengetahuan saja) namun juga harus menanamkan nilai-nilai sikap.

Rencana saya ke depan adalah lebih menerapkan arti dari merdeka belajar dalam pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD (Ki Hadjar Dewantara) yang terdapat pada modul 1. Program selanjutnya adalah menghidupkan gerakan literasi di sekolah baru saya. Dengan program dari kelas saya yaitu kelas 4 yaitu setiap hari setiap siswa harus mampu membuat satu kalimat yang nantinya digabung menjadi sebuah paragraf. Selain itu di setiap hari Selasa setiap siswa secara bergiliran membuat video mendongeng, sebelumnya siswa membaca dulu dongeng yang akan disampaikan. Untuk rekan sejawat, saya akan memberikan semangat dan pengimbasan pembuatan administrasi guru dan diseminasi tentang guru penggerak.

Harapan saya selama menjalani PGP (Pendidikan Guru Penggerak) 9 bulan adalah Kami bisa lulus semua, bisa berkolaborasi baik dengan teman sejawat dan Kepala Sekolah, antara CGP dalam kelompok, dalam kelas, dan bisa menjadi role model bagi rekan-rekan guru di sekolah. Semoga Allah Sang maha segala selalu rida, Aamiin.

Selamat dan semangat belajar bersama CGP angkatan 2. Guru bergerak Indonesia Maju.

Maju sendiri tidak keren, maju bersama baru hebat.

Surabaya, 19 April 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat Bu, lolos jadi peserta CGP Angkatan 2. Salam dari Cianjur, sama saya juga Angaktan 2, Jabar dari Kab. Cianjur.

19 Apr
Balas

Ok...salam kenal dan sukses selalu

20 Apr

Sudah saya follow

20 Apr



search

New Post