Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
SEMARAK NEGERI KU  'GERAK JALAN BOCAH'. (T615, T220)
Yang penting semangat, kalian akan sampai finish

SEMARAK NEGERI KU 'GERAK JALAN BOCAH'. (T615, T220)

Mendekati Hari H 17 Agustus 1945, aneka persiapan perlombaan, pertandingan serta permainan, mulai dipersiapkan oleh warga dengan bergoyong royong.

Untuk lebih meriahnya kegiatan Hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 akan diadakanlah pembukaan baik di tingkat desa/ kelurahan, kecamatan dengan semarak yang nantinya dirangkaikan dengan devile kesiapan peserta untuk berpartisipasi pada perlombaan, pertandingan serta permainan yang akan dilangsungkan.

Di bagian kedua tulisan ini, Penulis tertarik mengangkat cerita kesiapan peserta gerak jalan di tingkat sekolah yang akan di perlombakan. Baik itu tingkat SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MA, maupun tingkat remaja dan masyarakat.

Kesibukan di tingkat sekolah mulai terlihat untuk menyiapkan pasukan gerak jalan untuk sekolahnya, biasanya setiap sekolah akan mengikutkan 2 pasukan gerak jalan yakni gerak jalan putra dan gerak jalan putri. Ini merupakan ajang promosi sekolah sekaligus menjaga gengsi sekolah turut serta di kegiatan gerak jalan.

Bagi sekolah yang memiliki murid atau siswa yang banyak mungkin tak jadi masalah untuk memilih tim gerak jalan. Sangat berbanding terbalik bila sekolah itu memiliki murid atau siswa yang sedikit. Guru akan dibutuhkan pusing menggenapkan pasukan gerak jalannya.

Bahkan ada sekolah yang pasukan gerak jalannya kurang bahkan tak cukup 21 orang dengan 1 komandan regu. Sehingga mereka harus mencari cara bagaimana agar pasukan itu terlihat utuh.

Salah satu cara yang dilakukan adalah mencampur murid putra dan putri dalam satu pasukan gerak jalan. Yang penting saat nama pasukan di sebut protokol, pasukan gerak jalan mampu menunjukkan aksi dan kekompakannya.

Kejadian unik terjadi pada beberapa sekolah SD/MI biasanya yang ikut gerak jalan adalah kelas 4, 5, 6 namun keterbatasan jumlah anggota gerak jalan dan syarat kecukupan 21 orang, akhirnya murid kelas 2 dan 3 pun di ambil untuk mencukupi kekurangan anggota tersebut.

Tawa dan kegelian terjadi saat melihat pasukan gerak jalan cilik ini melintas, gaya gerak jalannya sangat jauh dari standar, kelurusan pasukan kadang tak terperhatikan lagi, bagi bocah ini yang penting ikut, jalan hingga garis finish. Tak lupa untuk menjaga kekompakan, guru-guru sekolah akan ikut di belakang pasukan selalu menegur tingkah aneh bocah yang mulai lelah berjalan hingga 4-5 km.

Belum lagi atribut unik peserta gerak jalan hatus terlihat seragam dan menarik agar bisa mengundang mata juri dan penonton. Dalam gerak jalan pun gitu harus pintar pintar membuat yel- yel pasukan agar terlihat beda dengan pasukan lain untuk di tampilkan sepanjang perjalanan hingga garis finis nantinya.

Bagi bocah yang ikut latihan pun merasa sangat senang berpartisipasi, karena dengan begitu mereka akan mengerti aturan baris berbaris, dan arti kekompakan. Walau target juara itu ada, kalaupun tak tercapai tak menjadi masalah, yang penting mereka merasa bahagia ikut di kemeriahan HUT RI yang datangnya setahun sekali.

Bersambung, -

Salam merdeka, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tu...wa...ga... mpat, hehe, keren Pak Nawawi, Semangat anak-anak, generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia.

10 Aug
Balas

Dididik kala muda lebih baik dari pada besar sulit dibengkokkan.. Semoga mereka bisa menjadi harapan bangsa kelak

12 Aug

Dididik kala muda lebih baik dari pada besar sulit dibengkokkan.. Semoga mereka bisa menjadi harapan bangsa kelak

12 Aug

Reportase yang keren...merdeka

10 Aug
Balas

Makasih bunda.. Sukses selalu

12 Aug

Giat yang keren dan.menginspirasi. sukses selalu pak Nawawi.

10 Aug
Balas

Makasih bunda... Ceritanya baru latihan belum hari H, sukses mereka sukses guru pembinanya

12 Aug

Makasih bunda... Ceritanya baru latihan belum hari H, sukses mereka sukses guru pembinanya

12 Aug

Lucu ya pastinya tapi semangat guru dan siswa patut diacungi jempol. Semoga sehat dan sukses selalu Pak.

10 Aug
Balas

Lucu melihat gerak jalan bocah, dan semangatnya mantap... Sukses selalu bunda

12 Aug

Lucu melihat gerak jalan bocah, dan semangatnya mantap... Sukses selalu bunda

12 Aug



search

New Post