Taufiku

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Menilai Progresifitas Kemampuan Menulis

Cara Menilai Progresifitas Kemampuan Menulis

Seperti apa sih kemampuan menulismu saat ini?

Setelah belajar dan berlatih menulis beberapa tahun apakah kamu yakin kemampuan menulismu bertambah bagus? Atau jangan-jangan tulisanmu sama saja seperti sebelumnya.

Kalau sama, berarti selama ini kamu tidak belajar menulis. Jika kamu serius belajar tetapi kualitas tulisanmu sama, menandakan belajarmu tidak berhasil.

Bagaimana kamu mengetahui perkembangan kemampuan menulismu?

Setelah melalui proses belajar menulis yang panjang, kamu tentu bertambah pengetahuan kepenulisan. Kamu pasti memiliki arsip tulisanmu dari awal kamu menulis hingga saat ini.

Arsip tulisanmu bisa ditemukan di efbe, blog, atau tumpukan kertas di rumahmu. Baca tulisan-tulisan tersebut dari yang paling dulu di tulis.

Jika saat ini kemapuan menulismu bertambah, maka engkau akan mendapati beberapa kekurangan pada tulisanmu di masa lalu. Baik kekurang di kaedah penulisan, penyajian atau isinya. Kamu pasti bilang tulisanmu yang dulu itu buruk. Kekurangannya di sini dan di sana.

Mengapa kamu menilai tulisan lama itu jelek? Karena kamu menulis sesuai dengan kadar kemampuanmu pada masa tersebut. Ketika pengetahuanmu bertambah, maka kamu dapat menemukan kekurangan dalam tulisan itu.

Tetapi jika kamu menilai tulisanmu itu tanpa kekurangan, berarti kemampuanmu, pengetahuan menulismu saat ini dengan masa lalu sama.

***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Supangat... Eh sepakat. Teruslah menulis dan menulis. Ternyata menulis itu asyik

04 Jan
Balas

Maksudmu, mnulis chat?

04 Jan

Sepakat pak, salam kenal dan salam literasi

04 Jan
Balas

Salam kenal juga, Pak.

04 Jan

Setuju....cek tulisan yuuuk....mudah-mudahan kita termasuk orang yang beruntung, bila hari ini lebih baik dari kemarin...salam sehat n sukses

04 Jan
Balas

Facebook kerap mengingatkan kita pada status yang kita tulis beberapa tahun yang lalu. Di sanalah kita bisa menilai.

04 Jan

Betul banget pak...

04 Jan
Balas

Sudah menemukan kekurangan tulisan Ibu yang telah lalu? Saya sudah...

04 Jan



search

New Post