Nurul Hidayaty Suhaimi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengapa Computational Thinking Itu Penting?
Foto:Httpas://Images.app.goo

Mengapa Computational Thinking Itu Penting?

#tantangan menulis gurusiana hari ke-447

#tantangan Gurusiana

Computational Thinking (CT) merupakan salah satu skill yang dibutuhkan pada abad 21.CT merupakan kemampuan analitis & keterampilan kritis abad 21 yang sebanding dengan membaca, menulis & berhitung.

Computational Thinking (CT) adalah cara berpikir untuk menyelesaikan masalah (problem solving) dengan cara menguraikannya menjadi beberapa tahapan yang efektif, efesien, dan menyeluruh, meliputi decomposition, pattern recognition, abstraction, algorithms .

Computational Thinking perlu diajarkan kepada peserta didik sejak dini karena sebelum mampu menyelesaikan persoalan yang besar dan kompleks, seseorang perlu berlatih mulai dari persoalan kecil sederhana, kemudian secara bertahap berkembang kemampuannya untuk menyelesaikan persoalan yang besar dan kompleks.

Komponen CT SkillS ada 4, yaitu;

1. Algorithmic Thingking , adalah urutan langkah-langkah yang ditentukan dengan jelas yang menggambarkan suatu proses untuk mengikuti serangkaian instruksi yang tidak ambigu dengan titik awal dan akhir yang jelas. Contoh: Membuat resep makanan (Memasak Indomie).

2. Decomposition, adalah proses pemecahan masalah yang kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana, lebih kecil dan lebih mudah ditangani. Contoh; penyelesaian tugas penulisan karya ilmiah skripsi.

3. Pattern Recognition (Pengenalan Pola), adalah kemampuan memperhatikan atau mengidentifikasi persamaan atau perbedaan umum yang kan membantu kita membuat prediksi atau mengarahkan kita ke jalan pintas. Contoh, Pola dalam rangkaian huruf/angka.

4. Abstraction, adalah cara mengungkapkan ide dalam konteks tertentu sementara pada saat yang sama menyembunyikan detail yang tidak relevan dalam konteks tersebur. Contoh peta akses ke Gelora Bung Karno. (Referensi; Bahan Pelatihan Fasda 2021)

Pariaman, 09 Oktober 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih bu, tambah wawasan membacanya, keren

10 Oct
Balas

Informatif bun. Sukses berkarya

09 Oct
Balas



search

New Post