Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasari,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 yang saat ini bertugas di SMP Nege...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bagaimana Melakukan Asesmen Diagnostik Non Kognitif (219)
Koleksi

Bagaimana Melakukan Asesmen Diagnostik Non Kognitif (219)

Bagaimana Melakukan Asesmen Diagnostik Non Kognitif (219)

Oleh Rismalasari

       Asesmen diagnostik adalah sebuah asesmen yang dilakukan secara spesifik untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan siswa, sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi siswa.

         Istilah assemen makin gencar digunakan dalam kurikulum merdeka. Ada asesmen diagnostik, asesmen formatif, asesmen sumatif. Asesmen diagnostik dilakukan sebagai data awal potensi dan gaya belajar siswa sehingga dapat diketahui teknik dan pendekatan pembelajaran yang cocok .

     Ada dua jenis diagnostik kognitif dan non kognitif.  Asesmen diagnostik non kognitif  telah dilakukan oleh kami di saat siswa kelas 7  diterima sebagai siswa di SMPN 1 Cibungbulang pada  akhir juli 2022.  Diikuti oleh semua siswa kelas 7 sebanyak 390 orang.

       Tujuan asesmen diagnostik Selain mengenal kondisi pribadi siswa, keluarga, potensi, bakat dan minat, lingkungan peserta didik, gaya belajar, literasi, numerasi awal.

         Hasil analisis dari asesmen diagnostik ini akan dideskripsikan dalam bentuk narasi dan  pernyataan serta data oleh tim konseling. Hal ini akan dijadikan input data sekolah untuk ditindaklanjuti oleh tim sehingga proses awal pembelajaran dan akhir proses pembelajaran  bisa terlihat progres dari proses pendidikan di sekolah kami. 

        Besar harapan hasil asesmen ini menjadi maksimal untuk peningkatan mutu dan kualitas sekolah. Wali kelas dan guru mata pelajaran menindaklanjuti secara terencana teknik dan metode pembelajaran yang tepat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa ulasannya Bu Hajjah, Barokallah

07 Aug
Balas

Terima kasih pak haji

10 Aug

Keren...

07 Aug
Balas

Terima kasih

07 Aug

Luar biasa ulasannya buk. Trims ilmunya

07 Aug
Balas

Sama-sama

10 Aug

Sama-sama

10 Aug

Giat yg menginspirasi bunda. Luar biasa

07 Aug
Balas

Terima kasih atas kunjungannya

07 Aug

Terima kasih atas informasinya. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu Rismalasari

07 Aug
Balas

Terima kasih

08 Aug

Best practice yang keren bunda

08 Aug
Balas

Terima kasih

10 Aug

Keren paparannya bunda, salam literasi dan sehat selslu.

07 Aug
Balas

Salam literasi

08 Aug

Mantap. Saya pribadi juga setuju dengan assesmen diagnostik , apalagi hasilnya sebagai bahan konseling juga. Salut

08 Aug
Balas

Yerima kasih

10 Aug

Reportase yang selalu lengkap dan menginspirasi

07 Aug
Balas

Terima kasih atas kunjungannya

08 Aug

Ulasannya sangat bermanfaat. Sukses selalu

07 Aug
Balas

Terima kasih

08 Aug

Cerdas

07 Aug
Balas

Terima kasih

08 Aug

mantap keren cadas... reportase keren menewen, mencerahkan...salam literasi sehat sukses selalu bunda Rismalasari bersama keluarga tercinta

07 Aug
Balas

Terima kasih atas kunjungannya

07 Aug

Mantap ulasannya. Semoga sehat dan sukses selalu Bunda.

08 Aug
Balas

Amin yra

10 Aug

Mantap ulasannya Bu.Salam Literasi

09 Aug
Balas

Salam literasi

10 Aug



search

New Post