Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
LATIHAN EKSTRA UNTUK PENAMPILAN TERBAIK (T613, T218)
Mereka akan all-out saat beraksi. Tujuannya satu, bendera harus sukses berkibar.

LATIHAN EKSTRA UNTUK PENAMPILAN TERBAIK (T613, T218)

Saat masih sekolah dulu, aku pernah juga terpilih jadi tim penggerek atau pengibar bendera kala upacara yang dilaksanakan oleh sekolah tempat menimba ilmu. Itupun masih saat sekolah dasar setelah itu tak pernah lagi hingga sekarang.

Tentunya saat upacara bendera, momen kala bendera akan dikibarkan di tiang bendera adalah kejadian yang di tunggu oleh peserta upacara. Apakah itu upacara kenegaraan seperti upacara 17 Agustus, maupun upacara sekolah.

Pasukan pengibar bendera yang disingkat paskibra adalah team yang bertanggung jawab menyukseskan pengibaran bendera berlangsung lancar.

Apalagi sudah banyak kejadian saat bendera di tarik untuk di kibarkan kadang terjadi insiden, seperti bendera terbalik, atau ikatan bendera dengan tali lepas, ataukah lagu Indonesia raya yang mengiringi pengibaran bendera "tak senada" dalam artian lagu selesai bendera belum sampai di puncak.

Namun semuanya bisa teratasi dengan latihan ekstra. Mungkin disekitar pembaca saat ini mulai kecamatan, kabupaten hingga pusat, putra putri terpilih dari tingkat SMA/MA/SMK, yang tergabung dalam kelompok paskibra terlihat di lapangan sedang latihan baris berbaris, yang dilatih oleh TNI, Polri, ataupun purna Paskibra.

Mereka latihan menaikkan bendera dan menurunkan bendera yang tak kenal waktu, terkadang pagi, siang ataupun sore. Mereka di tanamkan oleh pelatih paskibra, kunci kesuksesan pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada tiang bendera adalah latihan ketat, disiplin dan terampil.

Makanya tim paskibra ini harus tampil all out pada hari H baik saat upacara pengibaran bendera merah putih maupun upacara penurunan bendera merah putih. Mereka harus tampil percaya diri dengan derap langkah yang serempak, tak canggung apalagi malu. Apalagi saat hari H akan disaksikan oleh ribuan pasang mata.

Untuk menjadi anggota paskibra yang bertugas mulai dari kecamatan, kabupaten hingga provinsi ataupun paskibraka yang bertugas di istana negara tidak dipilih begitu saja, tapi melewati seleksi yang ketat, sehingga orang-orangnya pasti memiliki postur tubuh yang standar paskibra dan punya pengetahuan dan keterampilan dasar baris berbaris yang cukup.

Mereka akan digembleng dalam latihan ekstra paskibra maupun paskibraka, biasanya memakan waktu 1 bulan hingga 1,5 bulan sebelum bertugas mengibarkan bendera di hari ulang tahun Republik Indonesia.

Tentunya menjadi anggota paskibra adalah suatu kehormatan bagi putra putri terpilih, dan kebanggaan bagi keluarga, apalagi bila bertugas mengibarkan bendera hingga ke istana negara, disaksikan oleh Presiden dan wakil presiden serta menteri dan tamu undangan yang hadir, tentu kebanggaan itu akan semakin tinggi, dan pengalamannya takkan terlupa seumur hidup.

Selamat bertugas anggota Paskibra dan Paskibraka, di tanganmu lah bendera bangsa ini dititipkan untuk kau kibarkan di angkasa bumi pertiwi yang kita cintai bersama.

Salam kesuksesan dalam tugas, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat berlatih untuk hasil yang maksimal Barokallah

08 Aug
Balas

Makasih pak aji... Semoga mereka bisa membanggakan semuanya...salam sukses pak aji

12 Aug

Makasih pak aji... Semoga mereka bisa membanggakan semuanya...salam sukses pak aji

12 Aug

Ulasan yang pas di bulan Agustus ini. Sukses selalu

08 Aug
Balas

Makasih bu, karena ini kan jadi pusat perhatian maka mereka harus tampil maksimal... Sukses selalu bunda

12 Aug

Makasih bu, karena ini kan jadi pusat perhatian maka mereka harus tampil maksimal... Sukses selalu bunda

12 Aug

Selamat berlatih, semoga berhasil.

08 Aug
Balas

Makasih, kalo semangat pasti lah bu, mereka dilatih oleh TNI/POLRI...semoga mereka tampil keren di hari H

12 Aug

Makasih, kalo semangat pasti lah bu, mereka dilatih oleh TNI/POLRI...semoga mereka tampil keren di hari H

12 Aug

Salam kemerdekaan!!

08 Aug
Balas

Salam merdeka bunda

12 Aug

Salam merdeka bunda

12 Aug

Ulasan yang inspiratif Pak Mursalim. Sukses selalu.

08 Aug
Balas

Makasih bunda, semoga tahun ini mereka akan tampil maksimal... Salam sukses bunda..

12 Aug

Makasih bunda, semoga tahun ini mereka akan tampil maksimal... Salam sukses bunda..

12 Aug

Mantap ulasannya. Semoga sehat dan sukses selalu Pak.

09 Aug
Balas

Makasih bunda... Di dada mereka harus ada rasa cinta pada NKRI, Salam sukses bunda...

12 Aug

Makasih bunda... Di dada mereka harus ada rasa cinta pada NKRI, Salam sukses bunda...

12 Aug



search

New Post