JUFRIYADI, M.Pd

Seorang anak petani dari sebuah desa kecil di Kota Payakumbuh yang mengabdi sebagai pendidik di Kab. Pesisir Selatan....

Selengkapnya
Navigasi Web
UPT SMPN 1 Batng Kapas Giatkan Pembinaan Tahfidz Dengan Lebih Serius
www.smadwiwarna

UPT SMPN 1 Batng Kapas Giatkan Pembinaan Tahfidz Dengan Lebih Serius

#TantanganGurusiana ke 216

#Reportase

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pesisir Selatan sudah meluncurkan Program pembinaan Tahfidz ke seluruh sekolah SMP sejak 3 tahun yang lalu, tapi sempat terhenti karena merebaknya wabah corona. Kemudian kegiatan ini telah di mulai kembali sekitar setahun yang lalu untuk terus dilanjutkan.

Di akhir Tahun Pelajaran 2021/2022 kemarin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pesisir Selatan telah menggelar wisuda Tahfidz untuk sebanyak 234 hafidz dan hafidzah dari 39 SMP di Pesisir selatan. Dari 234 hafidz dan hafidzah tersebut ada 3 orang yang hafal 5 juz, 1 orang yang hafal 4 juz, 6 orang hafal 3 juz, dan selebihnya hafal 1 juz 30.

Tak ketinggalann UPT SMPN 1 Batang Kapas juga menggiatkan pembinaan tahfidz (hafalan Al-Quran)ini. Maka pada wisuda tahfidz tersebut UPT SMPN 1 Batang Kapas bisa mengikutkan 10 orang peserta didiknya yang berhasil menghafal 1 juz. Ini merupakan out put dari pembinaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Dalam arahannya pada awal Tahun Pealajaran 2022/2023 ini kepala sekolah Hj. Etmi Yuldani, S.Pd menegaskan bahwa kegiatan tahfidz kembali dilanjutkan dengan lebih serius. Diharapkan pada wisuda tahfidz berikutnya bisa mengikutkan lebih banyak peserta didiknya. Maka untuk pembinaan yang lebih efektif semua guru mesti terlibat aktif menjadi mentor untuk membimbing beberapa orang siswa.

Pembinaan Tahfidz ini dilakukan setiap hari Jum’at selama 2 jam pelajaran. Peserta didik dimotivasi untuk terus meningkatkan bacaan dan hafalannya setiap waktu termasuk juga di rumah. Pada waktu-waktu tertentu peserta didik bisa saja menyetorkan hafalannya kepada mentor.

Sesuai dengan program Dinas pendidikan dan kebudayaan Kab. Pesisir selatan, peserta didik memiliki beban hafalan tertentu untuk juz 30 sesuai tingkat kelasnya. Peserta didik kelas 7 diharapkan dapat menghafal surat An-Nas sampai surat Al-Lail, sementara peserta didik kelas 8 dari surat As-Syam sampai Al-Infitar dan kelas 9 dari surat At-Takwir sampai An-Naba’, untuk selama satu tahun pelajaran. Namun tidak tertutup kemungkinan bagi yang mampu menghafal juz yang lainnya.

#BerlatihTerusMenulis

04/08/22

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post