Sri Saktiani

Pemerhati, praktisi, konsultan pendidikan. Penggerak Batita Suka Baca, Penggagas Menulis Sejak BATITA (2004), Pendiri YAYASAN PERMATAHATI IBU(2004), PAUD GRATIS...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tips Sahabat Sehat

Berawal dari "pangling" saat melihat tampilan terbaru sahabat sehat. Didorong rasa ingin tahu, dan juga ingin meniru "Bagaimana Berat Badan Sukses Turun Mencapai Berat Ideal Tubuh".

Memberanikan diri bertanya kepada beliau. Istikamah menggali, berbagi ilmu, semangat selalu amar ma'ruf nahi munkar. Agak berbeda dari biasanya, kali ini beliau berbagi tentang anjuran diet manjur, yakni antaralain:

1. Makan pagi : 06:00 - 07:00.

Makan siang : 12:00 - 13:00

Makan malam :18:00 - 19:00.

- Setiap kali makan:

nasi 6-8 sama (sendok makan) pagi, 6-8 hari siang dan 6 ( malam).

- tidak makan yang digoreng/minyak

- tidak santan

- tidak mentega

- tidak konsumsi gula/sirup/manis” seperti coklat, roti, biskuit.

2. Setiap jam 10:00 dan 16:00 makan buah Apel/Pepaya/Pir/Melon (hanya 4 buah ini) dan tidak di Jus.

3. Olah raga sepeda statis dan atau jalan cepat (tidak dipaksakan) selama 30 - 45 menit/hari (waktunya antara pagi - sore).

4. Minum: Hanya AIR PUTIH.

Dan sekali minum maksimum 1 gelas. Boleh diulangi lagi (minum air putih) setelah 1 jam kemudian.

5. Tidak makan kerupuk, emping, keripik dan sejenisnya.

6. Setiap makan (pagi-siang-malam) harus ditambah sepotong ikan atau ayam tanpa kulit atau 2 putih telur dan semangkok sayur.

Boleh ditambah tahu/tempe yg tidak digoreng.

7. “Senam ajaib” wajib dilakukan sebelum tidur dan bangun tidur (tidur malam), kaki kanan 10 dan kaki kiri 10.

"Janganlah saya ndak pantes disebut ustadz tapi mungkin mencoba hidup sehat" ujar sahabat sehat khas dengan rendahhati. Beliau mengingatkan apakah kita sudah memastikan makanan kita halal dan thayib.

Yang dimaksud thayib yaitu baik untuk tubuh. Tapi sudah memastikan thayib belum? Kenapa sakit karena makanannya tidak thayib. Karbo baik untuk tubuh tapi sebanyak apa ? Gula bukan tidak boleh, tapi sudah ada gula dari karbo.

Mengutip kata Coach Ade Rai kita harus bertanggung jawab dengan apa yang kita makan. Ingat ya kalau makan banyak ya geraknya harus banyak. Agar tidak terjadi penumpukan dan akhirnya malah jadi sakit. Menu lalapan lauk yang aman banyak seratnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Gorengan msh kiat godaannya untuk saya hehe..... Makasih ulasannya, Bunda.

19 Sep
Balas

Tips yang luar biasa bunda "Keep Our Health" ... sangat inspiratif, motivatif, dan mencerahkan

18 Sep
Balas



search

New Post