Siti Sriyatun

Lahir dan menetap di Rembang, 14 September 1973. Alumni S1 IKIP Negeri Semarang Jurusan Pendidikan Matematika tahun 1997dan S2 Universitas Negeri Semarang (UNNE...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal Pekerjaan Blogger
Dokumen Google

Mengenal Pekerjaan Blogger

#Tagur hari ke 211

Sering kita mendengar berita bahwa seorang blogger bisa menghasilkan penghasilan yang berlebih. Dari Blogger tersebut seseorang dapat meninggalkan pekerjaannya dan beralih menekuni sebagai blogger. Akhirnya blogger bisa dijadikan sebuah pekerjaan. Pekerjaan tersebut tidak kelihatan karena dikerjakan di rumah dengan waktu yang tidak menentu.

Sebenarnya blogger itu pekerjaan seperti apa? Seorang blogger adalah seseorang yang melakukan kegiatan blogging atau tulis menulis dengan menggunakan berbagai platform blog. Platform blog yang bisa digunakan seperti blogspot, wordpress, blog detik, dan lain-lain. Semua jenis platform tersebut telah disediakan oleh penyedia situs blogging. Jadi seorang blogger adalah seseorang yang melakukan kegiatan tulis menulis sebagaimana yang biasa dilakukan oleh seorang jurnalis, wartawan, maupun penulis buku dengan menggunakan media online. Selain itu muncul istilah blogging. Blogging adalah suatu kegiatan atau pekerjaan tulis menulis yang dilakukan oleh seorang blogger. Sebelum adanya teknologi dan internet, kegiatan tulis menulis dilakukan pada media kertas dengan pulpen atau mesin ketik. Dengan kemajuan teknologi, kegiatan tulis menulis beralih dengan sarana internet atau online dengan menggunakan platform yang telah disediakan penyedia situs. Penyedia situs yang pertama kali adalah blogspot.com. Untuk mengenang sebagai platform yang pertama kali ini maka segala hal yang berhubungan dengan kegiatan tulis menulis secara online memakai kata blog. Misalnya blogger dan blogging. Biarpun kegiatan tulis menulis dilakukan secara online tidak dengan sarana platform blogspot,com, orang yang melakukan tetap dinamakan sebagai blogger dan kegiatannya dinamakan blogging.

Sebagai seorang blogger bisa dilakukan secara individu dan kelompok. Secara individu berarti seorang blogger membuat blog sendiri dengan menggunakan platform sesuai pilihan kemudian mengisi konten sendiri pada blog tersebut. Agar blog dikenal oleh orang lain maka pemasarannya juga dilakukan sendiri. Blogger yang dilakukan dengan kelompok dengan cara membuat blog kemudian diisi oleh beberapa blogger dengan konten yang sama atau berbeda jenis kontennya.

Agar kegiatan tulis menulis bisa dilakukan dengan lancar sebaiknya seorang blogger memilih topik pada konten yang sesuai dengan passion seorang blogger. Kesesuaian antara passion dengan topik pada kegiatan tulis menulis ini akan mempermudah dan memperlancar kegiatan menulis di blog. Bisa juga dalam satu hari tidak hanya satu tulisan yang diposting, bisa juga lebih dari satu. Hal ini terjadi karena kegiatannya dilakukan dengan senang dan konsisten.

Pembaca blog berbeda dengan pembaca buku maupun koran. Jika blognya ingin banyak yang mengunjungi maka konten yang dibuat harus sesuai minat pembaca. Bisa juga berisi konten yang baru aktual saat itu. Pasti pembaca akan mencari informasi dari peristiwa yang terjadi saat itu. Apalagi jika peristiwa tersebut sangat viral.

Untuk menunjukkan ke pembaca tentang tulisan yang telah dibuat, seorang blogger harus memublikasikan pada masyarakat. Publikasi bisa dilakukan dengan mengirimkan alamat blog di media sosial yang ada. Selain itu untuk memublikasikan bisa dilakukan dengan cara bergabung dengan blog lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya dulu pernah menjadi blogger profesional lalu cape dan lelah. akhirnya kembali ke fitrahnya. dengan menjadi sales perumahan saja. ini blog saya https://www.bumidibandung.id

07 Jul
Balas

Terima kasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi website Universitas Islam Negeri Walisongo: walisongo.ac.id

08 Oct
Balas

Hellooo... Thanks for your information. Its very informative dan useful. Click the following link https://walisongo.ac.id/

08 Oct
Balas



search

New Post