Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
INI PENTING, JANGAN SAMPAI LUPA DI UPDATE (T611, T216)
Jangan lupa 31 Agustus, terakhir update datanya..

INI PENTING, JANGAN SAMPAI LUPA DI UPDATE (T611, T216)

Artikel yang ditulis kemarin tentang ajakan kemendikbud pada guru untuk mengecek notifikasi akun belajar.Id masing-masing guru bila ada pemberitahuan untuk pembaharuan data maka, segera memperbaharui datanya sepertinya bukan main-main.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi telah mengumumkan kepada para pendidik agar akun belajar.id mereka akan segera diperbarui untuk kepentingan pendataan dan masa depan bapak ibu guru sendiri.

Guru harus memperbarui datanya paling lambat 31 Agustus 2022. Batas akhir ini sama dengan postingan kemendikbud yang dikutip dari akun resminya. Dalam unggahan tersebut , Kemendikbud juga mengirimkan proses sinkronisasi otomatis yang dilakukan oleh sistem.

Ini dilakukan dengan maksud untuk merekonsiliasi data yang ada di Dapodik dengan data guru yang ada di akun belajar.id.

Kemendikbud juga mengingatkan setelah update data guru di akun belajar.id, ada beberapa pihak yang akan terkena imbas dari proses pemutakhiran atau perbaruan data akun belajar.id. Apa saja imbas dari update data ini:

1. Guru dan tenaga kependidikan yang sudah tidak terdata di Dapodik.

Dari pemutakhiran data akun belajar.id, kategori pertama yang merasakan dampaknya adalah guru dan tenaga pendidik yang tidak terdaftar di Dapodik.

Hal ini terjadi karena sekolah tertutup, guru bersangkutan berhenti kerja disebabkan pensiun, atau mengundurkan diri.

2. Peserta didik yang pindah jenjang

Peserta didik yang pindah jenjang seperti dari SD ke SMP atau dari SMP ke SMK, karena peserta didik yang telah lulus sekolah.

3. Guru dan tenaga kependidikan yang terkena mutasi

Guru atau tenaga pendidik yang terkena mutasi ke jenjang yang sama atau berbeda dapat menyebabkan terkena dampak pemutakhiran data akun belajar.id, bila terjadi pada kondisi tersebut guru yang terkena dampak harus melakukan pembaruan data

4. Pendidik pindah peran menjadi admin

Pihak berikutnya yang terkena dampak pembaruan data yaitu pendidik yang berpindah peran yang menjadi admin seperti kepala sekolah atau operator di sekolah yang sama atau sebaliknya.

Olehnya itu, guru harus memperbarui atau melakukan pemutakhiran terkait data di akun mereka. Guru akan menerima email notifikasi di akun mereka jika mereka termasuk dalam kategori ini dan penting bagi guru untuk memeriksa email belajar.id secara teratur.

Semoga informasi ini bermanfaat,

Salam perubahan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

06 Aug
Balas

Mantap ulasannya keren

06 Aug
Balas

Mksh, Pak

06 Aug
Balas

Mksh, Pak

06 Aug
Balas

Mksh, Pak

06 Aug
Balas

Makasih informasinya Pak Mursalim, sangat informatif

06 Aug
Balas

Terimakasih informasinya Pak. Sangat bermanfaat.

06 Aug
Balas



search

New Post