Lili Priyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Hari ke-927 PRAKARSA PERUBAHAN MELALUI KANVAS ATAP
PRAKARSA PERUBAHAN MELALUI KANVAS ATAP

Tantangan Hari ke-927 PRAKARSA PERUBAHAN MELALUI KANVAS ATAP

Tantangan Hari ke-927

PRAKARSA PERUBAHAN MELALUI KANVAS ATAP

(Pembekalan Calon Pengajar Praktik Program Guru Penggerak Hari ke-8)

Penulis Lili Priyani

Inisiatif praktik baik yaitu: Menumbuhkembangkan literasi bagi guru melalui kegiatan menulis .

Inisiatif ini bisa dibedah melalui kanvas ATAP. Kanvas ATAP adalah alur atau cara menerapkan Prakarsa perubahan. Uraian kegiatan ATAP adalah seperti berikut ini.

a. Awal:

Literasi merupakan sarana untuk mengenal dan memahami ilmu pengetahuan serta dapat mengasah kemampuan berpikir secara kritis, kreatif, inovatif, dan menumbuhkan budi pekerti. Kegiatan membaca dan juga menulis merupakan keterampilan yang perlu diasah. Kenyataannya, masih ada guru yang belum tergerak untuk berliterasi, khususnya menulis. Padahal, sejatinya guru memberikan teladan bagi peserta didik. Sebagai role model, guru belum sepenuhnya menyadari pentingnya berliterasi. Penumbuhkembangan literasi menjadi tanggung jawab kita bersama.

b. Tantangan

Belum semua guru menyadari manfaat baik yang diperoleh dari kegiatan literasi, khususnya aktivitas menulis. Belum muncul kesadaran untuk menuangkan ide dan gagasan dan bentuk tulisan. Ketika diajak untuk mengikuti pelatihan menulis, guru masih ogah-ogahan, tidak tertarik. Sebagian mereka hanya mengikuti kegiatan sebatas ingin memperoleh sertifikat saja.

Menumbuhkan kesadaran tentang manfaat menulis, tidak saja untuk meningkatkan kompetensi tetapi juga sebagai rekam jejak sejarah. Menggagas kegiatan Pelatihan Menulis bagi Guru. Mengajak guru untuk menulis bersama dan membukukannya dalam buku antologi sebagai sarana berlatih dan memotivasi berkarya.

“Bila Kau bukan anak raja, juga buka ulama besar maka menulislah’ (Imam Al Ghazali)

“Semua penulis akan meninggal, hanya karyanyalah yang akan abadi sepanajang masa. Maka menulislah yang akan membahagiakan dirimu dan akhirat nanti’ (Ali bin Abi Thalib)

“Menulislah. Maka berjuta suara akan mengalun abadi” (Lili Priyani)

d. Pelajaran

Perubahan yang diharapkan adalah guru tergerak mengikuti pelatihan menulis. Guru berlatih menuangkan ide/gagasan. Guru berkarya (menulsi buku) sebagai upaya menggerakkan dan memberi contoh/inspirasi berliterasi kepada peserta didik. Guru pun mampu membuat bahan ajar/modul. Kompetensi guru melejit. Pada akhinya, guru berperan serta dalam menumbuhkembangkan literasi.

(Cikarang, 3 Agustus 2022)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post