Taufiku

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Cepat Lihai Menulis

Cara Cepat Lihai Menulis

Saya lupa kapan tepatnya memiliki keinginan belajar menulis. Yang saya ingat sekitar tahun 2004 saya berandai-andai. Andai saya punya teman seorang wartawan, saya akan belajar menulis kepadanya. Saya akan menulis dan akan menyerahkan kepadanya untuk dikoreksi sehingga menjadi tulisan yang bagus dan layak dibaca. Karena menurut saya, wartawan itu sosok yang lihai dalam menulis.

Ya, itu hanya khayalan semata. Saya tidak pernah punya teman wartawan. Khayalan itu kemudian lenyap. Lalu, untuk sekian lamanya saya tak berpikir untuk menulis atau belajar menulis.

Sekitar tahun 2008 atau 2009 keinginan untuk bisa menulis muncul lagi. Yang membedakan dari keinginan sebelumnya, keinginan ini membuat saya bergerak tidak hanya bermimpi seperti sebelumnya yang memimpikan memiliki teman wartawan. Kali ini saya memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar menulis. Saya memasukkan kata kunci belajar menulis di mesin pencari google. Hasilnya, saya menemukan banyak tulisan yang membahas tentang menulis. Saya melahap bacaan tersebut dengan lahap.

Selain belajar dari internet, saya memanfaatkan perpustakaan daerah. Saya sudah lama menjadi anggota perpustakaan tersebut, namun saya belum pernah membaca buku tentang dunia tulis menulis. Bila saya ke perpustakaan, saya biasa membaca buku-buku pendidikan atau keagamaan. Sejak tahun 2009 saya sering membaca dan meminjam buku dengan tema menulis. Saya juga mau merogoh kantong untuk membeli buku dengan tema ini.

Apakah dengan membaca buku tersebut saya mahir menulis? Ternyata banyaknya membaca buku dunia menulis tidak otomatis menjadikan saya bisa menulis. Membaca buku-buku itu membuat saya sedikit mengenal tentang menulis, namun tidak menjadikan saya bisa menulis.

Membaca buku menulis berarti belajar tentang menulis. “Belajar tentang menulis” berbeda dengan “belajar menulis.” Belajar tentang menulis memberi pengetahuan kepada saya tentang berbagai macam jenis tulisan, cara membuat kalimat, atau cara mejaring ide. Namun, belajar tentang menulis tidak meningkatkan kemampuan menulis. Karena kemampuan menulis hanya bisa didapatkan dengan belajar menulis bukan belajar tentang menulis. Sedangkan belajar menulis itu adalah dengan menulis itu sendiri.

Menulis merupakan sebuah keterampilan yang bisa dimiliki dengan banyak berlatih. Menulis ibaratnya berenang. Anda bisa saja belajar tentang renang hingga hafal macam-macam teknik berenang. Namun anda tidak akan bisa berenang karena hanya belajar tentang renang. Anda bisa berenang bila mau menceburkan diri ke air kemudian menggerakkan tangan dan kaki hingga bisa berenang.

Karenanya, cara terbaik dan benar dalam belajar menulis adalah mulai menulis. Membaca terkadang membuat kita terlena dengan tulisan yang kita baca. Sering kali kita menghabiskan waktu beberapa jam untuk membaca teknik menulis hingga lupa bahwa yang kita lakukan bukan belajar menulis, tapi belajar tentang menulis.

Membaca itu penting. Tapi karena anda sedang belajar menulis, maka sebaiknya imbangi kegiatan membaca dengan menulis. Membaca lalu menulis, membaca lalu menulis, membaca lagi, lalu menulis lagi.

“Practice make perfect” ungkapan ini tidak asing lagi bagi kita. Sebuah ungkapan yang memberitahukan bahwa kelihaian bisa didapatkan dengan banyak latihan. Semakin banyak berlatih semakin sempurna keterampilan yang kita miliki. Pada awalnya terasa kaku, berat, ataupun kesulitan. Namun dengan semakin seringnya berlatih, kesulitan itu akan bisa teratasi bahkan tidak dirasakan lagi.

Saya berharap pengalaman saya yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan membaca teori menulis tidak terjadi pada anda. Saya berharap anda lebih cepat menguasai keterampilan menulis. Maka segeralah menulis mulai sekarang!

Cara tercepat untuk menulis saat ini, anda tidak perlu mematikan laptop atau berpindah dari halaman ini. Di bawah tulisan ini tersedia ruang untuk anda. Tulislah komentar disana, tuangkan apa saja yang anda pikirkan dan rasakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantaaapppp

27 Aug
Balas

Terima kasih. Ini tulisannya wong ga duwe buku, Bu Sofi.

27 Aug

Belajar itu harus, ya pak se7 pendapatnya

28 Aug
Balas

Harus se7. Kkkkk

28 Aug

Ijinkan saya menulis pada kolom komentar ini! Saya juga mempunyai keinginan untuk lihai menulis. Dengan menulis disini semoga dapat mengasah keterampilan saya dalam menulis. Merangkai kata menjadi sebuah tulisan. Mungkin sederhana, tapi bagi saya bukanlah hal yang gampang. Sebuah tulisan harus memiliki konten yang akan disampaikan kepada pembaca. Itu lebih meyulitkan saya dalam menulis. Konten dalam sebuah tulisan haruslah berbobot, bermanfaat bagi pembaca, menginspirasi pada hal yang positif, produktif. optimisme dan kebaikan lainnya. Ini yang bikin saya cathuken (gemeteran) ketika menulis.

27 Aug
Balas

Klau saya belajar menulis dengan membebaskan diri dari beban sperti itu. Bila fokus pada konten, kadang malah tak bisa menulis. Satu saja yg dprhatikan saya yaitu konten positif.

27 Aug

Hal yang sama banyak terjadi, tadinya saya juga berfikir akan mudah menulis bagi seseorang yang hobi membaca karena wawasan luas dan perbendaharaan kalimatnya juga banyak. tapi ternyata saat akan mengetik timbul kebingungan kalimat apa atau bahkan kata apa yang akan ditulis lebih dulu. ahkirnya karena ingin bisa menulis saya mengikuti beberapa pelatihan menulis, allhamdulillah hasilnya ada peningkatan walaupun masih pemula, minimal bisa menulis pengalaman di kolom gurusiana. Syukur allhamdulillah sekarang banyak media yang dapat kita jadikan sarana untuk menulis. saat ini saya sedang mengejar target menulis buku, semoga segera terwujud.

28 Aug
Balas

Amiin. Nanti bocorin di sini isi buku yg dtulis.

28 Aug

Keren Pak...alhamdulillah dapat pencerahan..saya ini juga baru proses menuju belajar menulis..

27 Aug
Balas

Semangat, Bu. Sama2 belajar.

27 Aug

Inspiratif. Baca tulis yang efektif . Belajar dan praktik. Sip. Kita membaca banyak penulis juga belajar , gaya, ilmu dan komunikasi. Sipp..

27 Aug
Balas

Terima kasih. Menikmati proses belajar ini.

27 Aug

sipp kyk sy dl pak

27 Aug
Balas

Hhh, beginilah kita memulai.

27 Aug



search

New Post