Taufiku

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Penulis Paling Produktif 2018 itu, dari Media Guru

Penulis Paling Produktif 2018 itu, dari Media Guru

Menjelang akhir tahun selalu ada penobatan gelar pada sosok yang dinilai berprestasi pada suatu kategori. Bahkan tidak melulu tentang prestasi yang kerap berkonotasi baik, hal terlucu dan terjahat pun bisa disematkan pada mereka yang layak diberi gelar ter…. Bisa pasangan terpavorit, tokoh terkaya, atau menteri tergemuk.

Beberapa jam sebelum 2018 tutup usia, Pemerintah Kabupaten Sumenep menganugerahi gelar tokoh pada beberapa orang yang dinilai berjasa di bidangnya. Ada tokoh pasukan kuning, tokoh budaya, tokoh literasi serta dua belas tokoh lainnya.

Media guru melakukan hal yang sama. CEO MG memberikan penghargaan kepada lima tokoh publik yang dinilai berjasa menggerakkan literasi di daerahnya.

Bila pemerintah, perusahaan, organisasi, dan suatu acara televisi memiliki kategori ter… ter…, saya juga ingin menganugerahi satu kategori yaitu Penulis Buku Terproduktif Tahun 2018. Kategori ini, sepertinya belum ada yang menggarapnya. Sebagai pecinta buku, saya menunggu ada institusi yang memilih kategori ini, namun hingga berganti tahun tak ada yang berminat mencarinya.

Dia yang dalam radar pengamatan saya sebagai Penulis Buku Terproduktif Tahun 2018 adalah Widayanti. Kaum facebooker mengenalnya Widayanti Rose.

Di usia yang ke-32 tahun ini, ia telah menulis lebih dari 45 buku. 31 buku diantaranya ia tulis dan terbitkan pada tahun 2018. Dengan jumlah tersebut, setiap bulan ia menulis lebih dari dua buku.

Bukan prestasi yang biasa saja bila setiap bulan, selama setahun seseorang bisa menerbitkan lebih dari dua buku. Menulis buku dan menuntaskannya dalam satu minggu sudah banyak yang melakukan. Tetapi konsisten selama satu tahun, inilah yang jarang terjadi. Apalagi buku yang ia tulis bukan diterbitkan penerbit indie melainkan penerbit mayor.

Selain menulis buku, ia menulis reportase pendidikan untuk Harian Surya, menulis Karya Inovasi Pembelajaran, dan karya tulis ilmiah lainnya.

Ketika ditanya kiatnya hingga seproduktif itu, ia menuturkan, menulisnya baginya adalah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Ia bisa menulis di mana saja, kapan saja dengan media gadged atau laptop. Ketika menunggu pesawat yang delay, ia menulis di sudut ruang bandara. Sebelum rapat, saat menunggu peserta lainnya, ia melaluinya dengan menulis.

Sebagai teman yang kerap menemaninya saat memberi pelatihan menulis ke sekolah-sekolah, saya tahu betul kebiasaan menulisnya. Dalam satu pelatihan guru dan siswa ada empat hingga lima materi. Kadang ia kebagian dua materi yang berbeda. Waktu sela diantara materi yang diembannya ia gunakan untuk menulis.

Hal lain yang menurutnya membantu ia produktif menulis adalah media sosial. Berbeda dengan saran-saran dari beberapa pelatihan yang menganjurkan menonaktifkan medsos agar produktif menulis, guru yang menjadi IN ini justru tersendat menulis jika tidak bermedsos. Maka jangan heran bila ia aktif di grup-grup WA karena berbanding lurus dengan produktivitasnya.

Penulis buku Batman Teacher ini membocorkan satu rahasia lagi hingga sangat produktif pada tahun 2018. Ia memiliki energi hingga menulis banyak buku dalam satu tahun setelah di awal tahun ia mensugesti dirinya, bahwa ia akan menulis buku dengan mudah. Dengan sugesti, ia merasakan menulis buku itu mudah hingga melampui resolusi yang dibuatnya.

Penulis yang juga pengusaha ini menuturkan, ia bertambah produktiv menulis setelah bergabung dengan MG. Buku solonya yang pertama diterbitkan MG dan menjadi buku terbaik dalam Desiminasi Nasional.

Kamu yang ingin produktif menulis buku, juga bisa meniru langkah-langkahnya. Mumpung di awal tahun buat resolusi lalu menulislah tanpa jeda.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren abis. Top.

04 Jan
Balas

Wih.... Dalam banget.

02 Jan
Balas

warbiyasyah

04 Jan
Balas

Ya Tuhaaaan..

02 Jan
Balas

mau bagikan gak ya...hihi

02 Jan
Balas

Motivasi bagi penulis buku pemula atau calon penulis buku

02 Jan
Balas



search

New Post