Sri Saktiani

Pemerhati, praktisi, konsultan pendidikan. Penggerak Batita Suka Baca, Penggagas Menulis Sejak BATITA (2004), Pendiri YAYASAN PERMATAHATI IBU(2004), PAUD GRATIS...

Selengkapnya
Navigasi Web

DARI TANAH, KEMBALI KE TANAH.

Alhamdulillah selalu murah hati berbagi ilmu, Kak A Hamid Husain

Alumni Gontor, Ponorogo King Abdulaziz University, Jeddah

-Umm Al Qura University, Makkah.

Kali ini tulisan beliau benar-benar membuat malu diri, karena seringkali melalaikab perintah Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang sujud tepat waktu.

Dalam Shalat, Sujud selalu 2 kali, beda dengan Ruku' yang hanya sekali pada setiap Rakaat.

Kenapa Sujud 2 kali ?

ini jawabannya;

True Story;

"Saat Khalifa Ali Bin Abi Thalib RA ditanya, kenapa kita diharuskan Sujud 2 kali untuk setiap 1 Rakaat ?

Ali Bin Abi Thalib RA langsung membacakan ayat Al-Quran Surah Thaaha 20, Ayat 55.

Lalu, menjelaskan bahwa ;

- Sujud pertama lalu bangkit dari Sujud, bermakna bahwa tubuh kita berasal dari tanah.

- Dan Sujud yang kedua, bermakna bahwa kita akan mati dan akan kembali lagi ke tanah.

منها خلقناكم وفيها نعيدكم ومنها نخرجكم تارة اخرى.

(طه ٢٠ الاية ٥٥)

"Darinya (tanah) itulah Kami menciptakan kamu dan kepadanyalah Kami akan mengembalikan kamu, dan dari sanalah Kami akan mengeluarkan kamu pada waktunya".

(QS Thaha 20, ayat 55).

POINTERS;

1. Dengan Sujud 2 kali, mengingatkan kita, bahwa kita berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah melalui kewafatan.

2. Karena Manusia akan kembali lagi ke tanah sebagai tempat singgah menuju Akhirat, perlu persiapan yang cukup.

Maka manfaatkanlah kesempatan SUJUD memohon ampun dan berdoa, karena posisi yang paling dekat dengan Allah SWT, adalah ketika Sujud.

Rasulullah SAW bersabda;

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ»

(روا مسلم)

Maknanya:

“Keadaan paling terdekat seorang Hamba dengan Tuhannya, adalah ketika dia dalam keadaan Sujud, maka perbanyaklah doa (ketika sujud).”

(Hadis Sahih Riwayat Al-Imam Muslim).

3. Bebahagialah mereka yang rutin SHOLAT.

Dengan Sholat, minimal dengan:

- Sholat Fardhu 5 x sehari semalam, ia sujud 35 x.

- Jika rajin Sholat Sunnah Rawatibnya yang 12 rakaat (Qabliyah dan Ba'fiyah), maka tambah lagi Sujud 24 x setiap hari.

- belum lagi Sujud di Sholat Tahajjud, Sholat Dhuha, Shalat Tasbih, Sholat Taubat, Sholat Id ,

Sholat Gerhana,

Sholat Istisqaa, dll.

Makanya, Rasulullah SAW memastikan, bahwa orang yang taat tekun Sholat dengan khusyu, ia akan di manja, disayang oleh Allah di Dunia, di Kuburannya dan di Akhirat kelak. Dijauhkan dari siksa Kubur dan siksa Api Neraka.

Sebaliknya yang tidak pernah Sujud dan Sholat, ia di nanti oleh siksa Kubur dan siksa Api Neraka yang amat dahsyat.

Perbanyaklah SUJUD, minimal melalui Sholat Fardhu yang 5 kali sehari semalam plus sholat sholat Sunnah Rawatibnya yang 12 rakaat itu.

4. Sujud bisa pula dilakukan di luar Sholat, seperti di setiap mendapatkan hal hal yang menggembirakan langsung SUJUD, juga Sujud setiap membaca "Ayat Sajadah" yang jumlahnya ada 15 tempat di dalam Al-Quran.

Yaa Allaah, anugerahilah kami kemampuan untuk rajin bersujud padaMu, berzikir padaMu, mensyukuri semua pemberianMu, dan beribadah sebaik baiknya padaMu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren tulisannya Bunda. Sangat menginspirasi dan bermanfaat.terima kasih Bunda.

23 Sep
Balas



search

New Post