Mohammad Ihsan

Founder & CEO Gurusiana. Pemimpin Umum Media Guru Indonesia (MediaGuru). Pemimpin Umum Majalah Literasi Indonesia. Penggagas gerakan nasional Satu Guru...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lungo Kaji (2) BERHAJILAH SELAGI MUDA!
Bersama Emak dalam penerbangan haji (tahun 2000)

Lungo Kaji (2) BERHAJILAH SELAGI MUDA!

Catatan Mohammad Ihsan, Gurusianer MediaGuru

"Berhajilah selagi muda. Jangan menunggu tua. Karena ibadah haji memerlukan fisik prima. Set goal, usia 30 tahun sudah bisa menunaikannya!"

Saya lupa, itu ceramah siapa, di mana, dan dalam momen apa?

Tapi berondongan kalimatnya masih terngiang jelas dan saya bisa menirukannya seperti di atas. Itu karena isi pesannya ngena banget. Menancap kuat di kepala. Lalu menjadi bagian dari afirmasi dan doa-doa saya.

Masalahnya, itu sungguh nggak mudah. Sebab saya bukan dari keluarga berpunya. Saat itu saya seorang karyawan biasa dengan gaji ala kadarnya.

Tapi kan Allah Maha Kaya? Dia mengalirkan rezeki dari pintu mana saja. Dia bisa menentukan siapa tamu yang dikehendaki datang ke rumah-Nya.

Keyakinan-keyakinan seperti inilah yang membuat asa bisa berhaji di usia muda tetap terjaga.

Tiba-tiba, suatu siang Emak bilang gini, "Aku sudah daftar haji!"

Mak deg... Itu momen siang yang tak mungkin dilupakan. Abah saya sudah meninggal dunia, lha kalau Emak daftar haji, nanti berangkatnya sama siapa?

Pertanyaan itu terus menggelayuti pikiran saya. "Ya Rabb, izinkan saya bisa berhaji tahun depan. Menjadi tamu-Mu. Bersimpuh di rumah-Mu yang agung."

Tahun depan yang saya maksudkan itu musim haji 2000. Tahun saat usia saya akan genap 30. Tahun ketika Emak saya sudah mendaftar haji, dan belum ada kepastian siapa yang bisa menemaninya di tanah suci.

Sebelum itu, seingat saya untuk berhaji hanya perlu tabungan nggak sampai 10 jutaan. Lalu krisis moneter mengguncang, ongkos naik haji (ONH) meroket jadi 18 jutaan. Musim haji tahun 2000, biayanya 21 jutaan. Sementara saldo tabungan saya saat itu, nggak sampai 5 jutaan, hehe...

Singkat kisah, tahun 2000 itu akhirnya saya bisa berhaji. Tepat di usia 30 tahun sesuai doa-doa saya sejak lama. Bisa menemani Emak seperti yang saya impikan.

Mungkin ini kekuatan doa Emak juga. Tahun itu yang menemani beliau berhaji ada 4 anak plus 2 menantu. Jadi, kami berangkat haji bertujuh. MasyaAllah.

Terus saya duitnya dari mana?

Alkisah, keluarga saya memutuskan bikin arisan. Yang ikut anggota keluarga. Targetnya, uangnya dipakai berhaji. Dengan begitu, tiap tahun ada yang berangkat ke tanah suci. Berangkatnya gantian. Bergiliran.

Rezeki saya, dapat arisan tahun pertama.

Maka benarlah kata sang penceramah, sungguh nikmat berhaji di kala muda. Suatu kemewahan yang sulit dialami masa sekarang. Karena rentang antara tahun daftar haji reguler dan jadwal keberangkatan bisa 30, 40, 50 tahun setelahnya. Bahkan bisa lebih lama lagi.

Kecuali jika bayarnya haji plus, masa antrian bisa dipangkas jadi 7 tahunan. Atau haji furoda, yang bayarnya sekarang, berangkatnya juga sekarang.

Semoga kita semua bisa berhaji. Mau dapat gilirannya pas muda atau sudah tua, insyaAllah sama-sama bisa merasakan kenikmatan. Karena tidak ada tanah yang lebih baik di muka bumi, kecuali Makkah dan Madinah. Tidak ada masjid yang lebih utama di dunia ini untuk dikunjungi, melebihi Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

Surabaya, 14 Juli 2022

[BERSAMBUNG]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah saya juga sudah dari sana Pak, Barokallah

14 Jul
Balas

Subhanallah. Luar biasa sekali, pak. Bisa berhaji di usia muda. Semoha Pak Ihsan sehat selalu!

14 Jul
Balas

Subhanallah. Luar biasa sekali, pak. Bisa berhaji di usia muda. Semoha Pak Ihsan sehat selalu!

14 Jul
Balas

Subhanallah. Luar biasa sekali, pak. Bisa berhaji di usia muda. Semoha Pak Ihsan sehat selalu!

14 Jul
Balas



search

New Post