Khatijah, S.Pd

Khatijah adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Tapen Bondowoso Jawa Timur. Menulis adalah hal yang menjadi hoby. Kegiatan menulis yang pal...

Selengkapnya
Navigasi Web

Meresensi Buku

Meresensi Buku

Oleh: Khatijah

Istilah resensi adalah istilah yang sering muncul di Koran dan majalah, sebagai suatu bentuk tulisan seseorang yang isinya memberikan penilaian tentang isi sebuah buku. Secara lengkap, Maryati, dkk ( 2005:173) mengatakan, resensi adalah pertimbangan atau perbincangan buku yang memuat penilaian tentang kelebihan atau kelemahan buku, menarik atau tidaknya tema dan isi buku, kritikan dan dorongan kepada masyarakat tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli. Jadi, meresensi adalah membincangkan sebuah karya atau buku. Memberikan penilaian tentang kelebihan-kelebihan dan kekurangan buku. Memberikan penjelasan menarik dan tidaknya tema dan isi buku. Memberikan kritikan tentang isi buku dan memberikan dorongan kepada masyarakat perlu tidaknya buku itu dibaca dan dimiliki.

Penulis resensi yang juga disebut peresensi harus mengetahui struktur sebuah resensi. Adapun sebuah resensi terdiri atas judul resensi, identitas buku atau data buku yang direresensi, pendahuluan, isi, dan penutup( Maryati,dkk:2005:173).

Sedangkan setiap bagian memiliki unsur-unsur tertentu yang berupa kalimat-kalimat yang memperbincangkan tentang buku yang diresensi. Judul resensi adalah bagian resensi yang berada di bagian paling atas yang disusun oleh peresensi. Peresensi dapat memberikan judul berdasarkan idenya sendiri. Judul resensi harus menggambarkan simpulan pendapat peresensi tentang buku yang diresensi.

Bagian identitas buku atau data buku merupakan data yang berupa fakta tentang ciri-ciri buku yang diresensi, seperti judul buku, penulis buku, penerbit, tahun terbit, dan tebal buku.

Sedangkan, bagian pendahuluan resensi membicarakan penulis buku, tujuan penulisan buku, membandingkan dengan karya-karya penulis yang lain, atau membandingkan karya orang lain yang bertema sama. Asal materi dan referensi yang digunaan dalam buku tersebut juga dibahas pada bagian ini.

Bagian isi resensi berisi ulasan tentang judul atau tema buku, paparan singkat isi buku atau gambaran tentang keseluruhan isi buku, dan informasi tentang latar belakang serta tujuan penulisan, perbandingan buku dengan buku lain yang bertema sama. Dalam bagian ini juga perlu diulas gaya penulisan, kelemahan dan kelebuhan buku.(Bahasa Indonesia, Materi Pelatihan: Depdiknas.2004)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post