Mursyidah SAg

Mursyidah, S.Ag. Lahir di Kepala Hilalang 19 Juni 1968. Menempuh jenjang pendidikan dasar (SD) di Kepala Hilalang tamat tahun 1981. Melanjutkan ke MTsN Kepala H...

Selengkapnya
Navigasi Web
Talam Durian
Ilustrasi diambil dari Google

Talam Durian

Hari menulis ke-206 (892)

#TantanganGurusiana

.

Talam Durian

(Kuliner)

Oleh: Mursyidah

.

Musim durian di kampungku tahun ini, tampaknya bakal berlangsung lama. Sebab, pokok yang sedang berbuah sekarang, juga ada yang mengalami masa berbunga dan berputik. Bisa jadi buah yang muncul belakangan akan lebih banyak, melihat jumlah pohon yang sedang berbunga saat ini, ada pohon yang berusia muda, yang pada musim sebelumnya belum berbuah.

Wah, para penggemar durian dan kuliner olahan dari si 'raja buah' ini, bakal tersenyum lebar, nih. Begitu pula para petani atau pemilik ladang durian, pasti akan ketiban rezeki berlimpah. Bisa kaya mendadak tuh, para juragan durian.

Hitung-hitung menyalurkan hobi, aku ikut ambil bagian pula, ah, mengolah daging legit durian itu menjadi kue Talam Durian. Siapa tahu, kue buatanku disukai konsumen. Yuk, ikut aku membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan untuk lapisan bawah; 250 gram beras ketan putih, 200 ml (1 gelas belimbing) santan segar, 1/2 sdt garam dan selembar daun pandan. Untuk lapisan atas; 150 gram daging durian, 100 gram tepung beras, 50 gram tepung hunkwe, 100 gram gula pasir, 200 ml santan segar, pewarna kuning secukupnya (aku pakai 3 tetes), sedikit garam dan vanili.

Cara membuatnya; beras yang sudah dicuci dan ditiriskan, dicampur dengan semua bahan lapisan bawah, lalu dimasak sambil diaduk-aduk hingga mengental. Kemudian di kukus sampai matang. Ratakan di dalam loyang yang sudah diolesi minyak goreng secukupnya, agar tidak lengket saat kue dipotong.

Campurkan semua bahan lapisan atas, lalu saring, supaya tidak ada yang menggumpal. Bisa juga diblender hingga halus. Tuang adunan di atas ketan, ratakan. Kemudian kukus hingga matang. Dinginkan, potong dan nikmati. Selamat mencoba!

Pincuran Tujuah, 25072022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post