Roni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Sebelum Login Platform Merdeka Mengajar Pastikan Sudah Memiliki Akun Belajar.id

Platform Merdeka Mengajar yang disediakan untuk tenaga pendidik dalam mengajar, belajar dan berkarya menjadi kebutuhan peningkatan kompetensi secara mandiri. Kehadiran Platform Merdeka Mengajar memberikan kemudahan bagi kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik memenuhi kebutuhan peningkatkan kompetensi terkait kurikulum merdeka.

Platform Merdeka Mengajar merupakan platform yang disediakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknolgi secara gratis. Untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar harus memiliki akun belajar.id, yang sudah diaktivasi. Akun belajar.id merupakan akun yang disediakan secara cuma-cuma bagi kepala sekolah, guru dan peserta didik, serta dinas pendidikan kabupaten kota.

Akun belajar.id merupakan nama akun (User ID) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Aplikasi yang mendukung pembelajaran yaitu, panggilan video, raport pendidikan, penyimpangan daring, kelas daring, chromebook, presentasi daring, formulir daring, dokumen daring, SIMPKB, pengolah angka, tanya BOS, rumah belajar dan aplikasi atau platform merdeka mengajar.

Platform Merdeka Mengajar yang merupakan aplikasi disiapkan untuk membantu guru dan kepala sekolah disatuan pendidikan pelaksana kurikulum merdeka secara mandiri. Untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik lainnya wajib mengetahui akun belajar.id.

Akun belajar.id sebenarnya sudah diberikan secara otomatis kepada kepala sekolah, guru dan peserta didik ketika menginput di data pokok pendidik (DAPODIK). Secara otomatis akun belajar.id tersimpan di laman pd.data.kemdikbud.go.id,

Untuk mendapatkan akun belajar .id di satuan pendidikan, silahkan operator sekolah melakukan langkah-langkah seperti berikut :

1. Buka laman pd.data.kemdikbud.go.id, lalu login

2. Klik tombol "Unduh Akun", pilih "Peserta Didik" atau "PTK" untuk mengunduh file csv berisi nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran untuk pengguna di satuan pendidikan Anda

3. Buka file csv yang sudah diunduh, lalu berikan informasi akun (user ID dan password) kepada pengguna yang bersangkutan secara pribadi

Hasil unduhan di atas masih dalam bentuk alamat dan password standard dan belum aktif, dan perlu dilakkan aktivasi.

Cara aktivasi akun belajar.id :

1. Buka halaman mail.google.com, lalu masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang Anda dapatkan.

2. Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran lalu mengganti akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran Anda.

Setelah dilakukan beberapa langkah tersebut akun belajar sudah bisa digunakan untuk login Platform Merdeka Mengajar, dan beberapa aplikasi yang mendukung pembelajaran yang disediakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post