Umi Lestari

Penulis alumni dari IKIP Malang jurusan Bahasa Inggris , sekarang mengajar di MTsN 12 Madiun. Belajar menulis untuk memuaskan diri dan mengembangkan poten...

Selengkapnya
Navigasi Web
Nilai Moral Dari Novel Khadijah Ketika Rahasia Mim Tersingkap (5)

Nilai Moral Dari Novel Khadijah Ketika Rahasia Mim Tersingkap (5)

Nilai moral ini diambil dari Novel Khadijah: Ketika Rahasia Mim Tersingkap yang ditulis oleh Sibel Eraslan, seorang warga negara Turki. Nilai moral bisa diambil dari tokoh-tokoh didalam novel, baik dari dialog secara langsung maupun uraian penulis .

5. Unggul

Unggul adalah suatu keadaan yang lebih baik dari lainnya (lebih pandai, lebih maju, lebih tinggi dan sebagainya). Nilai moral unggul bisa dilihat pada uraian dibawah ini.

Takdirlah yang menjadikannya tanggap sehingga dengan teman-teman sebaya laki-laki, dirinya dapat bertindak lebih gesit, lebih dahulu. (Sibel Eraslan, 2009:2).

Demikianlah Khadijah. Dari sang bunda, ia mewarisi jiwa kelembutan, terutama suka bederma kepad tamu. Lewat sang ayah, turun kepandaian berkuda, berhitung, dan aritmatika. (Sibel Eraslan, 2009:3).

Khadijah adalah seorang wanita yang banyak bergaul dengan laki-laki karena pada masa kecilnya tumbuh bersama dengan saudara-saudaranya laki-laki. Walaupun diantara laki-laki, namun ia tetap menonjol baik dalam kepintaran, keberanian dan ketangkasan.

Hari ini, kalau ada yang membandingkan dirinya dengan putera saudaraku, Muhammad bin Abdullah, pasti keponakankulah yang akan tampak paling pintar, bijaksana, cekatan serta sopan. Ia pasti akan menjadi unggulan. (Sibel Eraslan, 2009:138).

Nilai moral unggul juga terdapat pada tokoh Muhammad, yang kelak menjadi suami Khadijah dan menjadi Nabi akhir jaman. Sejak Abdul Mutholib wafat, Muhammad diasuh oleh pamannya yaitu Abu Tholib. Muhammad tumbuh menjadi anak yang sopan, baik dan pintar. Ia tumbuh jauh lebih unggul dari teman-temannya.

6. Optimis

Optimis adalah selalu berpandangan atau berpengharapan baik terhadap suatu hal. Optimis juga diartikan dengan sikap berpikir positif yang ditunjukkan seseorang dalam menghadapi berbagai macam aspek kehidupan. Sikap optimis bisa ditemukan dalam kalimat dibawah ini.

Sebagai penutup saya bersaksi atas nama Allah tentang berita yang akan terjadi pada keponakanku. Suatu saat Muhammad akan menjadi orang besar yang lebih besar daripada yang besar. (Sibel Eraslan, 2009:139).

Perkataan Abu Tholib berpengharapan bahwa keponakannya yaitu Muhammad akan menjadi orang yang istimewa dan membawa pengaruh yang besar. Ia terlihat menonjol dari teman sebayanya, baik dalam kepintaran maupun tingkah lakunya. Tak heran pamannya sangat menyayangi dan membanggakannya. Karena mengetahui akan kelebihan pada diri Muhammad, maka Abu Tholib merasa yakin kalau Muhammad nanti akan menjadi orang yang luar biasa.

7. Tenang

Nilai moral tenang adalah sikap yang penuh kesabaran dalam menghadapi sesuatu. Tidak gampang emosi atau marah terhadap keadaan yang tidak mengenakkan sekalipun. Nilai moral tenang ditunjukkan oleh penulis dalam uraian dibawah ini.

Dengan ketenangannya yang penuh misteri dan kerendah hatinya, suami Khadijah sungguh berbeda dengan yang lain… (Sibel Eraslan, 2009:164).

Muhammad mempunyai sikap yang tenang, tidak cepat naik darah, tidak mudah emosi, tidak kasar dan perkataannya sopan dan menenangkan. Tenang yang ada pada diri Muhammad bisa berupa sikap perbuatan fisik maupun perkataan yang membuat orang-orang juga menjadi tenang dan damai melihatnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

02 Sep
Balas

Terima kasih Bunda

02 Sep



search

New Post