Mohammad Rahmat

M. ROHMAT Lahir disebuah Dusun yang bernama Sumbergirang Desa Jamberejo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ...

Selengkapnya
Navigasi Web
7 (Tujuh) Kata-Kata Bijak RA. Kartini Sebagai Inspirasi Generasi Masa Kini

7 (Tujuh) Kata-Kata Bijak RA. Kartini Sebagai Inspirasi Generasi Masa Kini

7 Kata-Kata Bijak Raden Ajeng Kartini, Inspirasi Bagi Generasi Muda

1. "Kita harus membuat sejarah. Kita mesti menentukan masa depan yang sesuai dengan keperluan sebagai kaum perempuan dan harus mendapat pendidikan yang cukup seperti kaum laki-laki."

Dari sini dapat kita ambil inspirasi semangat RA Kartini untuk bisa mengangkat derajat perempuan dalam mendapatkan pendidikan yang setara dengan kaum laki-laki.

2. "Kami berikhtiar supaya kami teguh sungguh, sehingga kami sanggup diri sendiri. Menolong diri sendiri. Dan Siapa yang dapat menolong dirinya sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna pula."

Inspirasi yang bisa kita ambil kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh dalam berikhtiar dan berusaha agar kita bisa teguh dan sanggup memapukan diri dalam menolong diri sendiri, sehingga kita dalam waktu yang lain kita bisa menolong orang lain.

3. "Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya."

Inspirasi yang bisa kita ambil adalah bahwa orang tua harus bisa menerima perubahan yang akan terjadi dengan pola pikir generasi muda yang menyesuaikan pola zamanya, kalau tidak mau, maka kita akan ditinggalkan oleh generasi kita.

Seperti kehidupan RA Kartini, Berangkat dari kehidupannya sebagai putri seorang bangsawan dengan beragam aturan yang kaku membawa Kartini pada keinginan-keinginannya untuk bebas. Keinginannya meningkatkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan ia wujudkan dengan mendirikan sekolah khusus perempuan pada tahun 1903.

Menurutnya seorang gadis atau perempuan harus memiliki pikiran-pikiran yang cerdas, cara pandang yang luas.

4. "Dan siapakah yang lebih banyak berusaha memajukan kesejahteraan budi itu... Siapakah yang dapat membantu mempertinggi derajat budi manusia, ialah wanita, Ibu... karena Haribaan Ibu, itulah manusia mendapatkan didikannya yang mula mula sekali."

Wanita memiliki peran yang luar biasa dalam kehidupan ini, sebagai Pembimbing akhlaq bagi anak-anaknya, mendampingi suaminya dalam menjalani kehidupanya agar lebih sukses, itu semua haruslah di upayakan oleh setiap wanita.

5. "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."

Jadilah pribadi yang teguh dengan pendirian. Secara tidak langsung ia memberi tahu generasi muda saat ini untuk tidak mudah terpengaruh dengan orang lain.

Selain itu, hal yang bisa kita petik dari kata-kata tersebut adalah selama kita memiliki sikap yang baik, pikiran yang positif maka kita tidak akan mudah dijatuhkan oleh apa pun dan oleh siapapun.

6. "Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh, demikianlah pula dalam hidup manusia bukan? Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan-angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikan buah."

Membaca kata-kata Kartini sama dengan memupuk harapan terus tumbuh. Selalu ada angan-angan yang mungkin saja mati sebelum terwujud, tapi di setiap angan-angan yang mati selalu ingatlah ada harapan-harapan yang masih bisa tumbuh kembali, bahkan bisa jadi jauh lebih sempurna.

Manusia harus selalu memiliki harapan dan cita-cita yang positif, seandainya keduanya belum terlaksana semasa hidup, tentu cita-cita itu akan bisa diwujudkan oleh generasi selanjutnya

7. "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu".

Harus ada usaha dan bekerja dengan keras sebelum mendapatkan penghasilan, harus bisa menghadapi kesulitan dulu sebelum mendapatkan kebahagiaan. Artinya untuk mencapai sesuatu harus ada usaha yang sungguh-sungguh untuk mendapatkan itu

Proses yang diperjuangkan bisa jadi adalah proses yang tidak akan pernah sia-sia, tetapi pada waktunya akan memberimu kebahagiaan yang jauh lebih baik, yang dalam pengertian Kartini adalah kebahagiaan yang sempurna.

Disarikan dari Merdeka. Com

Bojonegoro, 21 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat untuk perempuan hebat indonesia

21 Apr
Balas



search

New Post