Lili Priyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Hari ke-931 REFLEKSI PROGRAM GURU PENGGERAK PENGAJAR PRAKTIK SEBAGAI TEMAN BEL
REFLEKSI PROGRAM GURU PENGGERAK: PENGAJAR PRAKTIK SEBAGAI TEMAN BELAJAR BAGI GURU PENGGERAK

Tantangan Hari ke-931 REFLEKSI PROGRAM GURU PENGGERAK PENGAJAR PRAKTIK SEBAGAI TEMAN BEL

Tantangan Hari ke-931

REFLEKSI PROGRAM GURU PENGGERAK: PENGAJAR PRAKTIK SEBAGAI TEMAN BELAJAR BAGI GURU PENGGERAK

(Sebuah Catatan Pembekalan CPP Hari ke-13)

Penulis Lili Priyani (Guru SMAN 2 Cikarang Utara)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan dijalankan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meluncurkan Program Guru Penggerak. Program Guru Penggerak ini bertujuan untuk menyiapkan para pemimpin pendidikan

Dilandasi filosofi yang diungkapkan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa Indonesia masa depan, yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan guru di sekitarnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Untuk mendukung tercapainya tujuan itu, Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) dijalankan dengan menekankan pada kompetensi kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) yang mencakup komunitas praktik, pembelajaran sosial dan emosional, pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai perkembangan murid, dan kompetensi lain dalam pengembangan diri dan sekolah.

Dalam rangka mendukung PPGP dimaksud perlu adanya Pengajar Praktik Guru Penggerak. Untuk mewujudkan Pengajar Praktik guru penggerak yang memiliki kompetensi sesuai yang diharapkan, maka Pengajar Praktik tersebut perlu dibekalimateri-materi yang esensial. Keseluruhan materi ajar diramu dalam siklus MERDEKA, yang diawali dengan Mulai dari Diri, lalu dilanjutkan dengan Eksplorasi Konsep; Ruang Kolaborasi; Demonstrasi Kontekstual; Elaborasi Pemahaman; Koneksi Antarmateri; dan ditutup dengan Aksi Nyata (disadur dari Modul Lokakarya Guru Penggerak).

Pengajar Praktik akan menjadi pendamping bagi Calon Guru Penggerak, pendampingan individu dan juga pendamping kolaborasi. Pendampingan individu bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu: 1. mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi; 2. memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik; 3. merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.

Guru Indonesia yang diharapkan tersebut mencirikan lima karakter yaitu berjiwa nasionalisme Indonesia, bernalar, pembelajar, profesional, dan berorientasi pada peserta didik. Berbagai kebijakan dan program sedang diupayakan untuk hal tersebut dengan melibatkan berbagai pihak menjadi satu ekosistem pendidikan yang bergerak dan bersinergi dalam satu pola pikir yang sama antara masyarakat, satuan pendidikan, dan pemangku kebijakan.

Baik Pengajar Praktik maupun Calon Guru Penggerak menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Satu hal yang pasti harus terjadi adalah kedua belah pihak harus menjalankan komunikasi yang efektif. Berkolaborasi dan bersinergi menyukseskan program Guru Penggerak. Sejatinya, Pengajar Praktik itu merupakan teman belajar bagi Calon Guru Penggerak.

(Cikarang, 9 Agustus 2022)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dalam program PPGP ini mantap dan keren sekali mami!!! Semangat terus mami lili

09 Aug
Balas

Program PPGP ini keren banget, semangat mami!!!

10 Aug
Balas

Program PPGP ini keren banget!! Semoga program bisa tercapai dan smangat terus buat mami lili

09 Aug
Balas



search

New Post