Intan irawati

Intan Irawati, mengajar sejak tahun 2001. Mulai menulis artikel ilmiah dan populer sejak tahun 2008. Menempuh pendidikan S-1 UNJ jurusan pendididikan fisika dan...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY (AR) KESETIMBANGAN BENDA TEGAR BERBASIS ANDROID  SEBAGAI ME

PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY (AR) KESETIMBANGAN BENDA TEGAR BERBASIS ANDROID SEBAGAI ME

Abstrak. Tujuan penelitian adalah menghasilkan produk Augmented Reality (AR) Kesetimbangan Benda Tegar berbasis android sebagai media pembelajaran fisika yang layak, efektif dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan (RnD) dengan model ADDIE meliputi Analysis, desain, Development, Implementation and Evaluation. Uji coba terbatas dilaksanakan terhadap 14 orang siswa sebagai responden dan implementasi penggunaan media pada pembelajaran dilakukan di kelas XI MIPA yang terdiri atas 33 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar validasi ahli dan lembar respons siswa terhadap media serta tes hasil belajar Kesetimbangan Benda Tegar. Data yang diambil berupa tanggapan siswa dalam menggunakan media dan data respon 10 ahli terhadap media. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui nilai kelayakan, efisiensi dan kefektifan media. Analisis data penelitian memberikan hasil kelayakan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian validator termasuk dalam kategori tinggi (88%); peningkatan tes hasil belajar siswa berada dalam kategori sedang dengan nilai standar gain sebesar 0,50; dan efisiensi penggunaan media berdasarkan respon siswa terhadap media dalam kategori tinggi yaitu sebesar 92,4% saat uji coba terbatas dan 81,9% saat penelitian. Analisis data menyatakan bahwa produk yang dihasilkan layak, efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran fisika.

Kata Kunci: Android, Augmented Reality, fisika, Kesetimbangan Benda Tegar, media.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post